Merayakan Hari Keantariksaan dengan Ikut Malam Langit Gelap

Riza Miftah Muharram

Aug 6, 2019 • 3 min read

Wow ternyata


hari antariksa nasional 2019

Artikel ini akan menjelaskan tentang hari antariksa nasional 2019 dan kegiatan malam langit gelap untuk merayakannya.

--

Squad, listrik di daerah rumah kamu sudah nyala lagi belum? Mati listrik yang berimbas pada matinya lampu saat malam hari memang nyebelin ya. Aktivitas belajar kita jadi terganggu. Tapi, sadarkah kamu saat mati lampu kemarin, bintang-bintang di langit terlihat lebih banyak daripada biasanya?

Hal itu terjadi karena selama ini polusi cahaya telah membuat bintang-bintang jarang terlihat di langit malam. Bagi seseorang yang tinggal di wilayah dengan tingkat polusi cahaya yang minim, misalnya seperti di pedesaan atau di pegunungan, mungkin sudah biasa melihat bintang yang bertaburan di langit malam. Namun, hal itu jelas berbeda dengan orang-orang yang tinggal di perkotaan.

Tingkat polusi cahaya sudah begitu tinggi di area perkotaan, yang berasal dari lampu-lampu jalan, rumah, dan gedung-gedung tinggi sudah mencemari langit malam sehingga nggak gelap lagi.

hari keantariksaan nasional 2019
Bintang-bintang (Sumber: GIPHY)

Nah, Squad, tahukah kamu kalau 6 Agustus ini merupakan Hari Keantariksaan Nasional?

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) lah yang menjadikan setiap tanggal 6 Agustus sebagai Hari Keantariksaan Nasional. Tentu hal ini bukan tanpa sebab, Squad. Tanggal ini dipilih karena pada tahun 2013 silam, Indonesia akhirnya secara resmi memiliki Undang-Undang Keantariksaan. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 itu menjadi payung hukum bagi kegiatan keantariksaan di Indonesia.

Undang-Undang Keantariksaan ini sangat penting bagi suatu negara, lho, Squad. Dengan adanya Undang-Undang Keantariksaan, seluruh kegiatan pengembangan sains dan teknologi antariksa di Indonesia memiliki pondasi yang kuat.

Baca juga: Menilik Sejarah Majunya Teknologi Luar Angkasa

Diharapkan dengan adanya Undang-Undang Keantariksaan ini, ilmu pengetahuan khususnya astronomi bisa berkembang lebih pesat di Indonesia. Negara kita jadi mampu bersaing dengan negara-negara lainnya dalam bidang antariksa. Karena penguasaan teknologi antariksa adalah salah satu ciri negara maju.

Oh iya, Hari Keantariksaan Nasional dirayakan dengan kegiatan yang dikenal sebagai Malam Langit Gelap, lho. Kegiatan ini diadakan untuk mengajak masyarakat, khususnya di perkotaan, untuk menikmati kembali kondisi langit malam yang gelap dan bertabur bintang, dengan cara mematikan lampu di luar ruangan dalam waktu satu jam saja. Ingat, ya, Squad, hanya lampu di luar ruangan.

Kegiatan Malam Langit Gelap dipilih karena Indonesia, khususnya Pulau Jawa, sudah mengalami polusi cahaya yang berlebihan. Coba deh cek melalui gambar di bawah ini, daerah tempat kamu tinggal masih bersih atau sudah tercemar polusi cahaya?

hari antariksa nasional 2019

Kalau daerah tempatmu tinggal masih berada di Skala 1, selamat, kamu masih bisa menikmati indahnya langit malam. Namun, kalau sudah berada di Skala 6, mamammm, itu tandanya kamu tinggal di daerah yang polusi cahayanya sudah sangat parah.

Polusi cahaya sama bahayanya dengan polusi udara, lho. Menurut Globeatnight.org, polusi cahaya yang berlebihan bisa membahayakan banyak hal, di antaranya seperti:

hari antariksa nasional 2019

Nggak cuma berdampak pada hal-hal di atas saja, polusi cahaya juga memiliki dampak negatif yang besar terhadap penelitian antariksa yang dilakukan para astronom. Pengamatan benda-benda langit, walaupun sudah menggunakan teleskop, akan tetap terganggu akibat banyaknya cahaya di sekitar lokasi pengamatan.

Walau begitu, bukan berarti kita harus menghilangkan atau meniadakan cahaya ya, Squad. Sebaliknya, yang harus dilakukan adalah dengan membatasi penggunaannya biar lebih efektif dan efisien.

Kalau malam ini kita bisa mengurangi polusi cahaya, kita berkesempatan mengamati dua planet besar di tata surya, lho, Squad. Menurut InfoAstronomy.org, planet Jupiter dan Saturnus akan teramati, bahkan kamu bisa mengamatinya sepanjang malam!

hari antariksa nasional 2019

Malam ini pukul 20:00 sampai 21.00 WIB, masyarakat Indonesia diharapkan bisa turut serta dalam kampanye Malam Langit Gelap dengan mematikan lampu di luar ruangan saja. Setelah itu cobalah keluar, amati perbedaan kondisi langit malam yang tanpa polusi cahaya.

Sambil mengamati langit nanti malam, kamu bisa cari tentang planet-planet lewat video penjelasan beranimasi di ruangbelajar juga tuh. Jadi, selain kamu bisa melihat benda-benda langitnya secara langsung, kamu juga jadi tahu lebih jauh tentang mereka lewat materi belajar yang menarik!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts