Fungsi Permintaan dan Penawaran

Created by : Seno Aji
on May 17, 2018 1:58:35 PM

Ekonomi_10

Setelah kamu mempelajari faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang, sekarang kita akan mempelajari bagaimana hal tersebut bisa terjadi melalui sebuah fungsi.

Kita telah mengetahui dalam hukum ekonomi, jika harga naik - ceteris paribus - maka permintaan akan turun, dan jika harga turun - ceteris paribus - maka permintaan akan naik. Kamu tahu nggak apa sih ceteris paribus itu? Nah ceteris paribus itu, dalam ilmu ekonomi sering digunakan sebagai asumsi untuk menyederhanakan berbagai macam formula serta deskripsi dari berbagai anggapan ekonomi.

Fungsi Permintaan

Nah hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa diketahui melalui fungsi permintaan dan penawaran. Sebenarnya jika kamu melihat kembali hukum dalam ekonomi, kamu akan tahu bahwa di ujung fungsi ini hasil yang diharapkan adalah harga barang dengan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik.

Secara umum bentuk fungsi permintaan adalah seperti ini.

Rumus Fungsi permintaanRumus Fungsi Permintaan

Nah itu kan di atas adalah bentuk umum fungsi permintaan, sekarang jika kamu ingin mencari sebuah persamaan kurva permintaan dan menentukan fungsi permintaan, maka rumusnya adalah seperti ini.

Rumus menghitung fungsi permintaanRumus untuk menentukan fungsi permintaan dan penawaran

Nah, sekarang ada contoh soalnya nih, coba kita kerjain sama-sama dan pelan-pelan biar kamu ngerti.

Pembahasan Soal Permintaan

Jika harga barang Rp60,00 per unit, maka jumlah permintaan 20 unit. Dan jika harga barang Rp40,00 per unit, maka jumlah permintaan 30 unit. Tentukan persamaan fungsi permintaan!

Penyelesaian

Diketahui:

P1 = 60 Q1 = 20

P2 = 40 Q2 = 30

Masukkin ke rumus, jadinya kaya di bawah

Menghitung Fungsi permintaan 1

Nah kalau udah, kamu kali silang pembilang dan penyebutnya. (-20), kamu kalikan dengan Q dan (–20), begitu juga dengan 10, kamu kalikan dengan P dan (- 60), maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

Menghitung Fungsi permintaan 2

Lalu, kamu pindahkan (– 600) ke ruas sebelah kanan, agar menjadi positif.

 Menghitung Fungsi permintaan 3

Pindahkan angka 10 di depan P ke ruas kanan untuk menjadi penyebut. Lalu kamu bagi pembilang dan penyebutnya.

 Menghitung Fungsi permintaan 4

Sehingga menjadi

 Menghitung Fungsi permintaan 5

Selesai deh! Lalu kita tahu fungsi permintaannya adalah P = 100 – 2Q.

Nah, setelah kita belajar fungsi permintaan, sekarang saatnya kita belajar temennya nih, yaitu fungsi penawaran, pastinya dengan rumus dan pnyelesaiannya juga.

ekspresi terkejut melihat rumus permintaanKamu, setelah lihat pernyataan di atas (sumber: giphy.com)

Tenaaaang! jangan panik, rumusnya gak susah, sama kok kaya di atas, ahahaha, hanya ada perbedaan sedikit kok.

Fungsi Penawaran

Jika kamu adalah penjual/pedagang, maka pada saat harga sebuah barang naik, maka kamu akan berusaha menjual barang tersebut secara banyak untuk mendapatkan keuntungan. Sementara jika harganya turun, maka kamu akan malas menjual sebuah barang karena tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar.

belajar rumus penawaran bareng squidwardSquid suka uang dan untung (sumber: Giphy.com/nickelodeon)

Nah penawaran ini adalah banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen dalam jangka waktu tertentu. Hubungan atara banyaknya barang yang ditawarkan dan harga dapat dilihat melalui fungsi umum berikut ini.

Rumus Fungsi PenawaranRumus Fungsi Penawaran

Jika permintaan berbanding terbalik antara harga dengan permintaan, maka penawaran berbanding lurus antara harga dengan panawaran suatu barang atau jasa.

Di atas sudah kamu lihat bentuk umumnya, sekarang jika kita ingin menentukan persamaan kurva penawaran atau fungsi penawaran, rumusnya sama seperti rumus permintaan, yang membedakan hanyalah hasilnya, seperti sudah dijalaskan di atas.

Pembahasan Soal Penawaran

Pada saat harga Rp60,00 per unit, jumlah penawarannya 20 unit. Dan jika harga Rp80,00 per unit, jumlah penawarannya 30 unit. Tentukan fungsi penawaran!

Penyelesaian

Diketahui:

P1 = 60 Q1 = 20

P2 = 80 Q2 = 30

Masukin ke rumus, jadinya kaya di bawah ini

 Menghitung Fungsi penawaran 1

Nah, sekarang kamu kali silang pembilang dan penyebutnya. 20 kamu kalikan dengan Q dan (– 20), sedangkan 10 kamu kalikan dengan P dan (– 60), jadinya seperti di bawah ini

 Menghitung Fungsi penawaran 2

Pindahkan (– 600) ke ruas sebelah kanan agar menjadi positif

 Menghitung Fungsi penawaran 3

Terakhir, sebelum hasil, kamu pindah ruaskan angka 10 di depan P sehingga menjadi penyebut. Kemudian kamu bagi pembilang dan penyebutnya

 Menghitung Fungsi penawaran 4

Jadi, fungsi penawarannya adalah P = 2Q + 20

Nah itu dia Squad rumus fungsi dalam menghitung permintaan dan penawaran. Biar kamu makin paham, kamu bisa melakukan tanya jawab dengan guru ekonomi ruangguru lewat ruanglesonline. di sana gak cuma ada guru ekonomi, tapi kamu bisa bertanya mata pelajaran lain pula dengan guru yang pastinya kredibel dan asyik!

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas X Ekonomi X

Beri Komentar