Fakta Lulusan UI dari Survei CDC UI tahun 2018

Shabrina Alfari

Jul 25, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


lulusan UI

Artikel ini memberikan fakta dari lulusan UI berdasarkan survei yang dilakukan oleh Career Development Center atau CDC UI tahun 2018

--

Squad, pasti kamu sudah lihat 'kan postingan yang viral di media sosial tentang seseorang yang mengaku lulusan baru atau fresh graduate dari Universitas Indonesia? Fresh graduate itu mengungkapkan kekecewaannya di media sosial tentang tawaran gaji Rp8 juta yang diterimanya. Postingan ini pun langsung viral di media sosial hingga tagar “Lulusan UI” pun sempat bertengger di trending Twitter.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti menyatakan postingan tersebut merupakan bentuk ekspresi anak muda melalui media sosial. Seperti yang dilansir dari kompas.com, beliau pun enggan untuk menanggapi lebih banyak. Namun, apabila postingan tersebut benar milik alumni UI, maka beliau pun sangat menyayangkan hal tersebut.

lulusan UIWisuda UI (Sumber: youtube.com/Prisma Picture)

Akun Instagram resmi Universitas Indonesia di @univ_indonesia pun akhirnya mengeluarkan survei CDC UI mengenai lulusan UI tahun 2018. UI memiliki Career Development Center (CDC) yang bertujuan untuk pengembangan karier dan softskill mahasiswa serta alumni UI. Berbagai program menarik bisa kamu ikuti melalui CDC UI  untuk membantu kamu mempersiapkan diri sebelum menghadapi dunia profesional. Di CDC UI juga terdapat informasi magang, lowongan pekerjaan, pelatihan softskill, dan pelatihan pengembangan karier.

Tak hanya itu Squad, CDC UI juga secara rutin melakukan tracer study untuk mengetahui fakta lulusan UI. Mau tahu bagaimana hasil survei tracer study mengenai lulusan UI tahun 2019? Yuk, dicek.

1. Daya saing dan kepuasan kinerja dari lulusan UI

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh CDC UI tahun 2019 kepada 230 institusi pengguna lulusan UI, sebanyak 83% institusi mengaku puas terhadap kinerja lulusan UI. Selain itu, lulusan UI juga dinilai memiliki daya saing yang lebih baik dibandingkan lulusan Non-UI. 83.8% institusi mengaku daya saing lulusan UI lebih baik dari lulusan kampus lain.

lulusan UI(Sumber: instagram.com/univ_indonesia)

2. Keunggulan lulusan UI

Tracer study tahun 2018 kepada 2.735 lulusan S1 UI juga mengungkap beberapa keunggulan dari lulusan UI. Lulusan UI dinilai sebagai pribadi yang cepat mengerti, dapat beradaptasi dengan baik, menguasai pengetahuan dalam bidang kerja, memiliki kemauan kerja, dapat bekerja sama dengan tim, dan penuh dengan inisiatif. Apakah kamu memiliki keunggulan tersebut?

lulusan UI(Sumber: instagram.com/univ_indonesia)

3. Keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil memperoleh pekerjaan

Terakhir, berdasarkan gambar di bawah CDC UI juga mengungkapkan keterampilan penting yang harus dimiliki agar pelamar kerja berhasil dalam memperoleh pekerjaan. Kategori keterampilan ini didapatkan dari survei yang dilakukan oleh CDC UI tahun 2018 kepada 230 institusi pengguna lulusan UI.

lulusan UI(Sumber: instagram.com/univ_indonesia)

Squad, menempuh perguruan tinggi tak hanya akan menentukan kamu akan bekerja sebagai apa dan mendapatkan gaji berapa. Kuliah juga akan membuka wawasan dan keterampilan kamu yang berguna di dunia profesional kelak. Dengan belajar di perguruan tinggi, kamu juga punya kesempatan untuk mengeksplorasi potensi, bakat dan minat serta membuka jaringan yang luas dengan teman semasa kuliah.

Nah untuk menjadi lulusan yang berkualitas, kamu nggak hanya harus pintar dan punya keahlian mumpuni. Kamu juga harus punya karakter yang baik dan semangat bekerja keras untuk memberikan dampak positif bagi sesama.

Mau jadi mahasiswa UI? Yuk, persiapkan dirimu untuk jadi siswa yang cerdas serta berkarakter positif dengan menonton video belajar beranimasi dan video motivasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts