Dilarang Orang Tua Kuliah? Coba Ajukan Trik Jitu Ini!

Ruangguru Mei 19, 2017 • 3 min read


Di antara RG Squad yang baru lulus dari SMA/SMK, pasti masih ada yang harus berusaha meyakinkan orang tuanya untuk bisa kuliah. Bener, nggak? Banyak teman-teman yang masih dituntut untuk bekerja demi mendukung ekonomi keluarga, dan seketika melupakan impianmu untuk kuliah di perguruan tinggi. Terus harus gimana ya? Nah Ruangguru mau membantu kamu menyampaikan trik jitu supaya keinginanmu bisa tercapai. Tentunya dengan nggak membuat orang tuamu jadi kecewa dengan pilihan tersebut ya.

 1. Spesialisasi Pekerjaan Terbuka Luas

trik jitu - Beragam jenis pekerjaan yang bisa kamu geluti
Beragam jenis pekerjaan yang bisa kamu geluti (sumber: pinterest.com)

Kamu mungkin bisa cari kerja dengan cepat setelah lulus sekolah, tapi apa yakin ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih? Kemampuanmu belum sepenuhnya terasah di bangku sekolah. Sehingga, perusahaan hanya memberikan tanggung jawab basic dan membuatmu sulit mengembangkan diri di bidang yang hanya itu-itu saja. Terlebih, tamatan SMA di Indonesia justru lebih banyak cenderung melakukan kategori pekerjaan kasar, dibandingkan yang menggunakan keterampilan.

2. Membangun Jaringan Pertemanan

trik jitu - Kuliah menjadi ajang untuk berjejaring dengan orang baru
Kuliah menjadi ajang untuk berjejaring dengan orang baru (sumber: grinnell.edu)

Ketika kuliah, kamu akan menemukan banyak kesempatan untuk mengenal komunitas di level kampus maupun nasional. Berjejaring dengan mereka tentunya mampu memberi pengaruh positif, seperti lebih terpacu untuk berprestasi atau berkontribusi pada lingkungan sekitar. Pertemananmu ini juga akan sangat membantu saat mencari kesempatan magang atau kerja di kemudian hari.

3. Pendapatan Lebih Tinggi

Setelah lulus kuliah tentu aja kamu juga mau kerja, 'kan? Mulai sekarang kamu bisa punya perbandingan deh. Gaji lulusan SMA dengan gaji lulusan sarjana tentu saja jauh berbeda. Karena kualifikasi kamu sudah lebih tinggi dan tanggung jawab yang bisa diberikan oleh kantor juga menjadi lebih besar. Lembaga riset asal Amerika Serikat, The Pew Research Center membuktikan bahwa ada kesenjangan pendapatan mencapai USD17,500 per tahun, antara pekerja yang pernah mengenyam bangku kuliah dan yang belum.

4. Banyak Belajar Beragam Hal

Perguruan tinggi itu seperti paket lengkap, kamu bisa belajar beragam topik di kampus, secara formal maupun informal. Di beberapa universitas, kamu bisa lho mengambil mata kuliah lain sekalipun tidak linear dengan jurusanmu. Belum lagi hampir setiap hari ada banyak seminar gratis yang diadakan. Pengetahuanmu bisa sangat luas di berbagai bidang. Misalnya menjadi mahasiswa jurusan matematika yang paham isu lingkungan dan pintar Bahasa Spanyol, menarik bukan?

5. Hidup Lebih Sehat 

trik jitu - Berkuliah supaya mengerti arti hidup sehat
Berkuliah supaya mengerti arti hidup sehat (sumber: psychologies.co.uk)

Kira-kira apa ya hubungan antara duduk di bangku kuliah dengan hidup lebih sehat? Jadi, hasil penelitian di The American Journal of Public Health tahun 2012 menyatakan kalau mereka yang berpendidikan sarjana, akan lebih memerhatikan kesehatan tubuhnya lho. Cenderung tidak menjadi perokok, mengawasi berat badan tubuhnya, mengatur pola makan, serta memahami dengan baik akses kesehatan ketika membutuhkannya. Lebih jauh lagi, ketika kamu sudah punya keluarga, bisa menjaga tumbuh kembang ideal untuk anak-anak kelak.

Jadi sekarang gimana nih RG Squad, sudah semakin punya gambaran dong untuk menjelaskan alasanmu kuliah ke orangtua? Kalau sudah dapat izin, sekarang tinggal persiapkan diri supaya bisa masuk universitas idaman. Caranya, bisa dengan belajar konsep serta pembahasan soal melalui ruangbelajar atau pesan guru privatmu melalui ruangles

ruangbelajar

Beri Komentar