Fungsi Lain Mode Pesawat (Airplane Mode), Tidak Sebatas Keamanan Penerbangan Saja

Tedy Heryansyah

May 6, 2019 • 4 min read

Wow ternyata


airplane mode - header

Artikel kali ini akan membahas tentang fungsi mode pesawat pada handphone. Kira-kira selain untuk keamanan saat penerbangan, mode pesawat berfungsi apa lagi ya?

---

Gara-gara menulis artikel tentang bahaya tidur di sebelah handphone, para pembaca blog Ruangguru berduyun-duyun berkomentar di artikel itu. Ada yang baru tahu alasan mama papanya yang melarang tidur sambil membawa HP ke kamar. Ada pula yang mulai bertaubat untuk tidak tidur di dekat HP lagi. Tapi, paling banyak ialah yang bertanya tentang HP yang diaktifkan mode pesawatnya. Apakah tetap berbahaya jika dibawa tidur?

airplane mode - tanya

Nah, ayo ngaku siapa yang sempet nulis pertanyaan gitu di artikel blog Ruangguru? Kali ini bakal coba dijawab ya pertanyaan tersebut.

Sebenarnya, mode pesawat itu apa sih? Kok namanya mode pesawat? Bukan mode kereta, mode angkot, atau mode ojol gitu?

Dinamakan mode pesawat karena erat kaitannya dengan pesawat terbang. Makanya, logo mode pesawat di HP kamu pasti pesawat terbang. Kalau bentuknya telepon, namanya nanti ganti jadi mode pesawat...telepon. Kan jadi aneh.

airplane mode - meme ruangguru

Balik lagi ke penyebutan mode pesawat. Sebenarnya, mode tersebut secara mudahnya berfungsi untuk menonaktifkan gelombang radio yang terpancar dari HP kamu. Fitur ini disediakan oleh pabrikan HP supaya kamu bisa menggunakan HP kamu tanpa harus mengganggu sistem komunikasi di pesawat. Minusnya, kamu nggak bisa terima telepon, SMS, atau balas chat dari gebetan kamu.

Baca Juga: Hujan Bikin Internet Lemot? Begini Penjelasannya

Dikutip dari The Telegraph, seharusnya penumpang pesawat terbang itu harus menonaktifkan telepon seluler yang dimilikinya. Ini dikarenakan gelombang sinyal yang ada di HP dapat memicu terganggunya navigasi antara pilot dengan menara ATC (air traffic control). Nah, seiring berkembangnya teknologi, produsen telepon seluler, mulai membekali sistem dengan mode pesawat. Harapannya, si pengguna telepon seluler tetap bisa menikmati beberapa fitur di HP tersebut, meski tidak ada sinyal di HP-nya.

airplane mode - tahukah kamu

“Berarti boleh dong nggak pake mode pesawat di dalam pesawat terbang?”

Kalau penulis sih nggak mau coba. Takut sama hukuman yang bakal diterima. Dalam Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan, di pasal 54 huruf f dijelaskan Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan. Nah, hukumannya itu 2 tahun penjara atau denda 200 juta rupiah.

Terlepas dari peraturan tersebut, sebenarnya mode pesawat itu punya fungsi lain lho yang nggak berhubungan dengan keselamatan penerbangan. Paling nggak ada tiga fungsi yang bisa kamu manfaatkan dalam mode pesawat ini. Pertama, mode pesawat bisa membantu mempercepat pengisian baterai. Saat mengisi baterai HP, sekarang coba kamu aktifkan mode pesawatnya deh, ini akan membantu proses charge baterai HP lebih cepat.

airplane mode - isi baterai

Fungsi kedua ialah memperkuat sinyal di HP kamu.

“Lho kok bisa memperkuat sinyal? Mode pesawat itu kan malah menonaktifkan sinyal”

Justru itu Squad, dengan mengaktifkan mode pesawat sinyal yang tadinya lemot atau tidak kuat akan terputus. Setelah mode pesawat aktif, beberapa detik/menit kemudian coba nonatifkan mode pesawatnya deh. Secara otomatis HP kamu akan mencari jaringannya yang baru.

Fungsi ketiga ialah menghindari gangguan-gangguan. Misalnya, kamu lagi belajar nih, kalo nggak mengaktifkan mode pesawat pasti terganggu dengan notif-notif sosmed kan? vBentar-bentar cek HP, bentar-bentar cek HP. Makanya dengan adanya mode pesawat ini bisa mengurangi gangguan tersebut. Lebih oke lalgi kalau kamu belajarnya pake ruangbelajar for desktop. Jadi, kamu tetap bisa nonton video belajarnya di laptop meski pun HP kamu dalam mode pesawat.

airplane mode - infografik

Lalu gimana kalo kita tidur bawa HP?

Mode pesawat bisa meminimalisir pancaran gelombang sinyal, tapi sekali lagi baiknya jangan bawa HP saat tidur. Kalau niatnya buat alarm, coba letakan HP dengan jarak 1 meter dari posisi tidur kita. Nggak jauh kok, 1 meter itu paling cuma tiga ubin aja atau nggak kamu bisa beli alarm manual. Nggak usah beli yang mahal, sesuaikan dengan uang tabungan yang kamu punya aja. Masa’ untuk kesehatan badan kamu masih pikir-pikir dan banyak nego sih?

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts