IPS Kelas 7  | Kenapa Harga Tiket Pesawat dan Kereta Api Jadi Mahal Saat Liburan?

Tedy Heryansyah

Dec 26, 2018 • 4 min read

konsep pelajaran SMP Kelas VII ips vii


kenapa harga tiket jadi mahal saat liburan

Artikel IPS Kelas VII kali ini akan membahas alasan harga tiket pesawat yang jadi mahal saat liburan tiba. Kira-kira kenapa ya?

--

Setelah ambil rapor hasil belajar semester 1 kemarin, apa reaksi orangtua kamu, Squad?

Harusnya sih kamu nggak mendengar ceramah dari mama atau papa kamu sih, ya. Kalau masih mendengar ceramah dari mereka, artinya kamu masih kurang nih baca-baca artikel pelajaran di blog Ruangguru.

Masih ngomongin soal liburan nih Squad, kamu pernah kepikiran nggak kenapa ya harga tiket perjalanan kereta api, pesawat, bahkan bus menjadi mahal dari harga yang biasanya? Misal begini, kamu yang ada di Jakarta mau naik pesawat ke Yogyakarta. Kalau di hari biasa, nggak ada momentum liburan kayak Lebaran dan tahun baru, anggaplah harganya Rp300.000. Nah, saat liburan akhir tahun, tuh tiket harganya bisa melonjak sampai Rp600.000 Squad. Hmmm….kira-kira kenapa bisa gitu ya?

prediksi lonjakan penumpang natal dan tahun baru 2019

“Pihak maskapai cari untung banyak tuh”

“Ngambil kesempatan dalam kesempitan”

Aduh...kalau alasannya yang nomor dua itu kayaknya enggak deh. Penetapan kenaikan tarif pastinya sudah diperhitungkan dan disahkan oleh Kementerian Perhubungan, Squad. Ada yang namanya tarif dasar batas atas dan tarif dasar batas bawah, semacam tarif maksimum dan minimum gitu deh.

Kita nggak akan bahas tentang hal tersebut. Di artikel ini kita akan bahas beberapa alasan melambungnya harga tiket pesawat dan kereta api di musim libur lebaran dan akhir tahun. Simak terus ya Squad.

 

hukum permintaan dan penawaran

Masih ingatkah kamu dengan materi pelajaran tentang permintaan dan penawaran? Kalau kamu sudah langganan ruangbelajar, harusnya paham, deh, tentang permintaan dan penawaran. Lupa? Coba cek videonya lagi dan buat kamu yang belum langganan, yuk langganan sekarang.

Nah, harga tiket baik pesawat maupun kereta api yang melonjak juga ada hubungannya dengan materi pelajaran tersebut Squad. Nggak percaya? Sabar Squad, kita flashback lagi sekilas ya tentang hukum permintaan dan penawaran.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi dan Perkembangan IPTEK

Permintaan itu sendiri merupakan jumlah secara keseluruhan dari barang/jasa yang ingin dibeli konsumen pada berbagai tingkatan harga. Sedangkan penawaran merupakan jumlah keseluruhan barang/jasa yang dijual oleh produsen pada berbagai tingkat harga.

bunyi hukum permintaan dan penawaran 

Nah, dari pengertian di atas bahwa tiket perjalanan itu disediakan pihak maskapai penerbangan atau penyedia jasa kereta api dan dibutuhkan oleh konsumen yakni kamu yang ingin berlibur. Baik dari konsumen dan produsen sama-sama ingin mengambil keuntungan dong? Sebagai calon penumpang, kamu pasti cari harga yang murah, tapi si penjual tiket mau dapat untung banyak. Mau nggak mau ngejual harga tiket tersebut lebih mahal.

Kita ambil contoh deh, kalau misalnya ada sebuah maskapai, sebut saja maskapai A, menawarkan harga tiket penerbangan Jakarta ke Yogyakarta Rp500.000, sedangkan maskapai lain sebut saja maskapai Rogu Airlines menawarkan tiket dengan harga Rp400.000 dengan tujuan yang sama. Kira-kira kamu pilih mana Squad?

 

faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran

Harga tiket pesawat bisa mahal itu ada faktor-faktor yang memengaruhinya lho, Squad. Paling nggak ada beberapa faktor yang menyebabkan tiket pesawat itu jadi mahal saat momen liburan.

Faktor pertama ialah harga barang itu sendiri. Jika harga tiket pesawat semakin murah, maka jumlah permintaan tiket tersebut akan semakin banyak. Yaiyalah...siapa sih yang nggak mau dengan harga murah? Tapi, di sisi produsen nggak mau rugi dong. Mereka akan menawarkan barang dengan jumlah yang lebih banyak. Semakin banyak dibeli, maka semakin laris dagangannya.

Faktor yang kedua ialah prediksi tentang kondisi yang akan datang. Nah, di faktor kedua inilah produsen melihat celah untuk mengambil keuntungan.

“Hmmm... saat liburan pasti banyak yang pengen jalan-jalan. Saatnya aku naikkan harga tiketnya.”

Kira-kira begitulah Squad ucapan penjual tiket pesawat.

faktor yang mempengaruhi mahalnya tiket liburan-1

 

Penyedia tiket pesawat harus pandai meramalkan, nih, kalau di akhir tahun nanti itu bakal ada lonjakan permintaan tiket untuk liburan. Makanya kadang di akhir tahun ada promo-promo tiket murah gitu kan? Tapi tetap aja harganya akan dinaikkan terlebih dahulu baru diberikan potongan harga.

Ada sedikit tips nih biar dapat harga yang murah buat pesan tiket pesawat. Coba deh pesan dari jauh-jauh hari. Biasanya, harga tiket pesawatnya belum melonjak drastis. Kalau sudah kurang satu bulan, jangan berharap banyak dapat tiket pesawat dengan harga murah deh.

Sudah tahu kan sekarang kenapa harga tiket pesawat itu bisa jadi mahal saat liburan? Oke, selamat berlibur ya Squad jangan lupa nanti share cerita liburanmu di kolom komentar ya.

 ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts