H-1 UTBK 2019! Yuk, Perhatikan Kembali Hal-hal Ini!

Shabrina Alfari

Apr 12, 2019 • 5 min read

sbmptn Siap kuliah


UTBK 2019

Artikel ini memberikan informasi lengkap seputar pelaksanaan UTBK 2019, mulai dari tata tertib hingga tata cara pengerjaan soal

--

Squad, besok UTBK Gelombang I 2019 mulai dilaksanakan. UTBK menjadi salah satu syarat bagi kamu lulusan SMA sederajat tahun 2017, 2018, dan 2019 yang berniat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Nah, sebelum kamu mengikuti ujian besok, sebaiknya perhatikan kembali hal-hal berikut ini agar kamu lebih siap dalam mengerjakan ujian.

1. Cek pelaksanaan ujian (tanggal dan jam)

UTBK 2019Perhatikan waktu pelaksaan ujian (Sumber: instagram.com/sekresbmptn)

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, para peserta dapat mengecek di kartu ujian untuk mengetahui sesi tes. Apakah itu sesi pagi (mulai pukul 07.30) atau sesi siang (mulai pukul 12.30). Kamu juga harus mengetahui lokasi ujian masing-masing agar bisa melakukan pengecekan lokasi satu hari sebelum tanggal pelaksanaan ujian. Hal ini akan memudahkan kamu guna memperkirakan waktu tempuh, transportasi yang akan digunakan, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga harus teliti terhadap berbagai petunjuk yang tertera di kartu ujian, misalnya barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa saat ujian.

Baca juga: Perhatikan! Ini Daftar Pusat UTBK PTN 2019 beserta Kodenya

2. Jangan sampai salah memilih jenis tes

Jika mau daftar di jurusan Akuntansi, bisa nggak sih pakai nilai UTBK Saintek? Tentu saja tidak bisa ya Squad. Nilai UTBK Saintek bisa kamu gunakan untuk mendaftar jurusan Saintek. Begitu pula dengan nilai UTBK Soshum hanya bisa digunakan untuk mendaftar jurusan Soshum. So, jangan sampai salah mengambil jenis tes ya. Walaupun kamu dari IPA dan ingin mengambil Akuntansi, kamu tetap harus mempunyai nilai UTBK Soshum.

3. Perhatikan perlengkapan yang harus dibawa saat UTBK 2019

UTBK 2019Contoh kartu peserta UTBK 2019 (Sumber: sbmptnplus.com)

Saat kamu telah selesai melakukan pendaftaran maka kamu diharuskan untuk mencetak kartu peserta. Pada Kartu Tanda Peserta UTBK terdapat syarat yang harus dibawa saat ujian. Berikut adalah perlengkapan yang harus kamu bawa saat UTBK dilaksanakan:

  • Kartu Tanda Peserta yang telah dicetak
  • Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau Surat Keterangan duduk di kelas 12 asli yang ditandatangani Kepala Sekolah, serta berisi nama siswa, NISN, NPSN, dan pasfoto terbaru (tiga bulan terakhir)

4. Menggunakan pakaian sopan

Squad, kamu dilarang mengenakan kaos oblong atau T-Shirt saat datang ke tempat UTBK. Pakaian diharuskan bebas rapi dan kalau bisa mengenakan kemeja. Peserta harus menggunakan sepatu. Jika kamu ingin memakai jeans, maka usahakan yang tidak terlalu nyentrik dan tetap bisa terlihat rapi.

5. Datang 30 menit sebelum ujian dimulai dan tidak boleh membawa alat bantu ke dalam ruang ujian

Kamu harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alasan apapun lebih dari 30 menit sejak waktu tes dimulai, kamu TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian. Wah, jangan sampai terjadi ya. Kamu tidak diperbolehkan masuk ke ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.

Kamu juga tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi, seperti telepon seluler, jam tangan (arloji), kamera, modem dan sebagainya. Panitia akan menggeledah jika dianggap ada sesuatu hal yang mencurigakan.

Setelah masuk ke ruang ujian, kamu harus meletakkan Kartu Tanda Peserta Ujian dengan foto menghadap ke atas. Bila kehilangan kartu, maka kamu harus segera melaporkannya kepada Pengawas Ujian.

UTBK 2019Peserta UTBK starter pack (Sumber: instagram.com/ruangguru)

6. Kamu hanya bisa mengerjakan soal secara acak/kembali ke soal dalam 1 sub-tes (mata pelajaran)

Squad, banyak yang bertanya nih, apakah dalam tes UTBK nanti bisa mengerjakan soal secara acak atau kembali ke soal sebelumnya? Jawabannya adalah bisa, asalkan kamu masih mengerjakan soal dalam 1 sub-tes (mata pelajaran) yang sama. Misalnya kamu sedang mengerjakan sub tes Matematika. Kamu bisa mengerjakan nomor 1-5, kemudian lompat ke nomor 10 dan nanti bisa kembali ke nomor 6 selagi waktu masih tersedia.

Bagaimana jika kamu sudah selesai mengerjakan Matematika, masih ada waktu, dan ingin kembali mengoreksi mata pelajaran Fisika? Kamu tidak dapat kembali ke sub-tes atau mata pelajaran lain jika kamu sudah mulai/sedang ada di sub-tes mata pelajaran lainnya. Ingat, semua sub-tes sudah diberikan masing-masing alokasi waktu.

7. Perhatikan tata cara pengerjaan soal

UTBK 2019Perhatikan tata cara pengerjaan soal (Sumber: palontaraq.com)

Squad, perhatikan tata cara pengerjaan soal UTBK berikut:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai ujian adalah memasukkan Nomor Peserta dan PIN setelah memilih menu MULAI UJIAN. PIN ujian akan diberikan kepada peserta oleh Pengawas Ujian sesaat sebelum ujian dimulai.
  2. Cek kesesuaian identitas yang tampil di layar perangkat dan klik pernyataan SETUJU sebelum memulai ujian.
  3. Kamu bisa menjawab butir soal dengan cara memilih/mengklik opsi jawaban menggunakan mouse. Kamu dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar. Jawaban kamu akan otomatis terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.
  4. Kamu dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada daftar soal di sisi kiri layar monitor. Soal-soal yang belum dijawab akan ditandai dengan bulatan warna merah dan soal-soal yang sudah dikerjakan akan ditandai dengan bulatan warna hijau.
  5. Aplikasi UTBK akan berhenti secara otomatis saat waktu tes berakhir dan peserta akan otomatis dianggap sudah logout.

Ingat! Jangan percaya terhadap oknum mana pun yang menjanjikan dapat membantu menaikkan nilai ujianmu, atau bahkan memastikan kamu bisa diterima di PTN tertentu ya Squad. Yakinlah dan percaya diri untuk mengerjakan sendiri. So, terus persiapkan dirimu dengan latihan soal UTBK SBMPTN 2019 di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts