Hari Bermain Kartu: 5 Manfaat Bermain Kartu yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Andrea Lidwina

Dec 28, 2018 • 3 min read

Wow ternyata


hari bermain kartu

Selamat Hari Bermain Kartu Internasional! Permainan kartu memiliki hari perayaan sendiri karena ketika Squad bermain kartu bersama teman-teman, bukan hanya kesenangan lho yang bisa kamu dapatkan. Ternyata, banyak manfaat dibaliknya! Hmm, apa saja ya? Yuk, cari tahu 5 manfaat bermain kartu yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Belajar disiplin dan mengikuti aturan yang berlaku

hari bermain kartu

Setiap pemain harus mengikuti aturan yang berlaku sesuai giliran bermain yang telah ditetapkan (Sumber: itsalwaysautumn.com)

Dalam setiap permainan kartu, pasti ada aturan tertentu yang harus diikuti oleh setiap pemainnya. Aturan ini akan membuat permainan kartu terus berjalan dengan baik. Jadi, Squad sebagai salah satu pemainnya perlu memahami dan menjalankan aturan permainan sesuai giliran yang telah ditetapkan. Sebab, jika tidak, kamu bisa bingung dan kesulitan mengikuti jalannya permainan.

Nah, kalau sudah belajar memahami dan mengikuti aturan dalam permainan kartu, maka Squad siap untuk mematuhi aturan-aturan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, tidak terlambat masuk kelas sehabis jam istirahat atau mengerjakan tugas sesuai instruksi guru.

2. Belajar bersikap sportif

Layaknya sebuah permainan, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Jika kamu kalah, maka harus belajar menerima kekalahan dan bersedia melakukan ‘sanksi’ yang diberikan, misalnya mengocok kartu untuk permainan selanjutnya atau mencoreng muka dengan bedak. Lalu, jika kamu menang, maka harus belajar untuk tidak sombong dan menghargai teman-teman lainnya.

Hal ini bisa diterapkan sewaktu Squad memperoleh nilai ulangan. Kalau nilaimu kurang memuaskan, maka tak perlu bersedih hati, belajarlah lebih giat lagi untuk ulangan berikutnya. Kalau nilaimu sudah baik, maka tak perlu dipamerkan kepada teman-teman satu kelas. Kamu bisa lho membantu mereka yang nilainya jelek dengan mengajak belajar bersama.

3. Bisa bersosialisasi dengan pemain lainnya

hari bermain kartu

Permainan kartu membuat setiap pemainnya berkomunikasi dan bersosialisasi (Sumber: safebee.com)

Agar lebih seru, permainan kartu tidak bisa dilakukan seorang diri. Permainan ini membutuhkan banyak orang untuk ikut serta. Mulai dari ayah, ibu, kakak, adik, sampai teman-teman sebaya. Nah, dalam permainan kartu, kamu pasti berkomunikasi dengan pemain-pemain lainnya sehingga bisa mengenal satu sama lain dengan lebih dekat dan mempererat hubungan antar pemain. Menarik ‘kan, Squad? Dari permainan kartu, kamu bisa punya lebih banyak teman!

4. Belajar menganalisis dan mengatur strategi permainan

Jika Squad sudah memahami aturan permainan, maka langkah berikutnya adalah menganalisis jalannya permainan dan membaca langkah-langkah yang dilakukan setiap pemain. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengatur strategi dan langkah yang harus kamu lakukan agar bisa menang di permainan berikutnya.

Manfaat ini juga bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho. Kalau besok kamu akan menghadapi ulangan Matematika, maka kamu harus mengatur strategi agar bisa memperoleh nilai yang baik, seperti menghafalkan rumus dan mengerjakan banyak soal latihan.

5. Mengalihkan perhatian dan aktivitas dengan gadget

hari bermain kartu

Dengan bermain kartu, perhatian dan aktivitas di depan gadget jadi terhenti sejenak (Sumber: austockphoto.com.au)

Saat harus fokus pada permainan kartu (mengikuti aturan dan memperhatikan langkah pemain lainnya), kamu tentu akan lupa dan melepaskan gadget untuk sejenak. Bermain kartu bisa menyegarkan pikiran dan menciptakan interaksi langsung secara dua arah, tidak seperti komunikasi yang terjalin dalam alat elektronik tersebut. Alhasil, saat Squad lepas dari gadget, kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat deh!

Meskipun namanya bermain, tetapi kartu bisa membuat kamu belajar tentang banyak hal ya! Nah, yang perlu diingat, bermain kartu harus tetap diimbangi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya, seperti belajar bersama dengan tutor berpengalaman dan teman-teman dari seluruh Indonesia di Ruangguru digital bootcamp (RGDB). Ayo Squad, daftar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts