Bahasa Inggris Kelas 10 | Expression of Happiness, Sadness, Sympathy, and Affection

expression of sadness, happiness, sympathy, affection

Artikel kali ini menjelaskan tentang berbagai macam ungkapan ekspresi dalam bahasa Inggris, di antaranya expression of happiness, sadness, sympathy, and affection.

--

Hey-yo! What’s up, guys!

Siapa di antara kamu yang sedikit-sedikit suka curhat sama temannya, nih? Ada masalah yang membuat kamu sedih, curhat. Kamu lagi senang, curhat. Kamu lagi kecewa, curhat. Pokoknya, sedikit-sedikit…

 

“GUYS… MAU CERITAAAA!!!”

 

HAHAHA...

 

Tenang, itu wajar, kok. Setiap manusia kan punya perasaan. Otomatis, kita jadi bisa merasakan segala macam emosi, baik itu rasa sedih, senang, kecewa, sayang, khawatir, dan lain sebagainya. Nah, nggak jarang juga, emosi-emosi tersebut akan kita ungkapkan atau ekspresikan, nih. Biasanya sih, kalau nggak curhat langsung ke teman, ya cerita lewat chat.

 

Atau…

 

Ngomong sendirian di dalam kamar.

ilustrasi orang sedang tidur dan berpikir

Hayooo, jujur, kamu yang mana, nih? Hehe...

 

Nah, ngomongin masalah emosi, di artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara mengungkapkan berbagai macam ekspresi. Tapi, dalam bahasa Inggris, nih. Siapa tau kan, setelah belajar ini, kamu jadi bisa mengekspresikan apa yang kamu rasa menggunakan bahasa Inggris ke teman-temanmu.

Terdapat empat macam ungkapan ekspresi yang akan kita bahas di sini. Ada expression of happiness, sadness, sympathy, and affection. So, daripada penasaran, langsung aja yuk simak baik-baik penjelasannya berikut ini!

expression of happiness

Ekspresi pertama yang kita bahas adalah expression of happiness. Expression of happiness digunakan untuk mengungkapkan perasaan bahagia atau senang. Siapa sih di dunia ini yang nggak pernah merasakan kebahagiaan? Se-sad boy/sad girl-nya kamu, pasti pernah lah ya merasa bahagia. Memiliki tubuh yang sehat itu termasuk kebahagian loh, dan patut untuk kamu syukuri.

Nah, dalam bahasa Inggris, expression of happiness bisa diungkapkan menggunakan beberapa kalimat di bawah ini, nih.

list box dari expression of happiness

  • Terrific!
  • It so fantastic!
  • That’s (so) fantastic!
  • That sound nice.

Pernyataan di atas biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan senang atau bahagia terhadap sesuatu yang sedang atau telah kita alami. Nah, sesuatu itu, diwakili oleh penggunaan kata ‘it’ dan ‘that’ pada kalimat. Misalnya nih, kamu habis nonton konser dari band atau idol group yang sangat kamu gemari. Setelah nonton konser itu, untuk mengekspresikan rasa bahagia, kamu bisa tuh mengungkapkan kalimat, “that’s so fantastic!” yang artinya, “itu (konser) sangat luar biasa!”.

  • I’m (so) happy because…
  • I’m (so) glad that…
  • I enjoy…
  • I can’t say how pleased I’m because…

Nah, kalau kalimat-kalimat di atas ini perlu kamu lengkapi dengan alasan yang membuat kamu senang, nih. Misalnya, kamu senang karena bisa mendapat nilai bagus pada ulangan Matematika. Maka, kamu bisa mengungkapkan, “I’m so happy because I could get a high score in Math test”.

  • I had splendid time there.

Berbeda dengan kalimat-kalimat sebelumnya, kalau kalimat yang satu ini digunakan untuk mengungkapkan rasa senang yang kamu alami terhadap suatu tempat atau peristiwa. Kata ‘there’ pada kalimat, mewakili tempat yang kamu kunjungi atau peristiwa yang telah kamu alami. Misalnya, kamu habis berlibur ke Bali, nih. So, kamu bisa mengungkapkan rasa senang kamu ke teman-teman dengan mengatakan, “I had splendid time there” yang artinya, “aku menghabiskan waktu yang menyenangkan di sana (Bali)”.

  • I’m happy to hear that.

Kalau kalimat di atas, biasanya digunakan untuk merespon perasaan bahagia dari orang lain. Jadi, misalnya, salah satu temanmu ada yang sedang senang, nih. Terus, dia mengungkapkan perasaan senangnya ke kamu. Nah, kamu bisa mengucapkan kalimat di atas untuk menyatakan kalau kamu juga ikut bahagia atas apa yang dialami oleh temanmu.

Paham ya masing-masing perbedaannya? Oke, di bawah ini ada contoh percakapan yang menggunakan beberapa ungkapan expression of happiness. Perhatikan baik-baik, ya!

contoh percakapan expression of happines

 

expression of sadness

Kita lanjut ke ekspresi berikutnya, yaitu expression of sadness. Siapa nih yang suka mendengarkan lagu-lagu melow, terus teringat momen-momen tertentu yang membuat kamu jadi ikutan sedih? Huhuhu

Nah, expression of sadness biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan sedih, guys. Berikut ini beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan expression of sadness.

list macam-macam expression of sadness

  • I’m feeling blue.
  • I’m feeling low.
  • I’m feeling down.
  • I feel really awful.
  • I’m not in a good mood.

Dalam bahasa Inggris, kata ‘blue’, ‘low’, dan ‘down’ juga memiliki makna yang sama dengan kata sedih. Jadi, kalau ada temanmu yang mengatakan, “I’m feeling blue”, artinya bukan “saya merasa biru”, ya. Tapi, dia sedang menyatakan kalau dia sedang merasa sedih.

  • I’m (so) sad about…
  • I’m upset because…

Nah, kalau kalimat-kalimat di atas ini, perlu kamu lengkapi dengan alasan yang membuat kamu merasa sedih. Misalnya, kamu sedih karena nggak bisa kumpul bareng teman-teman karena sedang pandemi. Jadi, kamu bisa mengungkapkan kesedihanmu ke teman-teman dengan mengucapkan, “I’m so sad because we can’t meet each other due to pandemic”.

  • I don’t know what to do.
  • This is the lowest time in my life.

Kamu pernah nggak sih merasa sedih banget sampai nggak tau lagi harus berbuat apa dan bagaimana (lebay). HihihiNah, kalimat di atas bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan itu. Misalnya, kamu baru aja kehilangan kucing peliharaan yang kamu sayang. Rasanya sedih banget. Setiap menit selalu ingat dia. Nah, kamu bisa mengungkapkannya dengan, “I’m so sad because I lost my cat. I have always remembered him. I don’t know what to do”. :(

  • I can’t hold my tears on it.

Kalau kalimat yang satu ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan sedih terhadap suatu peristiwa. Frasaon it’ pada kalimat mewakili peristiwa yang sedang atau telah kamu alami. Misalnya, kamu sedang menonton adegan drama yang membuat kamu ingin menangis, maka kamu bisa mengucapkan, “I can’t hold my tears on it” yang artinya, “aku tidak bisa menahan air mataku terhadap hal itu (adegan dalam drama)”.

meme lucu"Ku menangiiiisss~~~ Membayangkaan..."  --> (You sing, you lose, guys! Hahaha)

Oke, di bawah ini ada contoh percakapan yang menggunakan beberapa kalimat expression of sadness, nih.

contoh percakapan expression of sadness

 

expression of sympathy

Selanjutnya, ada expression of sympathy. Expression of sympathy biasanya digunakan untuk menunjukkan rasa simpati terhadap orang lain yang sedang merasa sedih atau terkena musibah. Berikut ini beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan expression of sympathy .

expression of sympathy

  • That’s awful!
  • What a shame!
  • How poor you are.
  • That’s too bad for you.
  • What a terrible situation for you!
  • I know what you feel.
  • I’m sorry to hear that.
  • I gave my deepest condolence.

Beberapa kalimat di atas bisa kamu gunakan untuk memberikan respon terhadap temanmu terkait peristiwa yang sedang atau telah dia alami. Misalnya, kamu sedang ngobrol nih dengan temanmu. Lalu, temanmu bercerita mengenai masalah yang sedang ia hadapi. Nah, kamu bisa memberi tanggapan dengan mengucapkan, “that’s too bad for you” atau “what a terrible situation for you”.

  • I do sympathize for…

Kalau kalimat yang satu ini, harus dilengkapi dengan peristiwa yang sedang atau telah dialami oleh si lawan bicara. Misalnya, temanmu merasa sedih karena ibunya sedang sakit. Kamu bisa mengungkapkan rasa simpatimu dengan mengucapkan, “I do sympathize for your mom. I hope her condition will get well soon” yang artinya, “aku turut bersimpati untuk ibumu. Aku harap, semoga kondisinya segera membaik”.

  • Be patient, it would be okay soon.

Nah, kalau kalimat di atas, bisa kamu gunakan untuk menenangkan perasaan temanmu ketika sedang sedih atau mengalami kondisi yang sangat sulit, nih. Kalimat ‘it would be okay soon’ bisa menjadi penyemangat loh untuk temanmu, dan menunjukkan padanya kalau masalah yang ia alami pasti akan segera membaik atau terselesaikan.

Gimana, cukup jelas ya sampai di sini? Sekarang, kita lihat contoh percakapan expression of sympathy di bawah ini, yuk!

contoh percakapan expression of sympathy

 

expression of affection

Okay, kita masuk ke ekspresi yang terakhir nih, yaitu expression of affection. Expression of affection biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang, perhatian, atau kepedulian kepada orang lain. Nah, sama halnya dengan expression of sympathy, kita bisa mengungkapkan expression of affection untuk seseorang yang sedang merasa sedih atau berada dalam kondisi yang kurang baik.

Kamu bisa mengungkapkan expression of affection dalam bahasa Inggris dengan menggunakan beberapa kalimat berikut ini.

expression of affection

  • Are you okay?
  • What’s wrong with you?
  • What’s the matter with you?

Beberapa pertanyaan di atas, bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan rasa peduli dengan menanyakan kondisi temanmu yang terlihat murung atau sedih. Misalnya, saat kamu sedang asik melihat stories di Instagram, kamu menemukan story salah satu temanmu yang terlihat galau, nih. Nah, kamu bisa menanyakan kondisinya dengan menggunakan satu dari beberapa pertanyaan di atas.

Oh iya, selain bertanya mengenai kondisinya, kamu juga bisa loh memberikan perhatian dengan menawarkan bantuan atau pertolongan. Misalnya, dengan mengatakan, “Hey, are you okay? What can I do for you?”.

  • I really care about you.
  • I’ll always be here for you.
  • Don’t worry, I’m with you.
  • Hope you will be fine.

Nah, jika ada temanmu yang merasa sangat sedih dan terpuruk, kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat di atas untuk menenangkannya. Kalimat ‘I’ll always be here for you’ atau ‘don’t worry, I’m with you’ bisa menunjukkan ke temanmu bahwa ia tidak menghadapi masalahnya secara sendirian, kamu akan selalu ada untuk membantunya.

meme lucuAwww... So sweet banget nggak, sih? (sumber: 9gag)

  • What should I do to cheer you up?

Kalau kalimat di atas, bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan rasa perhatian kamu kepada teman-temanmu dengan menanyakan, hal apa yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya merasa lebih baik. 

Nah, di bawah ini ada contoh percakapan yang menggunakan beberapa ungkapan expression of affection, nih. Kita simak sama-sama, yuk!

contoh kalimat expression of affection

 

Oke, guys, selesai sudah materi kita kali ini. Gimana menurutmu, apa artikel ini sudah cukup jelas? Oh iya, di bawah ini, ada soal latihan nih buat kamu. Coba dijawab, ya!

 

Nah, kalau kamu masih merasa bingung terhadap materi yang sudah dijelaskan tadi, kamu bisa cobain belajar di ruangbelajar. Belajar jadi lebih mudah paham karena kamu akan diajar oleh para Master Teacher yang keren dan berpengalaman. Ada latihan soalnya juga lagi buat menambah pemahaman kamu terhadap materi. Tuh, kan, kurang apalagi. Buruan, gabung sekarang juga!

New Call-to-action

Beri Komentar