5 Fitur Baru Ruangguru jadi Kejutan Tahun Ajaran Baru

Rabia Edra Jun 3, 2019 • 4 min read


Tahun ajaran baru sebentar lagi datang! Apa nih persiapanmu menjelang kenaikan kelas? Mau beli seragam, alat tulis, atau tas baru? Eits, perlengkapan sekolah boleh aja baru, tapi sumber pelajaran kamu juga dong! Untuk itu, Ruangguru punya kejutan spesial bagi seluruh penggunanya. Apa nih? Penasaran? Disimak terus dong artikelnya sampai habis supaya nggak ketinggalan infonya ya.

1. Video Belajar Baru

contoh video belajar - tahun ajaran baru

Contoh video belajar terbaru (Sumber: Youtube Ruangguru)

Setiap harinya, Ruangguru berkomitmen untuk menyediakan video terbaru, lho. Kalau kamu sudah punya aplikasinya di HP kamu, coba deh tengok video-video yang memuat kata “New” pada judulnya. Itu artinya, video terbaru. Nah, saat ini Ruangguru sudah memiliki puluhan ribu video belajar, dan nggak sekadar meningkatkan kuantitas atau jumlahnya saja. Tetapi, kualitasnya juga selalu dibuat agar dapat semenarik mungkin untuk membantu kamu memahami materi.

Ada video-video apa saja ya yang sudah diperbarui? Cek daftar berikut:

  • Kimia SMA XII IPA - Sifat Koligatif Larutan

  • Ekonomi SMA XII IPS - Persamaan Dasar Akuntansi

  • Sejarah SMA X IPA - Cara Berpikir Sejarah

  • Bahasa Indonesia XII IPA/IPS - Teks Editorial

  • Sosiologi XII IPS - Perubahan Sosial

  • Bahasa Inggris X IPA/IPS - Common Expression 1

  • Dan masih banyak lainnya.

2. Video Timeline

tahun ajaran baru

Salah satu video timeline dari pelajaran Biologi (Sumber: aplikasi Ruangguru)

Khusus bagi kelas XII, kini setiap kamu memutar video belajar maka di bagian bawahnya terdapat scene index atau semacam daftar isi. Gunanya untuk apa sih? Begini, ketika kamu tidak sempat menonton keseluruhan video dan hanya ingin mengulang pada penjelasan materi tertentu, bisa langsung klik menit dan nama pembahasannya.

Bisa dibayangkan nggak ya? Misalnya dalam video “Konsep Wilayah” (Geografi, Kelas XII) yang berdurasi selama 6.24 menit, pengguna bisa langsung memilih menit ke 03.02 untuk pembahasan “Definisi Wilayah”. Jadi waktu belajar lebih efektif.

3. Ruangguru Live

tahun ajaran baru

Salah satu episode Ruangguru Live (Sumber: Youtube Ruangguru)

Siapa yang suka menonton sambil belajar di Instagram atau YouTube Live Ruangguru? Nah, sekarang di aplikasi Ruangguru juga ada live lho. Mulai dari bahas berbagai materi pelajaran, sampai quiz berhadiah. Nantikan ya, jadwalnya setiap Senin Rabu Kamis. Kamu juga bisa cek langsung di notifikasi aplikasi kamu ya atau ikut kirim pertanyaan untuk pembahasan pelajaran di IG story Ruangguru ya. Psst, di pertengahan Juli nanti saat kamu masuk sekolah, akan ada Ruangguru Live setiap hari lho!

4. Tingkatan Latihan Topik 

tahun ajaran baru

Latihan topik terdiri dari empat level (Sumber: aplikasi Ruangguru)

Kamu pernah nggak perhatikan soal-soal di latihan topik baru-baru ini? Apa sih yang dirasa berbeda? Well, sekarang latihan topik memuat tingkatan soal, lho. Dimulai dari level mudah, sedang, sulit, dan HOTS. Masing-masing empat tingkatan ini memiliki 10 butir soal. Setelah kamu mengerjakannya, juga akan diberi tahu jawaban yang benar + pembahasannya. Lengkap kan?

5. Fitur banksoal

tahun ajaran baru

Contoh soal dari fitur banksoal (Sumber: aplikasi Ruangguru)

Sekali kamu buka laman utama aplikasi Ruangguru, kamu akan menemukan fitur banksoal yang berupa kumpulan soal terlengkap untuk persiapan siswa menuju ujian. Cara kerjanya mirip sekali seperti try out online. Tersedia seluruh mata pelajaran baik IPA maupun IPS. Ada beragam jenis paket soal juga di sini, mulai dari untuk UTS dan UAS tiap semester genap dan ganjil, UN, bahkan SBMPTN. Masing-masing paket terdapat 40-50 soal dan diberikan waktu berkisar antara 1,5 jam-2 jam untuk menyelesaikan paket soal. Tambahan lainnya, sama seperti latihan topik, seusai mengerjakan soal-soalnya akan diberikan pembahasan, lho.

Wah, tahun ajaran baru kamu bisa makin maksimal nih dengan kelima fitur baru tersebut. Gimana, jadi nggak sabar buat mencobanya ya? Jangan lupa perpanjang paket belajar kamu ya dengan kode LANJUTBELAJAR untuk mendapatkan diskon sebesar 60% dan juga raih kesempatan hadiah mulai dari voucher belanja, smartphone, laptop, liburan ke Universal Studio Singapura, dan UMROH! Wow, banyak banget kan hadiahnya!

paket belajar ruangguru

Beri Komentar