Geografi Kelas 11 | Sumber Daya yang Berpengaruh dalam Penyediaan Pangan Nasional

Geografi_11 (2)
 
Pada artikel Geografi kelas 11 kali ini, kamu akan belajar lebih lanjut mengenai sumber daya apa saja yang memiliki pengaruh dalam penyediaan bahan pangan nasional.
--

Squad, siapa di antara kamu yang hobi makan? Biasanya kamu suka kulineran gitu nggak, sih? Nah, berkaitan dengan makanan dan hobi makanmu, kamu sudah pernah dengar tentang penyediaan pangan nasional, belum? Tahukah kamu, ternyata di balik proses penyediaan pangan nasional ini banyak banget faktor-faktor sumber daya lain yang berpengaruh. Sumber daya apa aja sih yang berpengaruh dalam penyediaan pangan nasional? Ada 7 nih. Wah, apa aja, tuh? Yuk, simak di bawah ini! 

Lahan

Sumber Daya Pangan Nasional

Siapa yang suka main ke sawah? (Sumber: Shutter Stock)

Lahan itu apa, sih? Lahan adalah segala jenis sesuatu yang bisa memberikan manfaat di lingkungan fisik. Yang bisa disebut lahan itu antara lain tanah, iklim, relief, hidrologi (air), dan vegetasi (tumbuhan). Sumber daya lahan ini sendiri dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya lahan basah, lahan kering, dan lahan gambut.

Kawasan lahan basah ini biasanya merupakan lahan subur. Oleh karena itu, banyak dari lahan basah ini yang kemudian dibuka lalu dikeringkan. Setelah itu dikonversikan menjadi macam-macam jenis lahan lagi, misalnya persawahan, pertambakan, maupun wilayah transmigrasi.

Lalu, apa bedanya dengan lahan kering? Lahan kering ini membutuhkan air, meskipun dalam jumlah terbatas. Banyak lahan kering yang bergantung pada curah hujan untuk memenuhi kebutuhan airnya. Meskipun demikian, lahan kering juga berpotensi untuk dikembangkan supaya bisa menjadi lahan yang produktif, kok. Contoh pemanfaatan lahan kering antara lain sebagai tempat menanam palawija dan sayur-sayuran. Lalu, lahan gambut itu yang seperti apa, sih? Lahan gambut itu mengandung bahan organik tinggi, tapi nggak bisa dijadikan lahan pertanian yang layak, nih. 

Air

Sumber Daya dan Penyediaan Pangan Nasional

Wah, sumber air sudah dekat! (Sumber: Shutter Stock)

Squad, tahukah kamu, untuk menjaga stabilitas pertumbuhan tanaman, terutama tanaman bahan pokok, dibutuhkan yang namanya irigasi. Penggunaan sistem irigasi ini peru diatur lebih lanjut supaya efektif dan efisien. Masalah yang dihadapi bidang irigasi ini biasanya terbatasnya kesediaan air karena banyak penebangan hutan liar, sehingga debit aliran air sungainya mengalami penurunan. Oleh karena itu, perlu ada upaya reboisasi hutan dan konservasi lahan. 

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia dalam penyediaan bahan pangan berperan dalam pengolahan pertanian. Contohnya antara lain tenaga kerja yang bisa ditugaskan untuk mengolah sawah, pemeliharaan tanaman, proses panen, atau pasca panen. Akan tetapi, tingkat pendidikan dan keterampilan petani di Indonesia masih rendah. Upaya untuk meningkatkannya bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan dan keterampilan, khususnya di bidang pemeliharaan dan peningkatan produksi pertanian. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Flora Fauna Indonesia?

Teknologi

Sumber daya teknologi merupakan salah satu sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pangan. Meskipun demikian, masih ada beberapa permasalahan yang terkait dengan sumber daya teknologi tersebut, misalnya sistem alih teknologi yang belum maksimal, penggunaan media informasi pertanian yang belum luas, dan pemanfaatan teknologi informasi yang belum didapat oleh petani itu sendiri. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah ini antara lain dengan memberikan penyuluhan dan bimbingan mengenai teknologi pertanian kepada semua pihak yang berpotensi terkait dengan program ini. 

Kelembagaan

Tahukah kamu, Kementerian Pertanian sudah mengembangkan organisasi kelompok petani, lho. Organisasi tersebut dikembangkan melalui Peraturan Menteri Pertanian No.273/KPTS/OT.164/4/007, tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani. Kelompok ini dibina secara intensif supaya kemampuan kelompok ini bisa meningkat. Dengan meningkatnya kamampuan kelompok petani tersebut, kelompok petaninya diharapkan bisa menjadi tempat belajar, kerjasama, produksi, dan berkegiatan bisnis.

Budaya

Kamu merasa nggak sih, kalau orang Indonesia itu harus makan nasi? Karena pola konsumsi orang Indonesia ini berat di konsumsi beras, sepertinya harus mulai dikombinasikan nih dengan makanan lain seperti jagung, sagu, ketela, dan ubi. Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan penyuluhan pilihan makanan lain yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kalau kamu, suka makan apa selain nasi? 

Modal

Sumber Daya dan penyediaan Pangan Nasional

Jangan lupa rencanakan anggarannya, ya! (Sumber: Shutter Stock)

Apa yang biasanya terlintas di pikiranmu ketika kamu mendengar kata modal? Biasanya kamu akan teringat dengan uang, nggak sih? Nah, untuk menyediakan bahan pangan, mereka juga membutuhkan modal nih. Modalnya nggak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga dalam bentuk barang, misalnya mesin untuk mengolah lahan pertanian. Kira-kira, apa lagi, ya modal yang bisa diberikan untuk meningkatkan produksi pangan nasional? Yuk, tulis di kolom komentar! 

Bagaimana Squad, kamu sudah lebih paham kan mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyediaan pangan nasional? Kalau kamu mau belajar lebih lanjut lagi, kuy belajar bersama teman-teman seluruh Indonesia pakai Ruangguru digitalbotcamp! Kamu bisa belajar hanya melalui group chat dengan tutor standby, lho. Kuy, ikutan belajar sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar