Games Edukasi Terbaru untuk Perkembangan Otak

Rabia Edra

Mar 5, 2019 • 5 min read

parenting


games sains

Sains teknologi atau di dunia internasional dikenal dengan STEM yang merupakan akronim dari science, technology, engineering, dan mathematics, selama beberapa tahun terakhir menjadi fokus bagi pegiat pendidikan. Tidak hanya di kurikulum sekolah, tetapi kini juga untuk minat ekstrakurikuler, bahkan mainan anak di rumah. Nah Smart Parents, coba dicek kira-kira ada nggak sih jenis permainan yang melibatkan STEM di rumah Anda? Eh, terus kalau ada memang untuk apa? Gini, games edukasi anak ini kenyataannya dapat mengasah kreativitas otak, lho! Juga, dapat menarik minat mereka pada dunia sains dan teknologi di masa depan. Hmm, siapa orang tua yang nggak tertarik dengan prospek ini?

So, berikut daftar 5 permainan yang bisa jadi rekomendasi bagi para orang tua cerdas untuk mengajak anaknya bermain!

  • Educational Robot

Si robot pintar (Sumber: youtube.com)

Robot pintar elektrik yang tidak hanya menggemaskan dari segi bentuk dan warna, namun juga mampu melakukan 'komunikasi' pada anak. Model robot seperti ini dapat menjadi teman anak bermain untuk mengasah kemampuan berpikirnya, karena Cozmo akan memandang dunia dari perspektifnya sendiri. Mainan jenis seperti cocok bagi anak usia 8 tahun yang sedang mulai mengeksplor minatnya terhadap sesuatu barang. Tampilannya begitu nyata seperti robot yang sering kita lihat di film.

Selain itu, robot edukasi ini juga bisa mengajak anak untuk melakukan games coding dengan cara mengunduh aplikasi gratisnya di Google Play atau App Store. Mengoperasikannya tidak akan sesulit yang dibayangkan, lihat saja seperti yang ditampilkan pada video di atas. Robot ini juga dibuat dengan daya tahan yang cukup lama karena dapat diisi dayanya kembali. dan aman.

  • Osmo Genius

Mainan interaktif (Sumber: amazon.com)

Dipadukan dengan sebuah iPad, maka OSMO akan menjadi sistem permainan dua arah antara grafis layar dan objek fisik. Lebih jauh lagi, nggak hanya sebagai aplikasi yang terintegrasi satu sama lain dan mainan yang interaktif, aplikasi OSMO akan menantang anak dengan puzzle yang akan mereka satukan dengan tangan. Seperti halnya mengumpulkan kata, angka, dan dapat menggambar yang kemudian hasilnya langsung terlihat di layar. Mainan yang masuk dalam Amazon top choice STEM toys 2019  ini diperuntukkan bagi anak usia balita sampai kelas 6 SD. 

Lalu apa saja sih fungsi dari permainan seperti ini? Ternyata selain dapat membuat huruf dna angka terkesan tidak menakutkan bagi anak, OSMO juga meningkatkan kemampuan berpikir secara visual, pemecahan masalah, dan menggambar kreatif. Menarik juga ya, Smart Parents?

  • Electronic Music 

Games edukasi permainan musik (Sumber: yotube.com)

Anak Anda senang bermain musik? Salah satu pilihan yang tepat untuk terus mengasah minatnya adalah dengan permainan elektronik musik. Selain dinobatkan sebagai games edukasi, mainan ini juga bisa disesuaikan pengaturannya dengan keinginan anak dalam memproduksi musik. Paling penting, elektronik musik sangatlah menyenangkan! Anak-anak dapat mengubah paduan musiknya menjadi instrumen lagu.

Jenis musik yang dapat dikembangkan juga beragam, seperti suara keytar atau air drums. Ada lebih dari 12 aktivitas musik yang dapat dilakukan pada mainan ini seperti sensor teknologi, keyboard, speaker, stiker, dan lain sebagainya. Elektronik musik cocok bagi anak usia 8 tahun ke atas. 

  • Kano Computer

Komputer yang dapat dirakit siapapun (Sumber: amazon)

Rakit komputer, pelajari coding, dan bermainlah. Anak-anak akan senang menemukan bagaimana permainan ini bekerja secara keseluruhan. Terdapat lebih dari 100 macam cara coding dengan langkah-langkah dan disertai tantangan yang kreatif.  Mulai dari seni, games dan musik, bahkan dapat memahami bagaimana cara meretas Minecraft (perusahaan games digital seperti The Sims). Komputer jenis Kano dapat digunakan oleh berbagai rentang usia seperti pemula sampai para profesional yang sudah terbiasa dalam dunia teknologi.  Namun sebagai awalan, usia 6 tahun sangat direkomendasikan untuk mulai mempelajarinya.  

Dengan sistem pengoperasian yang unik dan juga memiliki 100+ aplikasi, diserta cahaya LED dan wireless keyboardKano sudah digunakan di lebih dari 2000 sekolah dan klub coding. Menarik sekali ya?

  • Sirkuit elektrik 

Membuat sirkuit menyenangkan (Sumber: amazon.com)

Circuit Maze dapat dimainkan baik oleh perempuan maupun laki-laki, mulai usia 8 tahun. Dengan menggunakan sirkuit yang nyata dan terdiri dari beberapa potongan, games edukasi ini menawarkan pengalaman anak untuk ditantang dengan 60 rintangan yang akan terus meningkat, dari kelas pemula sampai ahli. Instruksi permainan ini sangatlah mudah dan juga dapat mengembangkan kemampuan logika, spasial, perencanaan yang baik agar sirkuit dan elektriknya dapat bekerja dengan baik.

Seru sekali ya, Smart Parents penemuan games edukasi di tahun ini. Nah, selain daftar kelima permainan tersebut, Ruangguru juga punya peluncuran layanan baru yaitu ruangbelajar for desktop yang dilengkapi dengan ribuan video belajar beranimasi dan latihan topik soal lengkap! Bagi kamu yang sudah memiliki akun Ruangguru, tinggal download saja dan nikmati belajar dengan lebih nyaman.

ruangbelajar for desktop

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Recent Posts