Faktor-Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan | Biologi Kelas 12

Faktor-Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Squad, siapa yang suka bercocok tanam? Atau ada yang suka dengan tanaman hias? Tahukah kamu, tumbuhan bisa berkembang seperti kita, lho! Ada 2 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Kuy, kita pelajari lebih lanjut mengenai faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan! 

Faktor-Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Siapa yang suka berkebun? (Sumber: Shutter Stock)

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan. Faktor eksternal tersebut antara lain zat hara, cahaya, air, suhu, oksigen dan kelembapan. Zat hara adalah unsur makronutrien dan mikronutrien, misalnya karbondioksida. Selain zat hara, cahaya dan air juga memiliki fungsinya sendiri sebagai faktor eksternal dalam perkembangan sebuah tumbuhan.

Cahaya membantu proses fotosintesis, sedangkan air berfungsi untuk membantu biji berkecambah dan sebagai sumber zat fotosintesis. Selain itu, oksigen berfungsi untuk proses respirasi , sedangkan kelembapan berguna untuk mengatur proses perkecambahan. Lalu, suhu fungsinya apa, dong? Suhu mempengaruhi aktivitas enzim dalam tumbuhan, lho. 

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri. Yang termasuk ke dalam faktor internal antara lain gen dan fitohormon. Tentu kamu sudah mendengar tentang gen sebelumnya, kan? Gen merupakan substansi yang menurunkan sifat dari induk kepada keturunannya. Dalam tumbuhan, gen bisa mengatur keadaan fisik dan non fisik tumbuhan, misalnya warna bunga atau rasa buahnya. 

Wah, kalau fitohormon itu apa, ya? Fitohormon adalah zat yang mengendalikan fungsi tubuh pada tumbuhan. Contoh fitohormon antara lain auksin, giberelin, sitokinin, asam abisat, etilen, traumalin, dan kalin. Mau tahu lebih lanjut? Kuy, simak pada gambar di bawah ini! 

macam-macam fitohormon

Wah, ternyata banyak juga ya, yang mempengaruhi perkembangan tumbuhan. Jangan lupa diingat ya, Squad! Supaya makin ingat, yuk terus belajar bersama Ruangguru On-The-Go! Kamu tinggal colok USB-nya ke HP-mu, lalu kamu bisa nonton video belajar tanpa kuota! Kuy, dapatkan USB-nya sekarang dan siap-siap jadi juara! 

ruangguru on the go

Beri Komentar