Apa Saja yang Diujikan dalam TPS Pemahaman Bacaan UTBK 2020?

hal yang diujikan dalam TPS UTBK 2020

Artikel ini menjelaskan tentang poin-poin apa saja yang diujikan dalam soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Pemahaman Bacaan UTBK 2020.

--

Halo! Sudah sejauh mana persiapanmu untuk menghadapi UTBK tahun ini? Setelah pengumuman pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 yang ditunda akibat Covid-19, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya mengumumkan jadwal terbaru untuk UTBK SBMPTN 2020 yang akan dilaksanakan pada 5-12 Juli 2020. Itu tandanya, kurang dari 3 bulan lagi nih waktu kamu untuk mempersiapkan diri. Selain itu, LTMPT juga mengumumkan adanya perubahan materi yang akan diujikan, yaitu hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) saja.

Apa itu Tes Potensi Skolastik (TPS)? Nah, bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa membacanya pada link artikel di bawah ini!

Tes Potensi Skolastik (TPS) dibagi menjadi beberapa subtes, salah satunya adalah tes pemahaman bacaan. Pada tes ini, hal yang akan diujikan adalah kemampuan bahasa kamu. Bagaimana kamu memahami isi bacaan dari suatu teks, dan kemampuan kamu dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hmm… Sepintas terlihat mudah, ya. Tapi, jangan anggap enteng, lho! Kamu perlu mengetahui tips ‘n trick untuk menjawab tipe soal ini agar tidak kehabisan waktu.

Nah, sebelum mengetahui tips and trick dalam menjawab soal-soal TPS Pemahaman Bacaan, kamu perlu tahu dulu nih, apa saja sih poin-poin yang akan diujikan dalam tes ini. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut!

Pada TPS Pemahaman Bacaan, dibagi menjadi dua subtopik, yaitu:

1. Pemahaman Isi Bacaan

memahami bacaan

Pengerjaan soal (Sumber: sciencemag.org)

Soal-soal pada bagian ini akan menguji kamu untuk dapat membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Jadi, soal yang disajikan berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Soal-soal yang muncul biasanya seputar judul bacaan serta kata yang paling tepat untuk melengkapi penggalan kalimat atau paragraf. Misalnya, “Judul yang paling tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah …” atau “Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat ketiga paragraf pertama adalah ...”.

Nah, di sini kita tahu bahwa kemampuan membaca cepat dan fokus adalah hal yang sangat dibutuhkan. Jangan sampai waktumu habis hanya untuk membaca dan memahami satu soal cerita saja, ya.

2. Penalaran Kebahasaan

penalaran kebahasaan

Kamus (Sumber: qureta.com)

Soal-soal pada bagian ini akan menguji kemampuan kamu dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bedanya dengan poin pertama, soal-soal yang muncul biasanya terkait dengan ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, kamu diminta untuk mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau kamu diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.

Contoh soal:

Berbekal data dari National Institutes of Health, data yang salah satunya menyebut skala narsisme mahasiswa pada 2009 meningkat hingga 58% dibanding tahun 1982, kontributor Time Joel Stein menuding generasi milenial sebagai generasi pemalas, tanpa capaian, dan enggan bekerja keras. Menurut Stein, meski didukung ketersediaan beragam fasilitas, milenial lebih menyukai segala hal yang instan dan tidak repot. Bahkan, di balik keinginan untuk mandiri dan dihargai, kelompok yang lahir di rentang 1981-1994 ini masih bergantung kepada orangtua.

Penggunaan kata orangtua dalam paragraf di atas yang telah sesuai dengan KBBI adalah …

A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B. orang tua

C. orang-tua

D. Orang tua

E. Orangtua

Nah, berdasarkan contoh soal di atas, mana kata yang menurutmu benar? Yap, betul sekali! Sesuai dengan KBBI, kata orangtua seharusnya ditulis orang tua. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Salah satu kunci dalam menjawab soal-soal penalaran kebahasaan adalah dengan banyak membaca buku, koran, artikel, novel, dan sebagainya untuk memperkaya kosakata bahasa kamu. Jangan lupa juga untuk terus berlatih soal-soal, ya. Siapa tahu nanti keluar di ujian.

Oke, sekarang kamu jadi ada bayangan kan, kira-kira jenis soal seperti apa yang akan diujikan di TPS Pemahaman Bacaan UTBK 2020 nanti. Semoga, dengan mengetahui poin-poin yang sudah dijelaskan di atas tadi, kamu bisa menentukan strategi yang paling tepat agar skor yang kamu dapatkan bisa maksimal nantinya.

Oh iya, sudah pada tahu belum, nih. Ruangguru menyediakan paket khusus SBMPTN dengan kumpulan video animasi, latihan soal, dan pembahasannya untuk membantu kamu dalam mempersiapkan TPS di UTBK 2020 ini. Selain itu, ada juga situs khusus yang akan selalu update mengenai jadwal, tata cara, latihan soal, dan referensi jurusan. Kamu bisa kunjungi tps.ruangguru.com sekarang!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar