Geografi Kelas 10 | Mengenal BMKG, Lembaga Penyedia Data Cuaca dan Iklim di Indonesia

Geografi_10

Artikel Geografi kelas XII ini akan membahas tentang BKMG, lembaga yang menjadi penyedia data cuaca dan iklim di Indonesia.

---

Suatu pagi Rogu ini berangkat menuju rumah temannya yang lokasinya lumayan jauh dari rumah Rogu. Ibu Rogu sudah berulang kali bilang pada Rogu, “Rogu, kamu bawa payung nanti sore kalau hujan kamu nggak bisa pulang loh”

Apa jawaban dari Rogu? Dengan santai Rogu menjawab, “Ah mana mungkin hujan, orang panas begini kok, Bu”

Lalu apa yang terjadi? Benar saja yang diucapkan ibunya Rogu. Sore itu setelah kerja kelompok selesai, hujan turun. Rogu menyesal tidak mendengarkan kata ibunya. Ibunya menelepon Rogu, “Kamu pasti sekarang bener nggak bisa pulang kan karena hujan? Kan sudah ibu bilang tadi pagi”

“Iya, Bu. Kok ibu bisa tahu sih kalau sore bakal turun hujan?”

“Ibu tadi melihat prakiraan cuaca dari BMKG kalau sore akan turun hujan”

Squad tahu nggak BMKG apa? Kenapa bisa memprediksi cuaca? Apakah BMKG itu peramal yang bisa memprediksi segala sesuatu?

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ini merupakan lembaga pemerintah non-departemen (LPND) yang pimpinannya merupakan seorang Kepala Badan. Kantor yang berupsat di Jl. Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat ini memberikan informasi cuaca, iklim, gempa bumi, dan kemungkinan adanya potensi tsunami. Peran BMKG sangat penting bagi dunia pelayaran dan penerbangan. Ini dikarenakan pelayaran dan penerbangan juga sangat bergantung pada kondisi cuaca alam.

lembaga penyedia dan dan informasi cuaca - sejarah bmkg

Naht, dalam artikel kali ini kita sama-sama akan membahas tentang BMKG ini ya Squad. Mulai dari fungsi atau tugasnya serta visi misi BMKG.

separator - tugas-tugas bmkg-1

1. Perumusan Kebijakan Nasional dan Kebijakan Umum

BMKG memiliki tugas untuk merumuskan kebijakan nasional dan kebijakan umum di bidang meterologi, klimatologi, dan geofisika. Yups, artinya BMKG memiliki kewenangan penuh dalam bidang tersebut. Maka dari itu, kebijakan yang diputuskan oleh BMKG memiliki andil yang besar bagi masyarakat.

 

2. Penyampaian Informasi dan Peringatan Dini kepada Instansi serta Masyarakat tentang Bencana karena Faktor Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Di awal paragraf tadi ada ibunya Rogu yang tahu bahwa akan turun hujan karena ada informasi dari BMKG kan? Nah, itu fungsinya BMKG yakni memberikan data dan informasi terkait cuaca dalam hal ini prediksi cuaca ya Squad. Selain itu, fungsinya ialah memberikan informasi tentang peringatan gempa bumi yang bisa langsung diterima oleh masyarakat.

 

lembaga penyedia data dan informasi cuaca - notifikasi bmkg-1

Peringatan dini tentang cuaca di aplikasi BMKG

sumber: inwepo.co

 

3. Penyampaian Informasi kepada Instansi atau Pihak Terkait dan Masyarakat tentang Perubahan Cuaca dan Iklim

Bidang pelayaran dan penerbangan juga bekerjasama dengan BMKG lho, Squad. Yaps, baik kapal laut atau pun pesawat terbang perlu berkoordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca yang akan dilewati dalam pelayaran atau penerbangan. Jika kondisi cuaca tidak mendukung, maka BMKG akan mengeluarkan peringatan kepada instansi terkait.

Baca Juga: 5 Lembaga Penyedia dan Pemanfaatan Data Geologi

 

4. Pelaksanaan Pendidikan Profesional di Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

BMKG salah satu badan yang memiliki sekolah kedinasan. Kalau Kementerian Keungan punya STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), maka BMKG punya STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Sama seperti dengan sekolah kedinasan yang lain, di STMKG diberikan pendidikan profesional di bidang yang diperlukan di BMKG nantinya.

Sebenarnya ada banyak banget fungsi dari BMKG ini. Kalau kamu pengen tahu apa aja sih fungsi BMKG yang lain, kamu bisa cari tahu di ruangbelajar. Ada video penjelasan tentang materi ini lho yang akan membahas fungsi BMKG lebih lengkap. Nah, sekarang kita lanjut yuk ke visi dan misi BMKG.

separator - visi misi bmkg-1

BMKG memiliki visi untuk menjadi lebih handal, tanggap, dan mampi mendukung keselamatan masyarakat. Selain itu, BMKG juga mendukung keberhasilan pembangunan nasional dan berperan aktif di tingkat internasional. Secara lebih rinci, visi BMKG dapat dijabarkan dengan dua poin penting. Pertama, memberikan pelayanan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang handal ialah pelayanan BMKG terhadap penyajian data, informasi pelayanan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang akurat, tepat sasaran, tepat guna, cepat, lengkap, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kedua, tanggap dan mampu dimaksudkan BMKG dapat menangkap dan merumuskan kebutuhan stakeholder akan data, informasi, dan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika serta mampu memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa.

Nah, dalam mewujudkan visi tersebut, BMKG memiliki langkah konkret dalam pelaksanaannya. Yaps, ada empat misi yang telah ditetapkan. Pertama, mengamati dan memahami fenomena meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika. Kedua, menyediakan data, informasi dan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika yang handal dan terpercaya. Ketiga, mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan di bidang meteorologi, klimatologi , kualitas udara dan geofisika, serta yang keempat ialah berpartisipasi aktif dalam kegiatan internasional di Bidang meteorologi, klimatologi , kualitas udara dan geofisika.

 

lembaga penyedia dan dan informasi cuaca - visi misi bmkgItu tadi Squad penjelasan tentang lembaga penyedia data cuaca dan iklim di Indonesia, BMKG. Nah, kira-kira kamu tertarik nggak tuh untuk bekerja di BMKG ketika dewasa nanti? Kalau kami tertarik, maka dari sekarang jangan malas untuk belajar ya Squad!


 ruangbelajar

Beri Komentar