5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan di Kelas 12

Shabrina Alfari

Oct 14, 2019 • 5 min read

Siap kuliah


yang harus dilakukan di kelas 12

Artikel ini memberikan tips kepada siswa kelas 12 mengenai hal penting apa saja yang harus dilakukan saat di kelas 12

--

Nggak ada yang namanya keajaiban, semua harus diperjuangkan.”- Kak Belva (CEO dan Pendiri Ruanggru).

Setuju nggak kalo kata-kata kak Belva tadi sangat tepat untuk kamu yang sekarang sudah duduk di kelas 12? Sebagai siswa tingkat akhir, tentu beban serta tanggung jawab kamu semakin besar. Banyak yang harus kamu persiapkan, mulai dari ujian kelulusan hingga seleksi masuk perguruan tinggi. Untuk itu, kamu harus punya perencanaan dan persiapan yang maksimal sebelum menghadapi semua ujian tersebut. Jika kurang maksimal, bisa dipastikan hasilnya pun juga kurang maksimal. Nah agar setiap waktu di kelas 12 ini bisa kamu manfaatkan dengan baik, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan nih. Apa saja?

1. Mantapkan pilihan jurusan

yang harus dilakukan di kelas 12Pilih jurusan dengan bijak (Sumber: popsugarmoney.com)

Sudah tahu mau mengambil jurusan apa? Sebelum memilih, pikirkan matang-matang apa yang menjadi bakat dan minat kamu. Kenali juga di mana kemampuan dan kekurangan kamu. Selain itu, cobalah untuk selaraskan keinginan kamu dan orang tua dengan berdiskusi secara terbuka. Sebab pertimbangan dalam memilih jurusan itu banyak. Mulai dari kemampuan diri, keinginan orang tua, prospek kerja, dan sebagainya.

So, jangan asal atau ikut-ikutan teman dalam menentukan jurusan yang akan menjadi penentu masa depan kamu ya. Kamu nggak mau ‘kan merasa salah jurusan?

Baca juga: 9 Trik Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Nantinya

2. Tentukan kampus impian

yang harus dilakukan di kelas 12Kampus impian (Sumber: globe-views.com)

Selain menentukan jurusan, memilih kampus impian juga nggak kalah penting. Sebagian besar calon mahasiswa masih menjadikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai pilihan utama karena kualitasnya yang dipercaya lebih bagus dan juga cenderung lebih murah. Tak heran, persaingan untuk masuk ke PTN pun jauh lebih ketat dibandingkan PTS. Maka dari itu, persiapan yang harus kamu lakukan pun harus lebih ekstra agar bisa menyisihkan saingan lainnya.

Namun jika kamu nggak lolos ke PTN, jangan berkecil hati ya. Banyak juga lho PTS yang punya kualitas nggak kalah bagus dari PTN. Untuk itu, cari informasi sebanyak-banyaknya ya.

Baca juga: 5 Kiat Jitu Memilih Kampus Biar Sukses di Masa Depan

3. Kurangi kegiatan non-akademis

yang harus dilakukan di kelas 12Kurangi kegiatan non-akademis (Sumber: shutterstock.com)

Punya banyak kegiatan di luar kegiatan akademis? Inilah saatnya kamu mulai mengurangi kegiatan non-akademis seperti OSIS, ekstrakurikuler, kepanitiaan, atau kebiasaan hangout dengan teman-teman. Bukannya hal tersebut tidak baik, tetapi kamu harus lebih fokus dan meluangkan lebih banyak waktu untuk menyiapkan berbagai ujian yang sudah menanti di depan.

Bukan berarti juga kamu tidak boleh mencari hiburan lain selain belajar. Kamu tetapi bisa kok terlibat di berbagai hal yang kamu senangi supaya kamu bisa refreshing dan nggak stres karena terus-menerus belajar. Namun ingat, atur waktumu dengan baik ya.

4. Cicil materi UNBK dan UTBK SBMPTN dari sekarang

yang harus dilakukan di kelas 12Cicil materi ujian dari sekarang (Sumber: fineartamerica.com)

Usaha nggak akan mengkhianati hasil. Percaya deh! Ayo belajar dari sekarang dengan rajin dan rutin untuk menyicil semua materi pelajaran. Sebab di kelas 12 ini kamu nggak hanya akan menghadapi soal-soal dari materi kelas 12, tetapi juga materi kelas 10 dan 11. Jika kamu merasa kesulitan, coba cicil belajar mulai dari materi yang kamu sukai. Lalu, lanjutkan ke materi yang belum dikuasai. Selain menyicil belajar, kamu juga harus lebih rajin berlatih soal-soal ujian. Kamu juga bisa membuat kelompok belajar atau melihat pembahasan serta berlatih soal-soal ujian di ruangbelajar untuk membantu kamu.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Belajar yang Efektif Menurut Penelitian

5. Ikut bimbel online

yang harus dilakukan di kelas 12Bimbel online

Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, biasanya materi pelajaran dari sekolah saja nggak cukup. Kamu membutuhkan sumber belajar lain untuk mendapatkan tambahan materi yang akan memuluskan jalan kamu menuju bangku kuliah. Salah satu pilihannya adalah bergabung dengan bimbingan belajar (bimbel) konvensional atau bimbel online seperti ruangbelajar.

Dengan mengikuti bimbel online di ruangbelajar kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk memperdalam materi atau berlatih soal-soal ujian di mana dan kapan saja. Kamu bisa belajar di sela-sela kegiatanmu, misalnya mengerjakan soal di smartphone saat di kendaraan umum, sebelum tidur, di kantin, dan sebagainya.

Jadikan belajar sebagai kegiatan rutin kamu agar kamu semakin terbiasa untuk mengerjakan soal-soal sulit yang akan kamu hadapi di seleksi masuk perguruan tinggi. Semangat!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts