Hari Guru: 5 Trik Guru untuk Menangani Siswa dengan Gangguan Diskalkulia

Shabrina Alfari Nov 25, 2018 • 3 min read


Selamat Hari Guru! Bapak/Ibu Guru pernah menghadapi siswa yang sangat sulit untuk memahami pelajaran matematika? Bisa saja siswa mengalami gangguan diskalkulia, lho. Diskalkulia merupakan kesulitan belajar matematika atau mengerjakan soal yang berhubungan dengan hitungan. Anak diskalkulia juga tidak bisa mencerna fenomena yang masih abstrak. Masalah ini dapat dipicu oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah metode pembelajaran yang cenderung konvensional, seperti ceramah dan tugas yang kurang mampu memotivasi siswa. Lalu, apa ya trik yang bisa guru coba untuk menangani siswa diskalkulia? Yuk, kita cari tahu!

1. Berikanlah contoh yang konkrit

hari guruBerikan contoh yang jelas (Sumber: 123rf.com)

Anak dengan diskalkulia akan sangat sulit untuk memahami konsep matematika. Maka, berikanlah gambaran yang jelas terkait konsep materi yang sedang dipelajari. Contoh yang konkrit saat perkenalan materi akan membantu siswa untuk memahami konsep selanjutnya dengan lebih baik. Hal ini juga akan membatu siswa diskalkulia memvisualisasikan konsep. Saat memberikan soal cerita, berikan juga siswa kesempatan untuk membayangkan situasi yang ada di dalam kehidupan sehari-harinya atau gunakan alat yang bisa membantu siswa memvisualisasikan sebuah konsep, bentuk, ataupun pola.

2. Visualisasikan tanda atau simbol

hari guruVisualisasikan tanda atau simbol (Sumber: gettingsmart.com)

Untuk mempermudah proses belajar siswa diskalkulia, Bapak/Ibu Guru dapat membantu mereka memvisualisasikan tanda atau simbol matematika dengan contoh di kehidupan sehari-hari yang lebih sederhana. Misalnya, simbol minus (-) memiliki arti hilang atau pergi, dan simbol plus (+) berarti datang sehingga jumlahnya menjadi lebih banyak. Memvisualisasikan setiap tanda akan sangat membantu siswa diskalkulia dalam proses menghitung. Cara ini akan membuat mereka lebih paham akan arti setiap tanda, serta membuat mereka terhindar dari penggunaan istilah matematika yang rumit.

3. Belajar sambil bermain

hari guruBelajar sambil bermain (Sumber: mathnasium.com)

Matematika kerap kali menjadi pelajaran yang menakutkan bagi siswa diskalkulia. Maka, buatlah pelajaran matematika menjadi hal yang menarik. Misalnya dengan menggunakan permainan seperti flash card, math bingo, pizza fractions, dan lainnya. Ajarkan siswa cara menghitung yang mudah dengan menggunakan jari atau alat peraga lain yang mudah digunakan. Jangan memaksa siswa untuk menghafalkan karena hanya akan memperburuk kondisi belajarnya.

4. Tanamkan kepercayaan diri

hari guruBuat siswa percaya diri (Sumber: ringaraja.net)

Tumbuhkan konsep diri pada siswa diskalkulia bahwa “aku bisa” sesering mungkin. Jangan pernah bandingkan proses belajarnya dengan siswa yang lain. Lakukanlah pembelajaran secara teratur dan bertahap. Jangan terlalu memaksakan atau memberi target khusus pada siswa diskalkulia. Berikan mereka kepercayaan untuk terus mengembangkan diri. Suasana yang positif akan membuat siswa lebih percaya diri dan semangat untuk belajar.

5. Gunakan warna atau animasi menarik

hari guruBuat pelajaran menjadi menyenangkan (Sumber: romper.com)

Gunakan pensil warna yang berbeda untuk menggambarkan setiap masalah. Misalnya menggunakan warna merah untuk tanda minus (-), biru untuk tanda plus (+), pink untuk tanda kali (x), dan seterusnya. Hal ini akan membantu siswa mengartikan simbol dengan lebih baik dan tidak tertukar. Bapak/Ibu juga bisa memakai bantuan animasi menarik di ruangbelajar yang dapat menjelaskan konsep secara visual dan membantu siswa diskalkulia lebih cepat memahami materi.

Tidak ada siswa yang tidak bisa melakukan sesuatu. Mereka pasti memiliki kemampuan dan dapat berkembang. Melalui pendekatan dan cara yang tepat secara bertahap, kesulitan belajar matematika pada siswa atau gangguan diskalkulia pasti akan teratasi dan siswa dapat belajar dengan normal. Mari, bantu mereka melalui video belajar beranimasi di ruangbelajar. Visualisasinya yang menarik, akan membuat belajar matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

ruangbelajar

Beri Komentar