Fungsi dan Kandungan Lemak bagi Tubuh Manusia | Kimia Kelas 12

Fahri Abdillah Mei 15, 2018 • 4 min read


Kimia kelas 12 materi tentang lemak

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata lemak? Membuat gendut? Jahat? Menyebalkan? Hmm memang, bagi banyak orang, lemak menjadi momok yang mengerikan. Apalagi bagi mereka yang menganggap bahwa tubuh ideal adalah tubuh yang langsing, tirus, seperti yang digambarkan oleh iklan-iklan produk kecantikan. Tapi, tahukah kamu kalau lemak itu memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita? Kalau kamu ingin tahu fungsi dan kandungan lemak bagi tubuh manusia, yuk baca penjelasannya.

1. Apa itu Lemak?

Lemak itu merupakan senyawa kimia yang tidak larut dalam air. Lemak disusun oleh beberapa unsur, di antaranya unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Nah, untuk melarutkan lemak, kita butuh pelarut khusus seperti ester, klorofol, dan benzena, karena lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air). Lemak juga terdiri dari 3 asam lemak dan satu gliserol.

Fungsi lemak

2. Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

  • Sebagai cadangan energi dalam bentuk sel lemak.
  • Pelindung organ penting tubuh saat terjadi goncangan, karena memiliki struktur seperti bantalan.
  • Lemak dapat melindungi tubuh dari suhu yang rendah. Melindungi tubuh dari perubahan suhu lingkungan.
  • Salah satu bahan dasar yang dibutuhkan untuk produksi hormon vitamin, membran sel dan membran organel sel.
  • Pelarut vitamin A, D, E, dan K.
  • Sebagai bahan penyusun empedu dan asam kholat.
  • Mengoptimalkan fungsi pencernaan, lemak dapat memperlambat sistem pencernaan saat proses pencernaan berlangsung, sehingga rasa lapar tidak muncul terlalu cepat.

Ternyata memang banyak ya fungsi lemak bagi tubuh kita, Squad. Selain fungsi, dalam kimia, lemak juga dibagi berdasarkan jenis ikatan, struktur, dan macam-macama jenisnya.

Berdasakan jenis ikatannya, asam lemak dibagi menjadi 2, yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.

- Asam lemak jenuh merupakan struktur lemak dengan hidrokarbon ikatan tunggal yang berbahaya bagi tubuh kita. Kenapa? Karena dapat melekat sekaligus menggumpal, dan itu dapat mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh kita. Asam lemak jenuh banyak terdapat pada lemak hewani.

contoh lemak jenuh

- Asam lemak tak jenuh merupakan struktur lemak dengan hidrokarbon dengan satu atau lebih ikatan rangkap atau ganda, dan asam lemak ini menguntungkan bagi tubuh kita. Asam lemak tak jenuh banyak terdapat pada lemak nabati.

contoh lemak tak jenuh

Lemak juga memiliki struktur lho Squad. Nah berdasarkan struktur kimianya, lemak terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Lemak Sederhana, merupakan lemak yang disusun oleh trigliserida, yaitu tiga asam lemak dan satu gliserol.
Contohnya adalah lilin dan minyak.
  • Lemak Campuran, merupakan lemak yang terdiri dari asam lemak dan gugus tambahan lain selain lemak.
Contohnya adalah lipoprotein (mengandung protein) dan fosfolipid (mengandung fosfat).
  • Lemak Derivat, merupakan senyawa lemak yang dihasilkan dari proses hidrolisis lipid.
Contohnya adalah kolesterol dan asam lemak.

Lalu, dari mana saja sih lemak itu berasal? Kalau kita lihat dari jenisnya, lemak terbagi menjadi 2 jenis, yaitu lemak hewani dan lemak nabati.

  • Lemak hewani adalah lemak-lemak yang bersumber dari hewan-hewan.
Contoh dari lemak ini adalah susu, telur, ikan laut, minyak ikan, daging.
  • Lemak nabati adalah lemak-lemak yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan.
Contoh dari lemak ini adalah jagung, kedelai, kacang tanah, kacang polong, kelapa sawit, biji bunga matahari, dan juga jenis kacang-kacangan lainnya.

Jadi itu dia Squad penjelasan tentang fungsi dan kandungan lemak. Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa lemak merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, jangan sampai kamu benar-benar kekurangan lemak. Supaya kamu tetap sehat, artinya kamu harus pintar-pintar dalam memilih makanan.

Diet boleh, tapi jangan sampai berlebihan ya. Jangan sampai kamu tertipu dengan penggambaran tubuh ideal pada iklan-iklan kecantikan. Pada dasarnya, semua manusia itu indah ketika tubuhnya sehat dan selalu memiliki energi yang cukup.

tubuh berenergiTubuh selalu berenergi (Sumber: giphy.com)

Nah jika kamu ingin tahu rumus-rumus dan penjelasan lebih mendalamnya tentang lemak, kamu bisa nih belajar melalui ruangbelajar. Produk yang terdapat di aplikasi ruangguru ini, akan menemanimu belajar dengan baik, asik, efektif dan juga mudah dipahami.

ruangbelajar

Beri Komentar