Hadir di Forum Edukasi Dunia (GESF) Dubai, Iman Usman Berbagi Gagasan Penggunaan Teknologi Pendidikan di Indonesia

Ruangguru

Mar 28, 2019 • 3 min read

Siaran Pers & Event


Iman Usman di GESF Dubai

Jakarta, 28 Maret 2019. Pada tanggal 22-24 Maret 2019, di Dubai, Uni Emirat Arab, berlangsung acara tahunan Global Education and Skills Forum (GESF). Acara ini adalah acara yang mempertemukan organisasi-organisasi pendidikan terkemuka di dunia. Sedikitnya ada 50 perwakilan organisasi pendidikan terkemuka di dunia yang hadir dalam acara ini.

Nah, GESF juga menghadirkan pembicara-pembicara berpengalaman, mulai dari sektor bisnis, keuangan, pemerintah, kebijakan publik, akademisi, filantropi, dan juga jurnalisme untuk membahas berbagai masalah di bidang pendidikan yang paling mendesak, serta berbagi pengalaman dan keahlian mereka.

Untuk perwakilan dari Indonesia, Iman Usman selaku CPO (Chief of Product and Partnership Officer) sekaligus pendiri Ruangguru, diundang sebagai pembicara pada acara tersebut. Kebetulan, Ka Iman menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang dipercaya untuk menceritakan dan membagikan gagasannya tentang kondisi pendidikan di berbagai negara, khususnya Indonesia saat ini.

Pelaku industri pendidikan dan teknologi Eliza Erikson dan Erin Simmons dari Omidyar Network, memberikan pemaparan dari laporan “Scaling Access and Impact: Realizing the Power of EdTech”. Dalam paparan dan laporannya, Eliza dan Erin menunjukkan faktor-faktor penunjang akses pendidikan serta pembangunan ekosistem EdTech di berbagai negara, salah satunya Indonesia yang diwakili oleh Iman sebagai narasumber.

Ada hal yang menarik dari laporan yang disampaikan oleh Eliza dan Erin. Eliza dan Erin ternyata juga menyoroti perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia yang sangat pesat. Salah satu pendukung dalam pertumbuhan tersebut adalah dengan hadirnya Ruangguru sebagai pemain kunci di sektor pendidikan tanah air. Saat ini Ruangguru telah berkembang menjadi perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 12 juta pengguna yang terdaftar.

Laporan tersebut menyoroti bagaimana teknologi dan konten belajar yang disediakan Ruangguru berupa video belajar, kuis, dan persiapan ujian telah berhasil mempermudah akses terhadap pendidikan berkualitas di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sesi tersebut, Iman berbagi pengalamannya tentang sejumlah tantangan bagi pertumbuhan ekosistem EdTech di Indonesia.

Foto 4

CPO Ruangguru Iman Usman menjadi pembicara GESF di Dubai (Sumber: dok. Ruangguru)

Secara khusus, di antaranya membahas adanya celah pada adopsi teknologi di kalangan orang tua serta akses terhadap pembayaran digital yang masih terbatas. Di sisi lain, Iman juga menyampaikan sejumlah studi kasus dari beberapa inisiatif pemerintah dalam mendorong penyetaraan akses, seperti: Kartu Indonesia Pintar dan Program Palapa Ring.

Ka Iman juga merasa terhormat sudah diundang sebagai pembicara di acara GESF tahun ini. Sehingga, Ia bisa berbagi cerita tentang apa yang sedang Ruangguru kerjakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Di sini saya berbagi cerita bagaimana Ruangguru membangun ekosistem serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, saya juga jadi memiliki perbandingan perkembangan EdTech di negara-negara lain,” kata Iman.

Selain sesi-sesi dari forum tersebut, salah satu dari rangkaian acara GESF adalah penganugerahan Global Teachers Prize 2019. Sebanyak 10 finalis guru-guru terbaik yang berhasil menginspirasi dan membawa perubahan terpilih dari seluruh penjuru dunia, mulai dari yang mengajar di kota hingga ke desa terpencil.

Pemenang Global Teacher Prize 2019 tahun ini berasal dari Kenya, yaitu Peter Tabichi. Rangkaian acara GESF ditutup dengan penampilan spesial dari Hugh Jackman, Rita Ora, Liam Payne, dan Little Mix.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk, download aplikasi Ruangguru di Google Play store atau App store.

***

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan saat ini telah memiliki lebih dari 12 juta pengguna terdaftar. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. Salah satu produk unggulan Ruangguru yaitu ruangbelajarmenawarkan video belajar beranimasi, latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis serta tryout persiapan ujian. Ruangguru saat ini memiliki karyawan kurang lebih 1000 orang dan juga memberikan akses kepada lebih dari 150.000 guru privat. Ruangguru telah dipercaya oleh 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Ruangguru juga menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018.

Beri Komentar

Recent Posts