Hadapi Persaingan di Kelas dengan Lima Cara Ini!

Ruangguru writer Sep 23, 2016 • 3 min read


Pernah nggak sih kamu merasa harus mendapat peringkat lebih baik dari teman-temanmu di kelas? Atau mungkin kamu pernah berlomba untuk menjadi yang terbaik di kelas? Persaingan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari hidup kita. Seperti uang, persaingan juga memiliki dua sisi; positif dan negatif. Kalau tidak disikapi dengan baik, kamu bisa-bisa merasa stres dan tertekan karenanya. Mau tahu gimana cara menghadapi persaingan dengan teman sekelas agar menimbulkan efek positif buatmu? Baca terus sampai selesai ya!

#1. Kenali potensi dan kelemahanmu

 

Kenali kelemahanmu
Foto: isigood.com

 

Tidak ada manusia yang diciptakan dengan segala kelebihan. Kamu mungkin tidak terlalu pandai pelajaran matematika, tapi kamu jago bahasa Inggris. Dengan memahami bidang apa yang paling kamu kuasai, kamu jadi tahu dimana harus memaksimalkan prestasi. Pastikan kamu selalu memberikan kemampuan terbaikmu di mata pelajaran tersebut, baik saat mengerjakan tugas maupun saat ulangan. Dengan begitu, kamu bisa mendapat nilai yang nyaris, atau bahkan sempurna! Selanjutnya, kamu perlu meningkatkan pemahaman di bidang yang kurang kamu kuasai. Kamu bisa meminta bantuan dari orang yang lebih paham, salah satunya dengan ikut les.

#2. Percaya Diri

 

Percaya diri Foto: collegecandy.com

 

Ini merupakan hal yang paling penting supaya kamu terhindar dari tekanan persaingan di kelas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, semua orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan merasa 'minder' kalau ada orang yang lebih pintar dari kamu di suatu pelajaran. Kamu harus yakin bahwa kamu juga punya bakat dan prestasi yang bisa dibanggakan. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa rasa percaya diri akan memengaruhi prestasi belajar seseorang, lho. Jadi, pupuklah rasa percaya diri dalam diri kamu.

#3. Jadikan persaingan sebagai motivasi

 

Jadikan persaingan sebagai motivasi Foto: okdiario.com

 

Menang atau kalah dalam sebuah persaingan merupakan hal biasa. Jadi, kamu tidak perlu terlalu fokus pada kedua hal tersebut. Hindari rajin belajar dengan niat untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari temanmu. Kamu akan merasa lebih tertekan dengan niat seperti itu. Yang penting adalah menjadikan persaingan sebagai hal yang memotivasi kamu untuk memahami pelajaran secara mendalam.  Menjadi peringkat pertama atau bukan, yang penting kamu sudah melakukan yang terbaik. Tanpa disadari kamu bisa meraih peringkat tinggi di kelas.

#4. Jaga hubungan pertemanan

 

Best friends hanging out in the park Foto: royalneighbors.org

 

Meskipun bersaing dalam hal akademis, kamu tidak boleh lupa bahwa pesaingmu adalah teman-temanmu sendiri. Setidaknya selama tujuh jam dalam sehari kamu bertemu dengan mereka. Jangan sampai kalian menjadi musuh dan saling iri. Kamu tetap harus bersikap baik kepada mereka. Dengan menjaga hubungan pertemanan, kamu akan terhindar dari rasa iri jika seseorang memperoleh hasil yang lebih bagus. Sebagai teman yang baik, kamu tentunya akan turut berbahagia atas keberhasilannya.

#5. Ubah mindset dari persaingan menjadi kolaborasi

 

Diskusi kelompok Foto: preicfesmontilla.com

 

Siapa bilang kamu dan teman-teman sekelasmu tidak bisa berprestasi secara bersamaan? Daripada bersaing, kamu bisa lho berkolaborasi dengan teman-temanmu. Sukses ramai-ramai tentunya lebih menyenangkan daripada sendirian. Kalian bisa berkolaborasi dengan cara belajar dan berdiskusi bersama. Dengan berdiskusi, ilmu yang didapat bisa semakin luas. Kamu dan teman-temanmu juga bisa saling berbagi ilmu yang masing-masing kalian kuasai. Melalui kolaborasi, kamu sekaligus melatih kemampuan team work yang akan dibutuhkan di masa depanmu nanti.

Semoga tips di atas bisa membantu kamu dalam menghadapi persaingan di kelasmu ya! Kalau kamu punya tips lainnya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar. (AZN/KA)

Beri Komentar