Ekonomi Kelas 11 | Permasalahan dan Kebijakan Strategi Pembangunan Ekonomi

Rabia Edra Jul 2, 2018 • 5 min read


pembangunan ekonomi

Pada artikel ekonomi kelas XI ini, akan dibahas mengenai permasalahan-permasalahan pembangunan ekonomi dan solusinya berupa kebijakan strategi pembangunan ekonomi.

--

Apakah kamu tahu kenapa Indonesia dikategorikan sebagai negara berkembang dan Amerika sebagai negara maju? Yas! Dilihat dari permasalahannya, Indonesia masih memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup dalam masa perkembangan. Selain itu, masih terdapat banyak masalah yang harus dibenahi seperti ketergantungan industri pada negara maju, pasar dan informasi yang tidak sempurna, dan tingginya tingkat pengangguran. Sedangka,n pada negara maju seperti Amerika Serikat, permasalahan ekonomi yang dihadapi umumnya ialah kurangnya permintaan yang menghambat pertumbuhan saja. Berbeda sekali ya!

kebijakan strategi pembangunan

Persebaran negara maju dan negara berkembang (Sumber: wikipedia.com)

Eits, tenang. Permasalahan tadi bisa diselesaikan kok dengan sesuatu yang bernama kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi. Nah, supaya lebih jelas lagi berikut kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi yang bisa dilakukan oleh pemerintah:

1. Meningkatkan kualitas pendidikan

Kebijakan Strategi Pembangunan

Meningkatkan kualitas pendidikan (Sumber: smpgenesia.sch.id)

Pasti kamu sudah tahu dong betapa pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu bangsa? Nah, karenanya pendidikan selalu diutamakan dalam setiap pembahasan strategi dan kebijakan untuk memajukan pembangunan ekonominya. Selain itu, pendidikan mendorong produktivitas lho, yang kemudian dapat meningkatkan pendapatan negara. Indonesia pun melakukan strategi ini dengan membuat kebijakan wajib belajar 12 tahun dan perbaikan kurikulum pendidikan nasional. 

Baca juga: Perbedaan Pembangunan Ekonomi dengan Pertumbuhan Ekonomi

2. Membuat dan melaksanakan perencanaan pembangunan

Kebijakan Strategi Pembangunan

Contoh perencanaan pembangunan (Sumber: youtube.com)

Dalam melaksanakan strategi pembangunan, tentu sebelumnya kita harus mempersiapkan perencanaan terlebih dahulu dong. Yas! Begitu juga membuat strategi dan kebijakan pembangunan ekonomi. Rumusan perencanaan harus dibuat matang dan pelaksanaan harus sistematis dan terkendali dari pemerintah dengan dukungan seluruh rakyat tentunya.

3. Meningkatkan tabungan dan investasi

Kebijakan Strategi Pembangunan

Mulai menabung (Sumber: wealthlab.co)

Terkait poin pertama, perbaikan kualitas pendidikan dapat berimbas pada adanya peningkatan produktivitas dan pendapatan di kemudian hari. Oleh karena itu, bisa meningkatkan/menambah tabungan serta investasi. Karena investasi dan tabungan merupakan modal penting dalam pembangunan lho.

4. Mengembangkan kegiatan ekonomi

Jika ingin perubahan dalam sektor perekonomian ke arah yang lebih baik, maka sudah pasti diperlukan adanya pengembangan. Contohnya saja pada sektor pertanian, para petani menggunakan bibit unggul dan penggunaan mesin yang berteknologi canggih untuk membajak sawah. Tetapi, tentu butuh modal yang tidak sedikit. Nah, di sini pemerintah harus mengambil andil dalam berupaya memberikan keringanan berupa subsidi bagi para petani. 

5. Menyediakan infrastruktur yang menunjang 

Kebijakan Strategi Pembangunan

Kenampakan insfrastruktur di Kuala Lumpur (Sumber: recounter.net)

Jika pembangunan ekonomi ingin terlaksana, diperlukan sarana dan prasarana yang baik untuk menunjang semua kegiatan, terutama bagi penyediaan fasilitas publik mulai dari sekolah, rumah sakit, jalan raya, jaringan komunikasi, aliran listrik, dan transportasi umum. Coba kalau fasilitas tersebut tidak ada, pasti kegiatan ekonomi juga akan terhambat. Maka dari itu, pada saat ini pemerintah mulai memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang memiliki dampak berlipat bagi perekonomian. Contohnya dengan pembangunan jalan trans Papua sepanjang 4.600 km.

Peran kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi akan menjadi solusi dari permasalahan ekonomi yang kita hadapi hari ini. Gimana? Kamu sudah paham dengan topik pelajaran ini?Coba tebak, dari kebijakan dan strategi di atas, mana saja sih yang sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia? Kalau tahu jawabnya silakan ditulis di kolom komentar, atau jika masih bingung kamu bisa belajar dengan video beranimasi dan latihan soal druangbelajar. Jadi, jangan lupa download aplikasinya ya!

ruangbelajar

Beri Komentar