Hal-hal yang Perlu Squad Ketahui tentang Program Double Degree

Andrea Lidwina

Feb 27, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


program double degree

Artikel ini membahas tentang hal-hal yang perlu diketahui siswa jika ingin mengambil program double degree di perguruan tinggi

--

Squad, pernah dengar tentang program double degree? Program ini merupakan salah satu program pendidikan di perguruan tinggi yang memungkinkan para mahasiswa untuk belajar di dua tempat (di dalam negeri dan luar negeri) dan lulus dengan dua gelar akademis. Umumnya, kamu akan terdaftar di program atau kelas internasional pada suatu perguruan tinggi. Lalu, Squad akan menghabiskan dua tahun berkuliah di perguruan tinggi dalam negeri dan dua tahun lagi belajar di perguruan tinggi luar negeri. Nah, program double degree ini selalu diawasi dan sudah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) lho.

Kalau begitu, gimana ya Squad cara memilih program double degree yang tepat? Yuk, simak tiga tips berikut ini.

1. Menentukan jurusan yang dipilih

Ketika menentukan jurusan yang akan dituju, Squad harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan. Sebab, program double degree memberikan banyak manfaat dan pengalaman sehingga akan sia-sia jika kamu memilih jurusan yang kurang kamu sukai.

2. Mencari tahu perguruan tinggi yang menyediakan program double degree

program double degree

Memilih jurusan yang kamu sukai perlu menjadi prioritas utama ketika memilih program double degree (Sumber: nytimes.com)

Setelah jurusan, kamu perlu mencari tahu perguruan tinggi mana yang menyediakan program double degree untuk jurusan tersebut. Squad juga bisa mencari tahu apa saja yang ditawarkan dalam program itu, seperti waktu kuliah di masing-masing perguruan tinggi, biaya yang dibutuhkan, dan kurikulum yang akan dipelajari.

Selain itu, kamu pun perlu mengumpulkan informasi mengenai negara tempat perguruan tinggi yang kamu tuju berada. Misalnya, bagaimana kultur yang berkembang di sana, di mana kamu akan menetap nantinya, atau berapa biaya hidup rata-rata yang dibutuhkan.

3. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya ketika belajar di luar negeri

Dengan belajar di luar negeri, banyak banget lho Squad pengalaman yang bisa kamu dapatkan! Mulai dari pengalaman di bidang akademis maupun pengembangan diri di bidang lainnya dengan ikut dalam perkumpulan mahasiswa dan kegiatan komunitas. Nah, pengalaman-pengalaman ini pasti akan berguna buat kamu saat memasuki dunia kerja.

Program double degree bisa menjadi pertimbangan kamu nih untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi. Sebab, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan, juga berguna di dunia kerja, dengan berkuliah di dalam negeri sekaligus luar negeri.

1. Memiliki nilai lebih sewaktu melamar kerja

Karena Squad memiliki dua gelar akademis, kamu dianggap menguasai lebih banyak ilmu dan lebih berpengalaman. Jadi, kamu memiliki nilai lebih di mata perusahaan yang mencari karyawan baru.

2. Berkesempatan memperluas kenalan dan jaringan

program double degree

Program double degree bisa membuat kamu memiliki teman dari berbagai negara (Sumber: news.psu.edu)

Kamu bisa mendapat lebih banyak teman dari berbagai negara lho, Squad! Selain itu, kalau kamu aktif di kegiatan-kegiatan kampus, kamu juga bisa memperluas kenalan dan jaringan yang mungkin berguna untuk karier kamu di masa depan.

3. Mengasah kemampuan berbahasa asing

Squad akan belajar dan terbiasa menggunakan bahasa asing saat tinggal di luar negeri, seperti bahasa Inggris dan bahasa lokal yang digunakan di negara tersebut. Nah, hal ini bisa menjadi sebuah kemampuan dan kelebihan buat kamu!

Squad tertarik dengan program double degree? Kamu bisa menemukan program ini di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, dan Universitas Islam Indonesia, walaupun tidak semua jurusan di perguruan tinggi tersebut memiliki program double degree.

Persiapan untuk mengambil program double degree bisa dimulai dengan belajar bahasa Inggris, Squad! Kamu bisa mengakses ruangles, memilih guru bahasa Inggris yang cocok, gurunya akan datang ke rumahmu, dan kamu bisa belajar dengan konsentrasi penuh. Di samping bahasa Inggris, masih banyak guru di bidang dan materi pelajaran lain lho. Ayo daftar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts