Harapan tentang Pendidikan Terintegrasi di ASEAN

Created by : Anggraeni Puspitasari
on Aug 8, 2018 4:12:26 PM
3 min read

Squad, kamu tahu nggak kalau hari ini merupakan hari jadi ASEAN? ASEAN yang telah berdiri semenjak 51 tahun lalu telah berkembang secara pesat, baik dari sektor ekonomi, pembangunan sumber daya manusia, dan juga pendidikan. Di sektor pendidikan sendiri, ada sebuah rencana tentang menciptakan sistem pendidikan perguruan tinggi yang terintegrasi lho. Keinginan ini terus diharapkan oleh setiap anggota ASEAN. Dalam mewujudkan cita-cita tersebut, ASEAN terus bekerja sama dengan berbagai pihak.

ASEANPemimpin-pemimpin negara ASEAN (sumber: globalnation.inquirer.net)

Pada bulan Oktober mendatang, ASEAN akan melaksanakan pertemuan dalam ASEAN Education Ministers Meeting (ASED) di Myanmar untuk berdiskusi mengenai perkembangan sektor pendidikan. Pertemuan ini juga melibatkan negara India, China, Jepang, Korea Selatan, New Zealand, Rusia, Amerika Serikat serta Australia. Selain itu, ASEAN juga bekerja sama dengan Uni Europa. Kerja sama ini diberi nama SHARE. Kerja sama ini bertujuan untuk menguatkan kerja sama regional, meningkatkan mutu, sifat kompetitif secara global antar negara ASEAN.

ASEAN bertekad untuk meningkatkan mutu pendidikannya dengan membuat sistem pendidikan terintegrasi bagi perguruan tinggi. Pendidikan bagi ASEAN merupakan landasan dalam pembangunan komunitas. Tujuan dari terciptanya sistem pendidikan terintegrasi ini ialah agar para pelajar dapat mengenal dan memahami komunitasnya. Setidaknya terdapat 12 juta pelajar dan 6.500 institusi pendidikan di ASEAN.

Istilah double degree dengan kesempatan berkuliah di beberapa universitas dan negara lain semakin sering kita dengar. Selain itu, kerja sama dengan universitas internasional dari luar region ASEAN juga semakin berkembang. Dalam hal ini, kita kenal dengan istilah “glokal” (global sekaligus lokal). Sebagai contoh, Yale-NUS (National University of Singapore) yang memiliki program Learning Across Boundaries (LAB).

ASEANYale-NUS, Singapura (Sumber: hoahoctro.vn) 

Bagi pelajar ASEAN sendiri, negara Amerika Serikat, Inggris dan Australia masih menjadi tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan mereka. Berdasarkan data UNESCO dalam “Top 20 Countries For International Students”, hanya terdapat 2 negara ASEAN yang terdaftar. Malaysia menempati urutan ke-12 dan Singapura menempati urutan ke-18. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peluang bagi negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Thailand sudah melakukan keterbukaan terhadap akses pendidikan di negaranya. Sejak 2013, Thailand sudah melakukan beberapa perkembangan dalam hal keterbukaan pendidikan bagi mahasiswa dari negara tetangga. Hal ini didasari oleh biaya kehidupan dan pendidikan yang lebih murah dibandingkan dengan negara asal pelajar. Selain itu, keterbukaan masyarakat Thailand yang homogen juga menjadi nilai tambah.

ASEANProgram internasional di Thailand (Sumber: studyinthailand.org)

Sementara itu, Indonesia menawarkan lingkungan yang menyenangkan dan dinamis untuk mahasiswa internasional. Indonesia juga prediksi akan masuk dalam Top 10 Global Economy di masa depan. Beberapa sekolah bisnis dan mahasiswa bisnis Indonesia membuktikan bahwa kemampuan mereka dapat berkompetisi dalam skala internasional. Mahasiswa internasional dapat merasakan seperti apa budaya bisnis di Indonesia dengan peluang untuk memiliki karier internasional.

ASEANProgram Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) FIB UI (Sumber: fib.ui.ac.id)

Nah bagaimana, Squad? Kamu jadi terpikirkan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri nggak nih? Di mana pun kamu nanti akan kuliah, yang terpenting ialah persiapan yang maksimal ya, Squad. Berikan usaha terbaik kamu dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Biar belajar kamu semakin seru, coba deh gabung di ruangbelajar. Banyak banget rangkuman dan latihan soal yang akan membantu kamu memahami materi pelajaran lebih dalam. Selain itu, video animasi belajarnya seru banget lho. Kamu jadi lebih mudah paham deh pokoknya. Ayo gabung sekarang!

New Call-to-action

Tags: Wow ternyata

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read