Grammar101: Yuk Perbaiki Bahasa Inggrismu!

Ruangguru Jul 1, 2016 • 7 min read


Masih kesulitan dalam berbahasa Inggris? Memang bahasa-bahasa asing itu tidak mudah dipelajari, apalagi kalau sudah berurusan dengan grammar. Pasti banyak hal yang masih membuat kamu bingung dan garuk-garuk kepala karenanya. Oleh sebab itu, Ruangguru sudah menyiapkan beberapa tips untuk membantu kamu menguasai grammar Bahasa Inggris. Keep scrolling :)

grammar

“I just need to get some stuffs out of my car.”

Ketika kamu melihat kalimat ini, apakah kamu menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh? Jika ya, berarti kamu benar. Jika tidak, mungkin kamu sudah pernah menggunakan kalimat yang mirip. Penggunaan kata stuffs dalam kalimat ini salah, teman-teman. Kira-kira kenapa ya?

grammar

Stuff adalah sebuah kata yang terlihat seperti singular noun, namun sebenarnya memliki arti yang plural. Arti kata stuff sudah berarti suatu kelompok sesuatu. So, tidak perlu di-plural-kan lagi dengan menambahkan huruf ‘s’ di belakangnya. Jadi, bentuk kalimat sebelumnya dengan grammar yang tepat adalah:

“I just need to get some stuff out of my car.”

Namun, kata stuffs juga memiliki arti lho, yaitu ‘mengisi sesuatu’ dalam 3rd person present tense. Contoh dari kalimat yang menggunakan kata stuffs secara tepat adalah:

“When cooking Thanksgiving dinner, mom always stuffs the turkey while I chop the vegetables.”

grammar

Stuff bukanlah satu-satunya kata yang memiliki karakteristik unik seperti ini. Kata fish juga terlihat seperti singular noun namun juga dapat berarti beberapa ikan. Di sisi lain, kata fishes berarti beberapa ikan dari beberapa spesies yang berbeda. Sebagai contoh, jika kamu pergi menyelam dan melihat ikan-ikan dengan spesies yang sama, kamu seharusnya mengatakan “I saw a lot of fish today!”. Tapi, jika kamu kamu melihat banyak ikan dari spesies yang berbeda, kamu seharusnya mengatakan “I saw a lot of different fishes today!”.

Sebagai kata kerja, fishes juga dapat berarti ‘menangkap ikan’ dalam 3rd person present tense. Contoh dari penggunaan fishes dengan pengertian ini adalah: “The fisherman always fishes during the summer.”

grammar

Kesalahan yang juga sering dialami banyak orang dalam berbahasa Inggris adalah menyangkut perihal waktu dan tanggal. Salah satu contoh  yang juga dianggap membingungkan bagi banyak orang adalah:

Apakah penulisan yang benar adalah ‘in June 28th’ atau ‘on June 28th’?

grammar

Jawaban yang benar adalah ‘on June 28th’. Mengapa? Karena preposisi on digunakan untuk merincikan hari atau tanggal yang spesifik.

Kalau begitu, in kapan digunakan?

In justru digunakan saat membicarakan waktu yang tidak spesifik dalam suatu hari, bulan, musim, atau tahun. Sebagai contoh, penggunaan yang benar adalah ‘in the morning’, ‘in June’, ‘in summer/the summer’, dan ‘in 2016’.

Hal penting yang harus diingat adalah ketika ingin menjelaskan waktu yang spesifik, kamu seharusnya menggunakan kata at. Sebagai contoh, jika kamu ingin membuat rencana untuk bertemu dengan seseorang di waktu yang spesifik, kamu harus menggunakan at. Contoh kalimat adalah sebagai berikut:

“Meet me at 12:00 PM tomorrow.”

grammar

Ada tiga adverb populer di dalam Bahasa Inggris yang pada dasarnya berarti sebagai tambahan, seperti also, too dan as well. Namun, ketiga adverb ini beda-beda penggunaannya.

grammar

Also

Also adalah sebuah kata yang dapat diletakkan di tiga bagian yang berbeda dalam sebuah kalimat: di depan, di tengah, dan di belakang. Di bagian depan sebuah kalimat, also digunakan untuk menambahkan informasi terhadap suatu topik di kalimat sebelumnya. Contohnya adalah:

“It’s very cloudy outside. Also, the weather is very cold.”

Di bagian tengah sebuah kalimat, also digunakan di antara sebuah subyek dan kata kerja utama. Sebuah contoh dari penggunaan ini adalah:

“She is a very kind person, but she also gets irritated very easily.”

Also juga dapat digunakan setelah bentuk kata be sebagai kata kerja utama. Contohnya:

“Sarah is a devoted mother, and she is also a successful businesswoman.”

Too

Too merupakan kata yang paling tidak formal di antara ketiga kata ini. Kamu mungkin sering mendengarkan kata ini dalam kalimat-kalimat seperti “I like that too” atau “I’ve been there too.” Namun, too tidak dibatasi untuk hanya digunakan di akhir kalimat seperti kalimat-kalimat sebelumnya. Too juga dapat digunakan setelah sebuah subyek. Sebagai contoh, selain mengatakan “I like that too”, kamu juga dapat mengatakan “I too like that.”. Mungkin  akan terdengar aneh jika kamu belum terbiasa. Namun, ini adalah penggunaan kata too yang benar juga.

Selain itu, too dapat digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang berlebihan. Kamu mungkin banyak mendengarkan penggunaan too seperti ini dalam kalimat seperti “that’s too much” dan sebagainya.

As well

Nah, kalau as well adalah sebuah kata yang aturan penggunaannya lebih simple dibandingkan kedua kata lain. Adverb ini biasa digunakan pada akhir kalimat. Contoh:

A: “I’ll have the steak please!”

B: “Is there anything else you’d like?”

A: “I think I’ll have the salad as well.”

Ini adalah aturan-aturan grammar simple yang masih digunakan secara tidak benar oleh banyak orang. Tidak hanya orang-orang yang masih mempelajari Bahasa Inggris, namun native speaker juga sering membuat kesalahan-kesalahan yang sama.

Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu agar lebih mengerti ya. Kamu punya hal-hal lain dalam Bahasa Inggris yang masih membingungkan? Boleh banget lho ditanya di sini. (AG/TN)

Beri Komentar