Geografi Kelas 10 | 5 Lembaga Penyedia dan Pemanfaatan Data Geologi

data geologi

Artikel Geografi kelas X ini akan membahas lembaga penyedia dan pemanfaatan data geologi yang ada di Indonesia.

--


Bersyukurlah jika di daerah kamu sedang turun hujan. Hujan merupakan berkah dari Tuhan untuk makhluk hidup yang ada di bumi. Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, kita sudah bisa tahu tuh hujan akan turun hujan hari ini atau tidak. Banyak kok informasi berita atau aplikasi di smartphone kamu yang bisa memprediksi cuaca. Tapi, tahu nggak kamu kalau prediksi cuaca itu dilakukan oleh lembaga penyedia dan pemanfaatan data geologi?

Dalam berita-berita yang sering kamu lihat di televisi pasti ada kalimat seperti ini, “Berikut informasi perkiraan cuaca dari BMKG”. Pernah denger kan kalimat seperti itu? Kalian tahu nggak apa itu BMKG? BMKG itu salah satu lembaga penyedia dan pemanfaatan data geologi Squad. Selain BMKG, ada LAPAN, BIG, BAPPENAS, dan Badan Geologi. Nah, dalam artikel kali ini kita akan bahas satu per satu ya.

lembaga penyedia dan pemanfaatan data geologi - cuaca

Contoh perkiraan cuaca dari BMKG (sumber: infobandung.co.id)

1. LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)

Ada yang tahu apa itu LAPAN? Angka setelah tujuh? itu mah DELAPAN. Beda jauh ya Squad. LAPAN merupakan lembaga pemerintah di luar lingkup kementerian yang langsung bertanggung jawab kepada presiden. LAPAN memiliki tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan. Selain itu, LAPAN juga melaksanakan penyelenggaraan bidang keantariksaan sesuai dengan aturan undang-undang.

Data geologi sangat bermanfaat bagi LAPAN, untuk melakukan hal-hal berikut ini:

- penyusunan kebijakan nasional di bidang antariksa dan atmosfer;

- teknologi penerbangan; dan

- pengembangan sistem di bidang penginderaan jauh.

Baca Juga: Manfaat Tanah dan Bagaimana Cara Menjaganya

2. BIG (Badan Informasi Geospasial)

BIG ini bukan “besar” ya artinya. Sama dengan Lapan, BIG merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang langsung bertanggungjawab dengan presiden. BIG memiliki tugas untuk memberikan informasi geospasial dasar yang meliputi pengumpulan data, pengolahan data, penyimpanan hingga penggunaan informasi data geospasial. Yups, data geologi itu termasuk data geospasial juga, Squad. Adanya data geologi itu membuat BIG bisa melakukan inventarisasi potensi kekayaan sumber daya alam negara.

3. BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)

Namanya juga perencanaan pembangunan nasional, ya pastinya memiliki tugas di bidang perencanaan dan pembangunan nasional. BAPPENAS berfungsi sebagai pengakaji, perumus, dan pengoordinasian pembangunan nasional yang meliputi:

- strategi pembangunan nasional;

- arah kebijakan sektoral;

- lintas sektor dan wilayah;

- kerangka ekonomi makro nasional dan regional;

- analisis investasi proyek infrastruktur;

- kerangka regulasi;

- kelembagaan dan pendanaan; serta

- evaluasi dan pengendalian pembangunan nasional.

lembaga penyedia dan pemanfaatan data geologi - bappenas

Gedung BAPPENAS yang berada di Jakarta. (sumber: tempo.co) 

4. Badan Geologi

Badan Geologi masih berada di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Perlu kamu ketahui nih Squad, Badan Geologi ini menjadi sumber informasi dan pusat penelitian bidang geologi. Nah, data-data geologi yang ada bisa didapatkan dari Badan Geologi. Ada pun tugas-tugas dari badan geologi antara lain:

- melaksanakan penelitian dan pelayanan di bidang geologi;

- penyusunan kebijakan teknis geologi;

- penyusunan rencana dan program penelitian; dan

- pemantauan serta evaluasi pelaksanaan penelitian di bidang geologi.

5. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

BMKG pastinya nggak asing dong? Yaps, lembaga pemerintah nonkementerian ini memiliki tugas seperti menginformasikan kondisi cuaca, menginformasikan kejadian gempa bumi, dan memberikan informasi tentang potensi tsunami yang kemungkinan akan terjadi. Data geologi menjadi penting bagi BMKG karena bisa dijadikan sebagai acuan adanya potensi perubahan-perubahan yang terjadi di bumi.

Nah, sekarang coba jawab soal latihan berikut ini ya untuk memastikan pemahaman kamu tentang lembaga yang menjadi penyedia dan pemanfaatan data geologi di Indonesia.

data geologi

Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar ya Squad dan berikan juga alasannya. Itu tadi penjelasan tentang berbagai macam lembaga yang memanfaatkan data geologi. Mau lebih tahu tentang lembaga-lembaga tersebut? Tanya langsung dengan guru privat favorit kamu di ruangles ya. Ada ribuan guru privat terbaik yang siap membantu kamu dalam belajar. Pilih guru favorit kamu sekarang juga!

 ruangles

Beri Komentar