IPA Kelas 7 | Bagaimana Cara Tumbuhan Makan?

Zara Larasati

Sep 18, 2018 • 4 min read

Konsep Pelajaran SMP Kelas VII ipa vii


Header_-_IPA_-_7_-_Fotosintesis

Artikel IPA kelas VII ini akan membahas mengenai proses fotosintesis pada tumbuhan.

 --

Squad, apakah kamu hari ini sudah makan? Wah, kamu jangan lupa untuk makan ya hari ini. Tapi jangan terlalu bersemangat kayak mbak ini juga ya, Squad. Nanti kalau keselek keripik singkong gimana tuh? Pelan-pelan aja, supaya kandungan dalam makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

cara manusia makan berbeda dengan cara tumbuhan makan

Makan terlalu bersemangat (sumber: giphy.com)

 

Memang, sebagai makhluk hidup, sejatinya kita membutuhkan makan. Makanan yang telah kita konsumsi akan menjadi sumber energi untuk dapat beraktivitas. Eh makhluk hidup? Bukannya makhluk hidup itu terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan ya? Coba deh kamu pikir. Apakah tumbuhan juga bisa makan? Kalau iya, bagaimana ya cara mereka makan? Apakah kamu pernah melihat tumbuhan makan siang atau makan keripik singkong seperti kita?

Baca juga: 7 Karakteristik Makhluk Hidup

Pasti nggak pernah dong. Karena tumbuhan termasuk makhluk hidup yang mampu memasak makanannya sendiri (autotroph). Eh? Jadi gimana caranya tumbuhan memasak makanannya sendiri?

Tumbuhan dapat memasak makanannya sendiri secara langsung dari senyawa yang bersifat organik. Proses memasak ini dinamakan sebagai proses fotosintesis.

 tumbuhan melakukan fotosintesis

Tumbuhan membutuhkan cahaya untuk fotosintesis (sumber: giphy.com)

 

Tahukah kamu? Proses fotosintesis ini terjadi di bagian daun lho. Tepatnya, pada bagian klorofil atau yang biasa dikenal sebagai zat hijau daun. Klorofil merupakan pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari lalu mengubahnya menjadi energi kimia yang terikat dengan molekul karbohidrat. Nah, secara singkat reaksi fotosintesis seperti berikut ini:

proses fotosintesis

CO2 atau yang biasa disebut sebagai karbon dioksida merupakan zat yang dihasilkan oleh manusia ketika bernapas. Tidak hanya manusia, CO2 juga dikeluarkan dari hasil pembakaran kendaraan motor, dan pabrik. Nah, zat ini lah yang menjadi bahan baku makanan untuk tumbuhan. Makanya, banyak anggapan yang bilang kalau tumbuhan dapat berfungsi sebagai "pembersih udara". Soalnya, zat-zat kotor kayak gitu malah dibuat bahan masakan sama dia.

Selain karbon dioksida, proses fotosintesis juga membutuhkan air. H2O atau air merupakan zat yang dimanfaatkan tumbuhan sebagai mineral. H2O biasanya dapat ditemukan di dalam tanah.

Baca juga: Bagaimana Cara Kita Bernapas?

Setelah mengetahui bahan baku proses fotosintesis, sekarang kita bahas yuk apa aja yang dihasilkan dari reaksi fotosintesis ini. Nah, yang dihasilkan dari proses fotosintesis ini adalah C6H12O6 dan O2.

C6H12O6 atau yang biasa disebut sebagai glukosa merupakan senyawa yang digunakan sebagai sumber energi untuk semua makhluk hidup. Glukosa inilah yang membantu tumbuhan untuk tumbuh. Seperti penumbuhan daun baru, hingga pembentukan batang yang lebih kuat.

O2 atau yang nama lainnya oksigen merupakan senyawa yang dihasilkan dan langsung dikeluarkan dari tumbuhan setelah fotosintesis terjadi. Oksigen ini penting banget untuk kehidupan kita. Ya, oksigen merupakan gas yang kita perlukan untuk bernapas. Bahkan, tidak hanya kita, tapi sebagian besar makhluk hidup di dunia ini,

sesak karenamu

Sesak napas jika kekurangan oksigen (sumber: giphy.com)

 

Nah, sekarang kamu tahu, kan, kalau ternyata tumbuhan juga bisa makan. Meskipun tidak mempunyai organ pencernaan yang sama seperti kita, tumbuhan dapat menghasilkan energi melalui proses fotosintesis. Oleh karena itu, yuk kita mulai menanam tumbuhan di lahan kosong dekat rumah kamu. Selain bikin udara menjadi sejuk, kita juga membantu bumi untuk menyediakan pasokan oksigen lebih banyak lho! Kalau kamu punya pr terkait materi ini, bisa coba langsung aja chat ke tutor terbaik lewat ruanglesonlineDi sana, kamu akan diberikan pemahaman langsung dari tutor berpengalaman di bidangnya.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts