Perbedaan Gelombang Transversal dan Longitudinal | Fisika Kelas 8

Zara Larasati Sep 28, 2018 • 3 min read


perbedaan gelombang transversal dan longitudinal

Artikel IPA kelas VIII ini akan membahas tentang perbedaan antara gelombang transversal dan longitudinal

--

Squad, tahukah kamu tentang gelombang suara? Iya, gelombang suara. Di mana gelombang ini bertugas menghantarkan suara dari sumber suara ke telinga kita lho. Nah, gelombang suara ini merupakan salah satu contoh dari penerapan gelombang.

Hmm, gelombang?

Gelombang merupakan getaran yang merambat, yang membawa energi selama perambatannya. Nah, berdasarkan arah rambatannya, gelombang ini dibagi menjadi 2, yaitu gelombang transversal dan longitudinal. Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan dari kedua gelombang itu lho. Yuk check this out!

Gelombang Transversal

Gelombang yang pertama adalah gelombang transversal. Gelombang ini merupakan gelombang yang arah getar partikel medium perantaranya tegak lurus terhadap arah gelombang. Hmm, bingung ya?

Sederhananya, gelombang transversal itu merupakan gelombang yang bergerak tegak lurus terhadap arah energi. Nah, jika energi yang ditransfer dari arah kiri ke kanan, maka gelombang tersebut akan bergerak naik dan turun dari arah kiri ke arah kanan.

 gambar gelombang transveral

 

Seperti yang kamu lihat pada gambar, gelombang ini disusun atas bukit dan lembah. Di mana pada gelombang ini, panjang satu gelombangnya dinyatakan dalam 1 bukit dan 1 lembah.

Baca juga: Memahami Perbedaan Getaran dan Gelombang

Beberapa contoh dari penerapan gelombang transversal ini adalah gelombang cahaya, gelombang pada tali, dan gelombang pada permukaan air.

Gelombang Longitudinal

Nah, selanjutnya adalah gelombang longitudinal. Berbeda dengan transversal, gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah getar partikel medium perantaranya sejajar atau berhimpit dengan arah rambatannya.

 Maksudnya tuh Squad, gelombang ini memiliki arah getar yang sejajar dengan arah rambatannya. Mulai pusing? Bingung?

 gambar gelombang longitudinal

 

Tuh, bentuknya berbeda, kan, dengan gelombang transversal sebelumnya. Bentuk longitudinal ini agak unik. Dia melingkar-melingkar dengan susunan rapatan dan regangan.

Lucu ya bentuknya. Nah, untuk perhitungan panjang satu gelombang longitudinal ini dinyatakan dalam satu rapatan dan regangan ya Squad!

 Terakhir nih, contoh dari penerapan gelombang longitudinal ini adalah gelombang suara, gelombang plasma, dan gelombang slinki (pegas).

Jadi, perbedaan antara gelombang transversal dan longitudinal itu banyak ya? Mulai dari perbedaan jenis arah rambatannya, perbedaan bentuk gelombangnya, hingga penerapan gelombang ini dalam kehidupan sehari-hari itu beda ya. 

Wah, gimana Squad? Udah mulai paham, kan, tentang perbedaan gelombang transversal dan longitudinal? Pastinya udah dong. Supaya kamu makin paham dengan materi-materi lainnya dan bisa jawab PR sekolah yang seambrek banyaknya. Yuk coba ikut ruanglesonline. Di sini kamu bisa tanya-tanya loh sama kakak-kakak tutor tentang penyelesaian PR kamu.

 New Call-to-action

Beri Komentar