Lembaga Penyedia dan Pemanfaatan Data Hidrologi di Indonesia | Geografi Kelas 10

lembaga penyedia data hidrologi - header

Artikel Geografi kelas X kali ini akan membahas dua lembaga penyedia dan pemanfaatan data hidrologi di Indonesia. Dua lembaga tersebut ialah Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) dan Pusat Penelitian Oseanografi. Dengan Ruangguru, #30MenitBisa

---

Kita semua sepakat bahwa air menjadi salah satu unsur kehidupan yang penting bagi makhluk hidup. Berbicara tentang air, salah satu cabang ilmu yang menjadi kan air sebagai objek kajiannya ialah hidrologi. Nah, di Indonesia itu ada dua lembaga yang menyajikan dan memanfaatkan data hidrologi. Apa saja dua lembaga tersebut?

Balai pengelolaan daerah aliran sungai (BPDAS)

Berbicara tentang daerah aliran sungai, pastinya nggak lepas dari sebuah organisasi yang mengelola daerah aliran sungai dong? Nah, BPDAS atau Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai itulah yang ditugaskan untuk melakukan penyusunan rencana pengelolaan daerah aliran sungai dan evaluasi pengelolaan daerah aliran sungai.

Apa sih daerah aliran sungai itu?

Daerah aliran sungai (DAS) merupakan daerah yang pembatasnya itu punggung dari sebuah gunung. Jadi, pas hujan turun di daerah tersebut tuh akan ditampung punggung gunung dan dialirkan lewat sungai-sungai kecil dan masuk ke sungai utama.

Kembali ke BPDAS ya Squad…

Nah, pengelolaan DAS itu tanggung jawab pemerintah dan masyarakat ya. Jangan melimpahkan tanggung jawab ke pemerintah saja, Squad. Pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membentuk Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Peraturan Sosial

 

tugas utama bpdas

 BPDAS juga memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. penyusunan rencana pengelolaan daerah aliran sungai;

2. penyusunan dan penyajian informasi daerah aliran sungai;

3. pengembangan model daerah aliran sungai;

4. pengembangan lembaga dan kemitraan pengelolaan daerah aliran sungai;

5. pemantauan dan evaluasi pengelolaan daerah aliran sungai; dan

6. pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

 

Kenapa sih daerah aliran sungai perlu dikelola?

Pengelolaan DAS merupakan bentuk hubungan timbal balik antar sumber daya alam seperti tanah, air, dan vegetasi dengan sumber daya manusia di sepanjang DAS. Adanya BPDAS ini secara nggak langsung membantu mempercepat tujuan dari pengelolaan DAS.

Baca Juga: 5 Lembaga Penyedia dan Pemanfaatan Data Geologi

Secara garis besar, ruang lingkup kegiatan dari BPDAS ialah sebagai berikut:

1. penatagunaan lahan dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa serta kelestarian lingkungan;

2. melakukan konservasi sumber daya air yang bertujuan menekan daya produksi air dengan optimalisasi penggunaan lahan; dan

3. pemberdayaan masyarakat dan pengembangan BPDAS itu sendiri.

 

Sebenarnya, masih ada beberapa kegiatan dalam pengelolaan daerah aliran sungai. Penasaran pengen tahu lebih banyak? Coba lihat di ruangbelajar deh. Penjelasannya lebih menarik karena ada animasi-animasi yang keren. Dijamin kamu makin paham.

Nah, sekarang kita masuk ke lembaga yang kedua ya.

Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI

Pusat penelitian ini dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Tujuan lembaga penelitian ini didirikan ialah untuk melakukan penelitian kelautan dan menggali sumber daya biota laut yang memiliki nilai ekonomi.

Pusat Penelitian Oseanografi LIPI memiliki tiga ciri utama dalam melakukan riset. Pertama, mendorong penemuan ilmua yang nantikan memberikan wawasan baru tentang disiplin Oseanografi. Kamu yang penasaran dengan hal-hal terkait kesamudraan bisa nih belajar tentang oseanografi.

Ciri yang kedua ialah memberikan pemahaman tentang proses fisi dan biokemis ekosistem laut. Contoh dari ciri ini ialah memberikan informasi tentang dampak pengasaman laut. Pengasaman laut terjadi karena perubahan iklim, polusi, pembangunan daerah pesisir, hingga pencemaran dari pupuk-pupuk kimia yang terbawa hingga ke laut.

bahaya pengasaman laut

Ciri yang ketiga dari riset penelitian oseanografi ialah meningkatkan penerapan ilmu pengetahuan Oseanografi dalam upaya pemanfaatan sumber daya laut secara aman dan berkelanjutan. Kalau kamu orang yang sering mengonsumsi obat-obatan herbal, pasti nggak asing mendengar kata “teripang”.

Ya,teripang atau timun laut memiliki manfaat bagi tubuh seperti mempercepat penyembuhan luka hingga menghentikan pendarahan bagi wanita yang baru saja melakukan proses persalinan.

Saat ini, olahan teripang sudah bisa dikonsumsi dalam sajian kapsul atau pun cairan seperti sirup. Hal ini menjadi bukti bahwa penelitian oseanografi dapat memberikan andil dalam melakukan pemanfaatan sumber daya laut secara aman.

lembaga penyedia data hidrologi - teripang

Nah, itu tadi Squad pembahasan tentang beberapa lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data hidrologi di Indonesia. Kamu mau bergabung dengan lembaga-lembaga tersebut? Jawabannya yakni rajin belajar dan jangan pernah putus asa. Semangat Squad!

ruangbelajar

Beri Komentar