Kimia Kelas 10 | Eksplorasi 5 Jenis Model Atom

Eksplorasi 5 Jenis Model Atom

Squad, ada yang suka nonton acara modelling? Yang menarik dari acara modelling biasanya kostum yang dikenakan, ya. Kadang-kadang kostumnya unik banget, misalnya kostum dari hasil olahan sampah atau dari bungkus minuman sachet, dan banyak lagi model pakaian lainnya.Nah, ternyata yang punya banyak model nggak cuma pakaian aja, lho! Dalam pelajaran kimia, atom juga memiliki beberapa jenis model. Wah, ada berapa model ya? Penasaran? Yuk, langsung aja kita eksplorasi 5 jenis model atom! 

Eksplorasi 5 Jenis Model Atom

Ilustrasi atom (Sumber: Shutter Stock)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, model atom itu ada 5, Squad. Kok bisa ada 5, ya? Bisa dong! Model atom tersebut mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Mulai dari yang paling sederhana, sampai yang sudah paling canggih seperti yang dikenal sekarang ini. Kita mulai kenalan satu persatu, ya! 

Model Atom Dalton

Eksplorasi 5 Jenis Atom

Ilustrasi Model Atom Dalton (Sumber: haikudeck.com)

Model atom yang paling sederhana adalah model atom dalton, yang dikemukakan oleh John Dalton, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris. Menurut model atom ini, atom merupakan bola pejal yang tidak bermuatan. Selain itu, menurut teori atom ini, atom merupakan kesatuan terkecil yang tidak bisa dibagi-bagi lagi. Unsur kimia yang berbeda akan memiliki jenis atom yang berbeda-beda pula. 

Baca Juga: Mengenal Partikel dan Notasi Atom

Model Atom Thompson

Eksplorasi 5 Jenis Model Atom

Ilustrasi Model Atom Thompson (Sumber: socratic.org)

Model atom yang kedua adalah model atom Thompson. Sesuai dengan namanya, model atom ini ditemukan oleh Joseph John Thompson. Model atom Thompson berbentuk seperti roti kismis. Hal itu dikarenakan atom merupakan bola padat bermuatan positif dengan partikel negatif (elektron) yang tersebar didalamnya. Selain itu, muatan positif dan negatif pada atom tersebut jumlahnya sama. Model atom ini dibuktikan dengan penelitian Thomson yang menggunakan sinar tabung katoda.

Model Atom Rutherford

Eksplorasi 5 Jenis Model AtomIlustrasi Model Atom Rutherford (Sumber: cevaplarin.com)

Model atom Rutherford dikemukakan oleh Ernest Rutherford pada tahun 1911. Dalam teori atom ini, setiap atom mengandung inti atom yang bermuatan positif dengan elektron yang mengelilingi dalam lintasannya. Selain itu, massa atom ini terpusat di inti atom dan sebagian besar volume atom tersebut merupakan ruang hampa, lho. Hal ini dibuktikan dari hasil percobaan penembakan logam oleh sinar alpha, yang dikenal juga dengan Percobaan Geiger-Marsden

Model Atom Bohr

Eksplorasi 5 Jenis Model Atom

Ilustrasi Model Atom Bohr (Sumber: Pinterest.ca)

Model atom Bohr dicetuskan oleh Niels Bohr dan Ernest Rutherford pada tahun 1913. Dalam model atom Bohr, dinyatakan bahwa atom terdiri dari inti atom yang mengandung proton dan neutron dan dikelilingi oleh elektron yang berputar dalam orbitnya (tingkat energi tertentu). Orbit ini dikenal sebagai kulit atom. Wah, jadi seperti orbit planet-planet di tata surya, ya! 

Model Atom Mekanika Kuantum

Eksplorasi 5 Jenis Model Atom

Ilustrasi Model Atom Mekanika Kuantum (Sumber: pinterest.com)

Model atom mekanika kuantum merupakan model atom yang paling modern. Atom terdiri dari inti atom bermuatan positif dan awan-awan elektron yang mengelilinginya. Daerah kebolehjadian ditemukannya elektron dinamakan orbital. Menurut teori ini, ada empat jenis orbital, yaitu s, p, d, f. 

Wah, ternyata model atom ada banyak, ya! Kamu sudah paham belum? Supaya kamu makin paham, yuk ikutan mengerjakan soal-soal latihan di ruanguji! Soal latihannya banyak dan terdiri dari soal yang sulit, mudah, dan sedang. Yuk, download sekarang! 

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts