Grand Launching idMenulis di Acara Science and Technology Index (SINTA Award) 2019

Naya Dini

Sep 24, 2019 • 3 min read

Sukses Kerja


 

RK_-_Grand_Launching_idMenulis-01Artikel ini merupakan rilis berita peresmian idMenulis di acara SINTA Awards 2019 oleh ristekdikti di JCC, Senayan.

--

Jakarta - Program hasil kerja sama ruangkerja dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, idMenulis, telah diresmikan pada acara Science Technology and Index (SINTA Award) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan (12/09).

Perhelatan SINTA Award merupakan upaya pemerintah dalam mengapresiasi para peneliti dan akademisi dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal. Pada acara yang berlangsung selama empat hari ini dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti launching program unggulan ristekdikti, salah satu program unggulan tersebut ialah idMenulis.

idMenulis

Bapak Menteri Mohammad Nasir meresmikan pembukaan acara (Dok: Ristekdikti)

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam sambutannya berharap agar ajang ini dapat memotivasi para peneliti untuk lebih giat menghasilkan publikasi. Bahkan perlahan diharapkan dapat menghilangkan ketergantungan terhadap penggunaan sistem pengindeks publikasi dari luar negeri.

Mohamad Nasir juga menambahkan bahwa jumlah mahasiswa dan dosen di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah publikasi yang dihasilkan, hal ini merupakan salah satu tantangan yang dimiliki oleh Indonesia. “Penelitian anak negeri kurang dikenal di tingkat dunia, antara lain diakibatkan rendahnya publikasi global para peneliti tersebut,” paparnya.

idMenulis

Yasser dari ruangkerja bersama dengan Direktur Pengembangan Teknologi Industri, Dr.Eng. Hotmatua Daulay, M.Eng., B.Eng. memperkenalkan program pelatihan idMenulis (Dok: ristekdikti)

Untuk menjawab tantangan tersebut, digagas lah program idMenulis di dalam aplikasi ruangkerja, sebuah aplikasi pelatihan berbasis mobile untuk perusahaan dan lembaga yang dapat diakses secara gratis oleh masyarakat Indonesia. Mohamad Yasser Syaiful, Business Development ruangkerja menjelaskan bahwa program ini berisikan tutorial dan pendampingan dalam melakukan publikasi ilmiah oleh ristekdikti. Ia mengatakan sangat senang dengan antusiasme para akademisi Indonesia yang ditandai dengan terus bertambahnya peserta kelas idMenulis sejak dirilis pertama kali melalui soft launching di Bali.

Baca juga: Program Pelatihan Menulis Publikasi Ilmiah, idMenulis: Terobosan Baru Kemenristekdikti dan ruangkerja

idMenulisSosialisasi cara ikut kelas idMenulis di aplikasi ruangkerja (Dok: ruangkerja)

Tidak hanya memperkenalkan, tim ruangkerja juga menjelaskan langsung bagaimana caranya bergabung dengan kelas idMenulis di aplikasi ruangkerja. Ade Satriya, Government Solution and Partnership ruangkerja memberikan step-by-step cara mengunduh ruangkerja melalui App Store dan/atau Play Store hingga cara untuk bergabung ke dalam kelas idMenulis.

idMenulis

Para pemenang SINTA Awards 2019 (Dok: ristekdikti)

Selain launching program unggulan seperti idMenulis, diadakan pula pemberian penghargaan SINTA Award untuk 5 pemenang dengan beragam kategori dari mulai individu hingga lembaga atas publikasi yang dibuat selama satu tahun belakangan. Dengan diadakannya program-program unggulan dan pemberian awards tersebut, para akademisi diharapkan akan semakin semangat dalam menciptakan publikasi yang berkualitas dan terakreditasi nasional hingga bereputasi internasional.

 

Tentang ruangkerja

Aplikasi ruangkerja adalah platform pelatihan online untuk perusahaan, mahasiswa, dan profesional yang dikemas secara menarik dengan menggunakan metode journey-based learning. Lengkap dengan kombinasi video beranimasi, kuis, infografik, dan artikel. Inisiatif ini merupakan langkah awal Ruangguru untuk memfasilitasi lifelong learning di Indonesia—khususnya dalam menjembatani gap dari pendidikan formal dan dunia kerja.

Ruangguru sendiri telah didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

Beri Komentar

Recent Posts