Biologi Kelas 11 | Food Coma: Sumber dari "Kenyang Bego" dan Mengapa Kita Mengantuk Setelah Makan

Kresnoadi

Dec 2, 2018 • 3 min read

konsep pelajaran biologi XI Kelas XI SMA


kenapa setelah makan kita mengantuk

Artikel biologi kelas XI ini membahas penjelasan tentang food coma. Jawaban atas pertanyaan mengapa kita suka mengantuk setelah makan banyak dari sudut pandang ilmiah dan contoh sehari-hari

--

Ngaku, deh. Kamu pasti ikut ngiler kalau udah nontonin food vlogger di YouTube. Entah itu bikin kamu ikut ambil makanan di dapur atau pesan makanan ke rumah. Ngeliatin dia makan langsung ngebangkitin nafsu makan kita. Kita lalu menyuap nasi ke mulut, menyuap lagi, dan menyuap lagi. Entah sampai berapa porsi.

Setelah makan begitu banyak, kamu mulai merasa ngantuk.

Pekerjaan jadi tidak fokus. Badan terasa malas untuk ngapa-ngapain. Keluar, deh, kalimat sakti “Duh, gue kenyang bego nih!”

Iya. Dalam persoalan makanan ini, kita terbagi ke dalam dua kubu manusia: 1) yang sewaktu lapar jadi pemarah, dan 2) yang sewaktu kekenyangan jadi bego.

Oke, oke. Sebelum tulisan ini tidak lolos sensor, maka kata “bego” akan diganti menjadi “ngantuk”. Memang, secara saintifik, makan banyak tidak akan menurunkan tingkat IQ seseorang. “Bego” yang dimaksud di sini karena setelah makan, kita jadi mengantuk dan malas ngapa-ngapain. Alhasil, ketika ngobrol atau melakukan aktivitas, kita jadi suka salah.

Kira-kira, kenapa ya kamu bisa mengantuk setelah makan?

Jawabannya, seperti pada judul artikel ini: Food Coma.

food coma istilah untuk mengantuk setelah makan

Food Coma dalam istilah medis merupakan postprandial somnolence. Kalau dipecah kata per kata, “postprandial” berarti “setelah makan” sementara “somnolence” berarti “merasa ngantuk”. Iya, hal ini memang ada secara dalam keilmuan benaran.

Semua ini akibat dari apa yang dilakukan organ pencernaan ketika kamu makan. Masih ingat, kan, sewaktu kelas 8 dulu pernah belajar soal organ pencernaan ini?

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Kenapa Micin (MSG) Tidak Membuat Kita Bodoh

Ketika mengunyah, perut kamu akan memproduksi hormon gastrin, yang mana, memicu produksi cairan untuk menghancurkan makanan di dalam perut. Sisa-sisa makanan yang sudah dihancurkan ini berjalan ke usus kecil. Sewaktu proses ini berlangsung, pankreas akan mengeluarkan insulin, mengedarkannya ke peredaran darah untuk membantu sel dalam penyerapan glukosa. Supaya makanan kita bisa berubah jadi energi.

Setelahnya, si insulin ini mengirimkan beberapa asam amino ke otak.

Termasuk triptofan. Senyawa kimia yang bertugas membuat kita ngantuk.

Ketika si triptofan memasuki otak, dia akan berubah menjadi serotonin. Hormon yang ngebuat kamu merasa senang. Lalu menjadi melatonin, hormon yang bikin kamu jadi ngantuk. Udah seneng, ngantuk, eh glukosa yang diserap dari karbohidrat juga bisa menutup sel otak bernama neuron orexin, yang bertanggung jawab untuk bikin kamu bangun dan terjaga. Triple kill.

hormon yang membuat ngantuk dan bahagia

Wah, kalau udah gini. Kita nggak bisa menghindar dong? Memang secara otomatis setiap orang bakal mengantuk sehabis makan? Apalagi kalo makannya jam 11 malem…

Ya, betul juga sih. Tapi, kamu bisa memilih makanan untuk mencegahnya. Sumber insulin dalam penyerapan glukosa ini adalah makanan berkarbohidrat. Jadi, makanan dengan karbohidrat tinggi akan lebih berpotensi membuat kamu mengantuk.

makanan yang membuat ngantuk

Seringkali food coma ini tidak bisa dihindari. Semua orang juga mungkin punya tips tersendiri untuk ngebuat dirinya segar dan tidak mengantuk. Ada yang ngopi, ada yang melakukan olahraga ringan di sela aktivitas (peregangan aja, nggak usah roll belakang).

Tapi, kalau kamu tidak ingin langsung "terkapar" setelah makan malam, masih ada beberapa cara kok. Pertama, awasi porsi makan kamu. Jangan terlalu berlebihan. Kedua, cara makan kamu. Makanlah dengan pelan dan jangan terburu-buru. Hal ini supaya hormon di tubuh kamu punya waktu untuk kembali seimbang. Selain itu, pastikan makan makanan yang seimbang. Jangan terlalu banyak lemak atau tepung (pati). Jangan lupa, makan sayur dan vitamin yang cukup.

Nah, sekarang udah tahu, kan, bagaimana mekanisme sistem pencernaan bekerja kamu sampai akhirnya makanan bisa bikin mengantuk. Kalau di sekolah kamu ada hal yang berkaitan dengan materi ini dan mau coba diskusi bareng teman-teman dari berbagai sekolah di seluruh dunia, gabung aja di grup chat ruangguru digitalbootcamp!

 ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts