Pengertian Fungsi Permintaan dan Penawaran | Ekonomi kelas 10

Seno Aji Mei 17, 2018 • 6 min read


ekonomi kelas 10 fungsi penawaran dan permintaan

Artikel ini membahas tentang fungsi permintaan dan penawaran dalam mata pelajaran Ekonomi kelas X

--

Setelah kamu mempelajari faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang, sekarang kita akan mempelajari bagaimana hal tersebut bisa terjadi melalui sebuah fungsi.

Kita telah mengetahui dalam hukum ekonomi, jika harga naik - ceteris paribus - maka permintaan akan turun, dan jika harga turun - ceteris paribus - maka permintaan akan naik. Kamu tahu nggak apa sih ceteris paribus itu? Nah ceteris paribus itu, dalam ilmu ekonomi sering digunakan sebagai asumsi untuk menyederhanakan berbagai macam formula serta deskripsi dari berbagai anggapan ekonomi.

 

Fungsi Permintaan

Nah hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa diketahui melalui fungsi permintaan dan penawaran. Sebenarnya jika kamu melihat kembali hukum dalam ekonomi, fungsi ini akan menunjukkan bahwa harga barang dengan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Contohnya begini, misalnya ada platform online shop yang lagi flash sale ditambah gratis ongkir, pasti kamu bakal memesan barang sebanyak-banyaknya mumpung murah ‘kan.

Maka dari itu, bentuk fungsi permintaan secara umum adalah seperti ini.

fungsi-permintaan-dan-penawaranBentuk Fungsi Permintaan

 

Fungsi Penawaran

Jika kamu adalah penjual/pedagang, maka pada saat harga sebuah barang naik, maka kamu akan berusaha menjual barang tersebut secara banyak untuk mendapatkan keuntungan. Sementara jika harga turun, maka kamu akan malas menjual sebuah barang karena tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Jadi bisa diketahui, bahwa hubungan antara harga dan barang pada fungsi penawaran selalu berbanding lurus. Nah, penawaran ini adalah banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen dalam jangka waktu tertentu. Hubungan antara banyaknya barang yang ditawarkan dan harga dapat dilihat melalui fungsi umum berikut ini.

Nah itu kan di atas adalah bentuk umum fungsi permintaan, sekarang jika kamu ingin mencari sebuah persamaan kurva permintaan dan menentukan fungsi permintaan, maka rumusnya adalah seperti ini.

fungsi-penawaran-dan-permintaanBentuk Fungsi Penawaran

 

Mencari Persamaan Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran

Kak, maksud fungsi di atas apa sih? Jadi gini, teman-teman. Fungsi yang sebelumnya dijelaskan itu adalah bentuk umumnya saja, sementara untuk mencari fungsi tersebut, kamu harus memakai rumus lain.

Bingung? Saya juga. Hehe. Tenang, tenang, Ruangguru sudah rangkum rumus persamaan fungsi ini dengan sangat mudah. Yuk, lihat di bawah ini.

rumus fungsi penawaran dan permintaanRumus untuk menentukan fungsi permintaan dan penawaran

Rumusnya sudah, sekarang waktunya latihan soal. Lanjooot!

 

Soal dan Pembahasan Fungsi Permintaan

Jika harga barang Rp60,00 per unit, maka jumlah permintaan 20 unit. Dan jika harga barang Rp40,00 per unit, maka jumlah permintaan 30 unit. Tentukan persamaan fungsi permintaan!

Penyelesaian

Diketahui:

P1 = 60         Q1 = 20

P2 = 40         Q2 = 30

Nah, setelah ini teman-teman bisa pakai rumus

    persamaan permintaan

Menghitung Fungsi permintaan 1

 

 

 

 

 

   KALI SILAK

 Menghitung Fungsi permintaan 2

    pindah_positif

Menghitung Fungsi permintaan 3

 pindah_penyebut

       Menghitung Fungsi permintaan 4

Sehingga menjadi

 Menghitung Fungsi permintaan 5

Selesai deh! Lalu kita tahu fungsi permintaannya adalah P = 100 – 2Q.

Cara tersebut berlaku juga untuk fungsi penawaran. Tinggal masukin, masukin, masukin, lalu hitung, hitung, hitung, dan voila! Jadi deh. Nah, Ruangguru mau tantang kamu nih nyelesain soal fungsi penawaran di bawah ini. Yang berhasil, hadiahnya akan dikirim lewat mimpi ya...

 

Soal Fungsi Penawaran

Pak Bahrun adalah seorang pedagang jamu penumbuh rambut alami. Pada saat pasar ramai, ia menjual jamunya dengan harga Rp60,00 per unit, dan jumlah yang ditawarkan adalah 20 unit. Dan jika Pak Bahrun menjual dengan harga Rp80,00 per unit,danjumlah penawarannya 30 unit. Tentukan fungsi penawaran!

 

Yang sudah tahu jawabannya, yuk drop di kolom komentar

Buat teman-teman yang masih butuh penjelasan rumus fungsi dalam menghitung permintaan dan penawaran, kamu bisa melakukan tanya jawab dengan guru ekonomi ruangguru lewat ruanglesonline. di sana gak cuma ada guru ekonomi, tapi kamu bisa bertanya mata pelajaran lain pula dengan guru yang pastinya kredibel dan asyik!

New Call-to-action

Beri Komentar