Dirgahayu Indonesia ke-73: Kilas Balik Perkembangan Indonesia

Anggraeni Puspitasari Aug 17, 2018 • 4 min read


Salam merdeka, Squad! Bagaimana nih keseruan lomba 17-an di lingkungan rumahmu? Ikut lomba apa saja hari ini? Sudah 73 tahun sejak Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Banyak hal yang telah terjadi selama negara kita merdeka. Apa saja hal-hal tersebut? Yuk simak informasi di bawah ini!

1. Pergantian Gubernur BI

Perry Warjiyo merupakan Gubernur Bank Indonesia untuk periode 2018-2023. Beliau dilantik oleh Mahkamah Agung menggantikan Agus D. W Martowardojo. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Deputi Gubernur BI. Selain itu, beliau pernah menduduki posisi Asisten Gubernur BI untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensi, dan internasional.

Dirgahayu IndonesiaPerry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia Periode 2018-2023 (Sumber: finansial.bisnis.com)

Sebagai Gubernur BI, Perry Warjiyo memiliki empat tugas. Tugas pertama ialah menjaga stabilitas ekonomi dan yang kedua mempercepat pendalaman pasar keuangan khusus biaya infrastruktur. Tugas ketiga yakni mendorong perluasan transaksi keuangan secara digital. Tugas yang terakhir yakni memperkuat akselerasi pengembangan ekonomi syariah seperti industri dan gaya hidup halal.

2. Peluncuran Satelit Merah Putih

Dirgahayu IndonesiaSatelit Merah Putih milik Telkom (Sumber: indoaviation.co.id)

Telkom meluncurkan Satelit Merah Putih pada 7 Agustus lalu di Florida, Amerika Serikat. Satelit ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 dengan pendorong Block 5. Ia akan menggantikan tugas satelit Telkom-1 yang telah mengorbit sejak 4 Agustus 1999. Satelit Merah Putih dibuat oleh Systems Loral (SSL) dan diorbitkan oleh SpaceX. Nantinya ia akan melayani wilayah telekomunikasi baik di wilayah Indonesia ataupun Asia Selatan. Pembuatan satelit ini telah dimulai sejak 2016 lalu. Proyek ini menghabiskan dana sekitar US$ 165 juta.

3. Zohri Pelari Indonesia Pertama yang Menang di Kompetisi Internasional

Pasti kamu masih ingat dengan berita tentang Zohri dong? Zohri merupakan atlet mudah yang memenangkan medali emas di kompetisi atletik internasional di Finlandia beberapa waktu lalu. Ia berhasil mengalahkan para pesaingnya dengan durasi 10.18 detik untuk jarak 100 meter dalam kejuaraan International Association of Athletics Federations (IAAF). Dengan ini, Zohri telah mencatatkan rekor baru untuk dirinya dan negara. Rekor IAAF mencatat penampilan atlet terbaik Indonesia yakni posisi ke-8 pada tahun 1986.

Dirgahayu IndonesiaLalu Muhammad Zohri (Sumber: twitter @iaaforg)

Banyak media yang memberitakan tentang kemenangan Zohri hingga berita ini terdengar oleh Presiden Jokowi. Tidak hanya memberitakan tentang kemenangannya, banyak juga yang membicarakan tentang latar belakang kehidupannya. Zohri merupakan anak yatim piatu berasal dari Lombok dengan kondisi keuangan keluarga yang sangat sederhana. Rumahnya hanya terbuat atas bambu dan kayu. Ia sering berlatih tanpa alas kaki karena tidak mampu membeli sepasang sepatu. Dengan bantuan seadanya dari sang kakak, ia berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan pertandingan ke luar negeri. Zohri merupakan bukti bahwa anak bangsa dapat meraih cita-cita dan mengalahkan keterbatasan.

4. U-16 Sukses Berikan Persembahan Juara untuk Dirgahayu RI ke-73

2018_08_12_51180_1534006838._largeTimnas Sepakbola juara AFF U-16 2018 (Sumber: thejakartapost.com)

Nah, kalau berita yang satu ini masih hangat tentunya ya. 11 Agustus 2018 lalu Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF 2018. Kemenangan ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia. Sebelumnya, pada tahun 2015 PSSI mendapatkan sanksi dari FIFA karena kisruh yang terjadi di PSSI dan pemerintah. Hal ini berakibat pada pencoretan Timnas dari daftar peserta Piala AFF U-16 dan AFF U-19 2015. Padahal Timnas telah berlatih dan mempersiapkan diri sejak 2014. Timnas U-16 ditahan imbang 1-1 oleh Thailand dan resmi menjadi juara setelah menang adu penalti dengan score 5-4.

5. Indonesia Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020

Dirgahayu IndonesiaMenteri Luar Negeri Jerman, Afrika Selatan, Dominika, Indonesia, dan Belgia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB Periode 2019-2020 (Sumber: borneobulletin.com.bn)

Indonesia kembali menunjukkan eksistensinya karena berhasil menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020. Sebanyak 144 negara mempercayai suaranya pada Indonesia untuk menjadi jembatan perdamaian dunia melalui jalur diplomasi. Indonesia menjadi perwakilan dari region Asia Pasifik. Isu-isu yang akan dibawa oleh Indonesia antara lain terorisme, radikalisme, dan ekstremisme. Selain itu, dengan menjadi anggota tidak tetap DK PBB, Indonesia berkeinginan untuk membawa isu pembangunan. Bersama dengan Jerman, Belgia, Republik Dominika, dan Afrika Selatan, Indonesia akan bergabung dengan 5 anggota tetap DK PBB. Sebelum menjalani tugas, masing-masing negara terpilih akan mendapatkan pelatihan mengenai protokol Dewan Keamanan.

Squad, memiliki prestasi seperti Zohri atau anak-anak Timnas tentu dapat kamu raih. Tapi, jangan lupakan kewajiban kamu untuk belajar ya. Nah, kalau kamu merasa kesulitan ketika mengerjakan soal-soal latihan, tenang saja! Ada ruanglesonline yang akan bantu kamu memahami soal-soal itu. Tinggal foto soalnya, maka tutor terbaik Ruangguru akan bantu kamu belajar via chat. Mudah bukan? Gabung sekarang yuk!

New Call-to-action

Beri Komentar