Langkah-langkah Penelitian Geografi | Geografi Kelas 10

langkah penelitian geografi

Artikel Geografi kelas X ini akan menjelaskan langkah-langkah penelitian Geografi.

Kamu jangan tiba-tiba ingin meneliti dampak dari fenomena alam, misalnya gunung meletus, dengan kesuburan lahan pertanian setelah fenomena tersebut terjadi. Ya iya lah, kalau kamu ingin meneliti tapi nggak ada panduannya ya bakalan sia-sia dan cuma buang tenaga aja sih. Maka dari itu, perlu ada langkah-langkah penelitian geografi.

“Emangnya geografi juga meneliti tentang aspek sosial?”

Iya. Ada fenomena fisik (berkaitan dengan alam) dan fenomena sosial (berkaitan dengan manusia). Tapiiii….sebelum ngelakuin itu semua, kamu harus belajar tahapan atau langkah dari proses penelitian itu sendiri. Apa saja ya langkah-langkahnya?

 

Merumuskan Pertanyaan Penelitian

Bagian ini menjadi bagian yang nggak bisa terpisahkan seperti Dilan dan Milea. Kenapa? Penelitian yang berkualitas itu ditentukan oleh kualitas pertanyaan yang diajukan. Kayak gini deh, kamu mau beli Handphone, pasti lihat casingnya dulu kan, tampilannya dulu gitu. Kalau bagus, wah pasti bagus juga nih kekuatan Handphone itu buat main Tiktok (tapi udah diblokir), main PUBG, atau mobile legend.

Ada beberapa syarat yang bisa menjadi acuan kualitas dari pertanyaan penelitian

1. Adanya data atau informasi untuk menjawab

2. Data dapat diperoleh melalui metode ilmiah

3. Memenuhi syarat orisinalitas

4. Memberi manfaat teoritik bagi ilmu pengetahuan

5. Menyangkut isu hangat

6. Perlu pemecahan segera, tapi jawabannya belum diketahui masyarakat luas

7. Masalah diajukan

 

Pengumpulan dan Pengolahan Data 

Namanya kan penelitian ya jadi harus ada data. Data harus didapat kemudian diolah sesuai dengan tujuannya. Kegiatan pengumpulan data itu mencari data di lapangan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan dan masalah penelitian. Lalu, kegiatan mengolah data ialah proses manupulasi data ke bentuk yang lebih informatif.
 
pengumpulan dan pengolahan data
 

Baca Juga: Pendekatan Penelitian atau Objek Studi Geografi: Manakah Lebih Penting?

 

Analisis Data Penelitian 

Setelah semua data kamu dapetin nih, kamu bisa lakuin analisis data geografis. Apa sih analisis data geografis itu? Analisis data penelitian geografis merupakan proses penyelidikan suatu fenomena untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Data yang sudah didapat kemudian diolah dan dikaji kelayakannya. Ada empat macam bentuk analisis data geografis. Apa saja bentuknya?

1. Analisis Kualitatif

Analisis kualitatif mengarah pada deskripsi fenomena geosfer. Baik di bidang geografi disik atau geografi sosial. Pada bidang geografi fisik dijelaskan gejala bersifat fisik seperti proses terjadinya georis, perubahan pola aliran sungai. Kalau bidang geografi sosial lebih menekankan pada fenomena sosial seperi penyebab terjadi perpindahan penduduk.

2. Analisis Kuantitatif

Analisis kuantitatif ini merupakan analisis yang memecahkan masalah dengan tiga metode yakni berupa analisis keruangan, analisis ekologi, dan analisis kompleks wilayah. Metode tersebut dikatakan memiliki sifat kuantitatif karena data yang didapatkan dalam penelitian sudah terukur dan memiliki nilai.

3. Analisis Penginderaan Jauh

Manfaat dari analisis ini ialah bisa melihat gambaran bentuk permukaan bumi dan informasi-informasi tentang aneka objek yang ada di dalamnya. Lebih hebatnya lagi nih Squad, kita bisa tahu lho kondisi suatu daerah penelitian tanpa melakukan kontak secara langsung.

4. Analisis SIG (Sistem Informasi Geografis)

Tahu Sistem Informasi Geografis (insert link SIG) kan? Nah SIG itu sendiri merupakan sistem analisis dari data geografi yang berbasis komputer. Manfaat SIG ini bisa menunjukkan lokasi hasil penelitian yang dilakukan lho Squad.

 

Membuat Laporan Penelitian 

Analisis data? Sudah selesai. Sekarang saatnya membuat la

poran penelitian. Bisa kan ya? Gampang kok. Laporan penelitian kan cuma terbagi menjadi bagian utama, pembuka, isi, penutup.

Nah, yang akan diinfokan disini ialah anggota dari masing-masing bagian tadi.

Bagian pembuka terdiri dari:

a. halaman judul penelitian;

b. halaman pengesahan;

c. kata pengantar;

d. abstrak;

e. daftar isi;

f. daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

Bagian isi terdiri dari:

a. bab I Pendahulan;

b. bab II Tinjauan Pustaka;

c. bab III Metode Penelitian; dan

d. bab IV Pembahasan.

Bagian Penutup terdiri dari:

a. bab V Simpulan dan Saran;

b. Daftar Pustaka; dan

c. Lampiran.

langkah penelitian geografi

Gimana nih Squad penjelasan tentang langkah-langkah penelitian geografi? Menurut kamu sudah lengkap belum? Kalau kamu rasa belum lengkap, yuk tonton penjelasan materi ini dengan video belajar beranimasi di ruangbelajar. Lebih lengkap penjelasannya, ada soal plus pembahasannya juga lho.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Tedy Rizkha Heryansyah