Geografi Kelas 10 | Sejarah Perkembangan Kehidupan di Bumi

Geografi_10

Artikel Geografi kelas X ini akan membahas sejarah perkembangan kehidupan di bumi yang terbagi menjadi lima masa dalam waktu geologi.

---

Gimana ya rasanya punya peliharaan dinosaurus? Apa kamu sewaktu kecil pernah berpikir seperti itu? Kalau kamu ingin punya peliharaan dinosaurus, maka kamu harus kembali ke masa lalu. Tapi, memangnya mau hidup di zaman primitif, rasanya gimana ya? Nah, di artikel ini kita akan coba menjelajahi kehidupan masa lalu tentang sejarah perkembangan kehidupan di bumi. Sudah siap? Yuk kita mulai.

Para ahli merumuskan bahwa perkembangan di bumi dijelaskan menggunakan skala waktu geologi yang disusun menjadi lima masa, apa saja ya?

separator - arkeozoikum

Masa ini terjadi pada 4,5 sampai 2,5 miliar tahun yang lalu dan disebut juga kehidupan purba. Yup, pada masa ini merupakan awal pembentukan batuan kerak bumi yang mulai berkembang menjadi prokontinen. Kalian perlu tahu nih, kalau di masa ini juga terbentuknya hidrosfer dan atmosfer, serta kehidupan primitif di samudra.

Memang ada kehidupan primitif di dalam samudra? Ada dong. Kehidupan ini ditandai dengan munculnya mikroorganisme bakteri dan ganggang tertua yakni Scromatolit dan Cyanobakteria.

separator - paleozoikum

Setelah masa Arkeozoikum, bumi memasuki masa Paleozoikum yang terjadi 590 sampai 250 juta tahun yang lalu. Ada enam zaman yang terjadi pada masa ini yakni Zaman Kambrium, Zaman Ordovisium, Zaman Silur, Zaman Devon, Zaman Karbon Kwali, dan Zaman Perm.

Pada zaman Kambrium, sudah bermunculan hewan invertebrata dengan kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung seperti, koral, molusca, echinodermata, brachiopoda dan artropoda. Di zaman Ordovisium muncul hewan tanpa rahang (Agnathan) dan beberapa jenis hewan bertulang belakang seperti landak laut, bintang laut, dan lili laut. Di zaman ini echinodermata dan brachiopoda mulai menyebar.

agnathan - sejarah perkembangan kehidupan di bumi

 Setelah zaman Ordovisum, masuk ke zaman Silur. Di zaman ini merupakan waktu peralihan kehidupan air ke darat. Mulai ada tumbuhan darat yang muncul seperti tumbuhan paku. Hewan kalajengking raksasa (eurypterid) dan ikan yang memiliki rahang juga sudah mulai berburu dalam laut. Zaman Silur berganti dan memasuki zaman Devon. Di Zaman Devon ini jenis ikan dan tumbuhan di darat berkemgbang secara pesat. Ada juga hewan amfibi yang berkembang dan pindah menuju daratan. Selain itu, di zaman ini serangga muncul untuk pertama kalinya.

Zaman kelima dari masa Paleozoikum ialah Zaman Karbon Kwali. Inget ya Squad, Karbon Kwali ini bukan kuali yang bisa kamu pakai buat masak, atau nama lainnya penggorengan. Di zaman ini muncul reptil dan serangga raksasa. Benua menyatu dan membentuk massa daratan yang disebut Pangea dan iklim di suatu daerah sudah bergantung pada letak geografis dan astronomisnya. Lalu zaman terakhir ialah Zaman Perm di mana pada zaman ini amfibi kurang begitu berperan dan muncul tumbuhan konifer, seperti pohon pinus dan pohon cemara.

kalajengking laut - sejarah perkembangan kehidupan di bumi


separator - mesozoikum

Pada masa ini terbagai menjadi tiga zaman yakni, Zaman Trias, Zaman, Jura, dan Zaman Kapur. Masa Mesozoikum ini terjadi 250 sampai 65 juta tahun yang lalu. Di Zaman Trias, dinosaurus, reptilia laut dan kura-kura berukuran besar pertama kali muncul. Ada reptilia yang menyerupai mamalia pemakan daging mulai berkembang.

Beralih ke Zaman Jura, merupakan zaman di mana dinosaurus berukuran besar menguasai daratan, laut, dan udara. Di zaman ini, Benua Pangea memisahkan diri (Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika, serta Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia). Terakhir, pada masa Mesozoikum ini ialah Zaman Kapur. Pada zaman ini merupakan akhir dari kehidupan binatang-binatang raksasa. Banyak tumbuhan mulai berkembang dalam berbagai bentuk yang berlainan.

Tahukah_Kamu - sejarah perkembangan kehidupan di bumi

Separator_Masa Kenozoikum

Pada masa ini terbagi menjadi dua zaman yakni Zaman Tersier dan Zaman Kwarter. Pada Zaman Tersier yang terjadi 65 sampai 1,5 juta tahun yang lalu dibagi menjadi lima kala yakni Kala Palaeosen (munculnya hewan pemakan rumput), Kala Eosen (punahnya mamalia purba), Kala Oligosen (lautan menyempit), Kala Meosen (padang rumput semakin meluas), dan Kala Pliosen (suhu bumi semakin dingin).

Kemudian masuk pada Zaman Kwarter yang terjadi 1,5 juta tahun yang lalu sampai saat ini terbagi menjadi dua yakni Kala Pleitosen (Zaman Es) dan Kala Holosen. Pada Kala Pleitosen ini iklim di bumi menjadi hangat dan muncul manusia purba. Memasuki Kala Holosen, pada masa ini manusia modern muncul sampai saat ini.

Hmm, banyak juga ya masa dan zaman dari sejarah perkembangan di bumi? Tenang. Ada rumus cepat nih yang bisa kamu pakai Squad.

infografis - sejarah perkembangan kehidupan di bumi

Masih penasaran dengan sejarah perkembangan di bumi? Yuk, cari tahu lewat video belajar beranimasi di ruangbelajar. Ada latihan soal dan pembahasannya secara lengkap lho. Gabung sekarang yuk

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts