Gerak Jatuh Bebas dan Fenomena Apel Jatuh Newton | Fisika Kelas 10

Hani Ammariah Agu 24, 2018 • 3 min read


gerak jatuh bebas

Pada artikel Fisika kelas X kali ini, kamu akan mempelajari tentang gerak jatuh bebas meliputi pengertian, rumus, serta contoh perhitungannya.
 
--

Squad, siapa di antara kamu yang tidak mengenal nama Sir Isaac Newton? Ya, ia adalah seorang ilmuwan asal Inggris yang terkenal dengan hukum gravitasinya. Berbicara tentang gravitasi, pernahkah kamu mendengar sebuah kisah tentang buah apel jatuh yang kemudian menjadi dasar pemikiran Newton dalam menemukan teori gravitasi? Benar atau tidaknya cerita tersebut, pastinya Newton tidak menemukan teori gravitasi sesaat setelah fenomena apel jatuh itu terjadi. Diperlukan waktu bertahun-tahun sampai akhirnya Newton berhasil menemukan rumus hukum gravitasinya itu.

Tapi, bukan masalah hukum gravitasi atau asal mula hukum gravitasi yang akan kita bahas, melainkan kejadian si “apel jatuhnya” itu Squad. Kenapa? Karena ada hubungannya dengan gerak jatuh bebas yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Hmm, daripada penasaran, langsung saja yuk kita simak!

Separator - gerak jatuh bebas-01

Apa itu gerak jatuh bebas? Gerak jatuh bebas adalah gerak jatuh benda yang tidak memiliki kecepatan awal (V0 = 0). Jika selama benda itu jatuh hambatan udara diabaikan, maka percepatannya konstan (tetap) dan besarnya sama dengan percepatan gravitasi bumi. Selain itu, waktu yang dibutuhkan benda saat jatuh tidak bergantung pada massanya, tapi bergantung pada ketinggiannya.

Ternyata, fenomena apel jatuh tidak hanya memberitahu kita tentang teori gravitasi saja, tapi juga sebagai salah satu contoh dari gerak jatuh bebas. Hal ini karena apel yang semula diam kemudian lepas sendiri dari tangkainya dan jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi bumi yang bekerja pada apel.

rumus gerak jatuh bebas

Perlu kamu ingat ya, gerak jatuh bebas berbeda dengan gerak vertikal ke bawah. Meskipun kedua benda sama-sama bergerak jatuh tegak lurus ke bawah, tapi pada gerak vertikal ke bawah, benda masih memiliki kecepatan awal tertentu (V≠ 0). Oh iya, pada gerak jatuh bebas, terdapat rumus-rumus yang bisa kamu ketahui nih, yaitu:

rumus-rumus dalam menghitung gerak jatuh bebas

Nah, sekarang ayo kita berlatih soal, Squad! Simak baik-baik, ya.

 

Klik untuk lihat jawabannya!

 

Bagaimana? mudah ya cara menyelesaikannya. Rumus-rumus di atas tadi harus selalu kamu ingat lho karena akan memudahkan kamu dalam mengerjakan soal di ujian nanti. Oke?

penemu gerak jatuh bebas - galileo galilei

Squad, kamu masih bingung dengan materi ini? Atau masih kurang nih latihan soalnya? Jangan khawatir, gabung aja di ruangbelajar. Di sana, semua materi akan dijelaskan secara lengkap dan menarik oleh Master Teacher terbaik lewat video animasi yang asik. Selain itu, ada latihan soalnya juga lho yang dapat mengukur sejauh mana materi yang sudah kamu mengerti. Penasaran? Download sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar