FAQ tentang Donasi Ruangguru

Ruangguru Agu 4, 2020 • 8 min read


donasi Ruangguru

--

 

1. Mengapa Ruangguru mendonasikan seluruh penerimaan sebagai Mitra Platform Resmi Prakerja? 

Kami dari Ruangguru menyadari bahwa pandemi COVID-19 ini menjadi tantangan sulit bagi banyak pihak dan kami berempati pada masyarakat yang terdampak. Kami terpanggil untuk turut berkontribusi membantu beban masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, setelah melalui pertimbangan mendalam dan menyeluruh, kami memutuskan untuk mendonasikan seluruh pendapatan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital Program Kartu Prakerja, sejak program dimulai hingga saat ini, kepada Negara untuk membantu penanganan COVID-19, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

 

2. Siapa yang akan menerima donasi Ruangguru ini?

Donasi akan disumbangkan kepada Negara, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu penanganan COVID-19. Sebelum mengumumkan hal ini, kami sudah melayangkan surat resmi kepada BNPB terkait niat baik ini. Kebijakan penggunaan, penyaluran, dan penetapan penerima bantuan kami serahkan sepenuhnya kepada BNPB - dengan mempertimbangkan kepatutan dan kebutuhan yang ada.

 

3. Berapa jumlah yang didonasikan? 

Perlu kami tekankan bahwa saat ini kami belum menagihkan pembayaran dalam bentuk apapun ke Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, sehingga belum ada dana yang diterima oleh Ruangguru dari program Prakerja.

Hingga saat ini, jumlah peserta pelatihan yang tercatat di Skill Academy sebagai mitra platform resmi Program (PMO) Kartu Prakerja adalah sebanyak 310.970 peserta. Meskipun demikian, proses rekonsiliasi transaksi harus dilakukan terlebih dahulu dengan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja - sehingga jumlah dana yang akan disumbangkan masih belum bersifat definitif.

Setelah dana diterima dan dipotong oleh pajak sesuai peraturan yang berlaku, pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja yang terjadi pada platform digital kami selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3 akan disumbangkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk membantu penanganan COVID-19. Kami akan mengumumkan kembali jumlah donasi kepada publik.

 

4. Berapa persen dari pendapatan yang akan didonasikan?

100% dari seluruh pemasukan yang diterima oleh Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital akan disumbangkan kepada negara, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana, untuk membantu penanganan COVID-19. 

Perlu diketahui bahwa selama berjalannya Program Kartu Prakerja, sejak awal dimulainya program hingga saat ini, Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital Skill Academy, dengan tujuan mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia. Oleh karena itu, Skill Academy tidak mengambil keuntungan apapun dari mitra Lembaga Pelatihan.

 

5. Mengapa mendonasikannya kepada BNPB?

Pemerintah telah menunjuk BNPB sebagai lembaga yang memfasilitasi segala bentuk bantuan dari swasta kepada negara terkait penanganan COVID-19.

Sebelum menetapkan keputusan mendonasikan kepada BNPB, Ruangguru telah melakukan berbagai proses konsultasi dan koordinasi dengan berbagai macam kementerian dan lembaga pemerintahan untuk memastikan proses pemberian donasi ini sudah mengikuti segala ketentuan hukum yang ada.

Kami optimis bahwa donasi ini dapat tepat guna dalam membantu penanganan COVID-19 melalui BNPB. 

 

6. Kenapa tidak didonasikan ke guru honorer?

Kami sempat mengeksplorasi opsi untuk mendonasikan bantuan langsung kepada guru honorer. Namun, sebagai perusahaan swasta yang melakukan aktivitas usaha di bidang pendidikan, peraturan perundangan yang ada membatasi kami untuk tidak memberikan bantuan/ hadiah kepada setiap orang yang menerima gaji dan/atau upah yang bersumber dari APBN/ APBD.

Berdasarkan ketentuan terkait tenaga honorer, guru honorer (yang merujuk pada guru honorer sekolah negeri) didefinisikan sebagai setiap guru yang diangkat untuk melaksanakan tugas tertentu dan penghasilannya menjadi beban APBN/APBD. Sedangkan dalam ketentuan peraturan berlaku yang lain, guru honorer, baik dari sekolah swasta maupun negeri, dapat dibiayai oleh Bantuan Operasional Sekolah yang berasal dari APBN/APBD.

Dari hasil konsultasi yang dilakukan dengan berbagai kementerian dan lembaga pemerintah, kami disarankan untuk menyerahkan bantuan kepada BNPB untuk kemudian digunakan dalam menangani COVID-19.

 

7. Mengapa baru sekarang mengumumkan donasi?

Keputusan ini adalah keputusan besar yang melibatkan banyak pihak. Pemikirannya sebenarnya sudah sejak beberapa bulan lalu, namun proses untuk merealisasikan niat kami tentu saja perlu dilakukan dengan seksama agar sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan mekanisme yang baik. 

Pengambilan keputusan ini sudah melalui proses diskusi panjang dengan manajemen dan dewan komisaris Ruangguru, serta proses konsultasi dengan berbagai kementerian dan lembaga pemerintah. Kami sudah mulai bersurat dengan lembaga pemerintah terkait untuk mengeksplorasi niat baik ini sejak Mei 2020. Proses konsultasi tersebut baru saja tuntas dan oleh karena itu baru bisa diumumkan saat ini. 

 

8. Jika didonasikan seluruhnya, siapa yang menanggung seluruh biaya yang sudah dikeluarkan selama ini?

Dengan adanya donasi ini, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja menjadi tanggungan Ruangguru, termasuk biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen bagi ratusan ribu peserta, dan aspek kepentingan usaha lainnya. 

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan konsistensi Ruangguru sebagai badan usaha dalam upayanya untuk memberikan dukungan kepada bangsa Indonesia.

 

9. Kapan dana Prakerja yang diterima Skill Academy akan didonasikan?

Dana tersebut akan didonasikan pada saat kami telah menerima pemasukan yang dibayarkan oleh Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja. Perlu kami tekankan bahwa saat ini kami belum menagihkan pembayaran dalam bentuk apapun ke Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja. 

Proses penagihan dana harus terlebih dahulu melalui proses rekonsiliasi transaksi dengan Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja. Setelah dana diterima dan dipotong oleh pajak sesuai peraturan yang berlaku, pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja yang terjadi pada platform digital kami selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3 akan disumbangkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk membantu penanganan COVID-19. 

 

10. Mengapa perlu ditagihkan? Apakah mungkin jika dana Prakerja tidak ditagihkan saja ke negara?

Keputusan donasi ini adalah keputusan besar yang melibatkan banyak pihak, dan untuk merealisasikannya kami telah berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk dengan PMO dan Kementerian terkait, untuk mempelajari berbagai alternatif mekanisme yang dapat dilakukan, termasuk untuk tidak menagihkan kepada PMO. Namun, peraturan yang berlaku tidak memperbolehkan kami untuk tidak menagihkan pembayaran.  

Kami juga sempat mengeksplorasi opsi mendonasikan dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), namun peraturan yang berlaku juga tidak memungkinkan hal tersebut untuk dilakukan. 

Opsi yang tersedia adalah, mendonasikan kepada lembaga terkait seperti BNPB. Maka, setelah melalui pertimbangan yang mendalam dan menyeluruh, kami memutuskan untuk menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital Program Kartu Prakerja kepada negara, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana, untuk membantu penanganan COVID-19.

 

11. Apakah ada efek dari donasi ini terhadap keberlangsungan pelatihan peserta Prakerja?

Keputusan Ruangguru untuk menyumbangkan seluruh pendapatan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital Program Kartu Prakerja tidak akan berdampak kepada keberlangsungan pelatihan peserta Program Kartu Prakerja. Setiap penerima Kartu Prakerja yang mengakses kelas-kelas pelatihan Skill Academy akan tetap mendapatkan akses materi pelatihan pilihannya. Setelah menyelesaikan kelas, peserta juga tetap akan memperoleh insentif, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pihak Ruangguru akan tetap memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna Skill Academy, termasuk kepada peserta Kartu Prakerja yang sudah memilih mengikuti pelatihan lewat platform Skill Academy.

 

12. Selama program pelatihan Prakerja berlangsung di Skill Academy, apakah ada dampak yang sudah dirasakan oleh peserta?

donasi Ruangguru

 

13. Apakah kelas-kelas mitra yang sebelumnya dijual kepada peserta Kartu Prakerja melalui platform Skill Academy by Ruangguru akan tetap mendapatkan pembayaran?

Mitra lembaga pelatihan yang menjual kelas-kelas pelatihannya di Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital Program Kartu Prakerja akan tetap menerima seluruh pendapatan sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja. 

Perlu diketahui bahwa selama berjalannya Program Kartu Prakerja, sejak awal dimulainya program hingga saat ini, Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital Skill Academy, dengan tujuan mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia.

 

14. Bagaimana jika para guru atau sekolah ingin mengakses layanan ruangkelas gratis?

Layanan ruangkelas, salah satu layanan terbaru dari Ruangguru guna mendukung berjalannya pembelajaran jarak jauh yang efektif, adalah sistem kelola pembelajaran jarak jauh gratis bagi seluruh guru dan sekolah di Indonesia.

Kini, semua kegiatan belajar-mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas bisa dilakukan secara daring di ruangkelas tanpa mengeluarkan biaya, misalnya membuat kelas daring bersama siswa, memberikan materi belajar dan tugas kepada siswa, serta melaksanakan diskusi antar siswa dan guru, yang dapat diakses oleh guru melalui laman www.kelas.ruangguru.com dan oleh siswa di aplikasi belajar Ruangguru.

Beri Komentar