Hari Kesetiakawanan: Yuk, Tonton 5 Film Ini untuk Menumbuhkan Sikap Setia Kawan

Andrea Lidwina

Dec 20, 2018 • 4 min read

Wow ternyata


hari kesetiakawanan

Setelah Indonesia merdeka, seluruh lapisan masyarakat terus bersatu untuk membela bangsa dan mempertahankan kedaulatan negara dari ancaman para penjajah. Mereka menjunjung tinggi nilai gotong royong dan kesetiakawanan dalam perjuangan tersebut. Nah, nilai-nilai baik itu bisa kamu terapkan, lho Squad! Untuk memulainya, kamu bisa menonton 5 film ini yang menggambarkan kesetiakawanan tinggi antar-tokohnya dalam rangka Hari Kesetiakawanan.

 1. Zootopia (2016)

hari kesetiakawanan

Pertemanan Judy dan Nick (Sumber: businessinsider.com)

Judy, seekor kelinci yang berprofesi sebagai polisi, mengungkap sebuah kasus kejahatan yang terjadi di Zootopia. Akan tetapi, Judy tidak bekerja sendirian. Ia dibantu oleh Nick, seekor rubah yang sebelumnya pernah menipu Judy. Setelah kasus tersebut terpecahkan, keduanya mulai berteman dan menjadi partner bekerja.

Squad, Judy dan Nick dalam film ini berusaha melawan stereotipe yang diberikan warga kota terhadap jenis hewan kelinci dan rubah. Kesetiakawanan mereka membuktikan kalau hewan-hewan yang sering tidak diacuhkan di Zootopia justru bisa menyelamatkan kota.

2. Laskar Pelangi (2008)

hari kesetiakawanan

Sepuluh murid SD Muhammadiyah yang saling setia kawan (Sumber: kapanlagi.com)

Film karya Riri Riza ini menceritakan tentang sepuluh murid di SD Muhammadiyah, Gantung, Belitung Timur yang selalu bersikap setia kawan satu sama lain dan berjuang bersama untuk memperoleh pendidikan. Selama bersekolah, mereka melawati banyak kejadian seru lho, Squad! Mereka belajar di dalam kelas maupun di pantai, merencanakan penampilan yang apik di karnaval 17 Agustus, dan menantang guru dari sekolah lain di lomba Cerdas Cermat.

Meskipun fasilitas yang mereka dapatkan hanya seadanya, sepuluh murid ini tak pernah patah semangat mencari cara agar bisa terus belajar, mempertahankan sekolahnya, dan membanggakan Belitung dengan prestasi mereka masing-masing.

3. The Help (2011)

hari kesetiakawanan

Skeeter mulai berteman dengan Aibileen (Sumber: nytimes.com)

Skeeter, seorang jurnalis, mulai berteman dengan seorang pelayan Afrika-Amerika bernama Aibileen setelah merasa tak nyaman dengan perlakuan rasis teman-teman sosialitanya kepada para pelayan mereka. Akhirnya, dua teman ini mengumpulkan cerita dari banyak pelayan tentang perlakuan rasis yang mereka alami dan menuliskannya dalam sebuah buku. Setelah diterbitkan, buku ini mendapatkan sambutan baik dari banyak orang.

Kesetiakawanan Skeeter dan Aibileen membuahkan hasil yang manis ya, Squad. Keduanya berjuang melawan perilaku rasis di zaman itu dan membuat nasib pelayan Afrika-Amerika selanjutnya jadi lebih baik.

4. Big Hero 6 (2014)

hari kesetiakawanan

Hiro, Baymax, dan empat teman kakaknya (Sumber: vox.com)

Film animasi buatan Walt Disney ini mengisahkan tentang Hiro Hamada, Baymax (robot buatan kakak Hiro), dan empat teman kakaknya. Hiro dan empat teman kakaknya memiliki keahlian dalam bidang teknologi dan bisa menghasilkan peralatan yang keren. Oleh karena itu, mereka memanfaatkan keahlian masing-masing dan bekerja sama untuk menggagalkan rencana balas dendam si tokoh jahat.

Nah, perjuangan mereka tak berhenti sampai di situ lho, Squad. Keenam tokoh ini melanjutkan kesetiakawanan mereka guna menyelamatkan kota dari berbagai macam kejahatan.

5. 5 Elang (2011)

hari kesetiakawanan

Petualangan 5 anak di perkemahan Pramuka (Sumber: cinemapoetica.com)

Baron, murid pindahan dari Jakarta ke Balikpapan, sering kesal dengan Rusdi yang terlalu optimistis. Namun, ketika mengikuti perkemahan Pramuka, mereka justru berada dalam satu regu. Seiring berjalannya waktu di perkemahan itu, perasaan kesal Baron pun berubah terhadap Rusdi. Ia dan dua teman lainnya bahkan membantu Rusdi yang tengah menghadapi komplotan penebang hutan liar.

Akhirnya, Baron dan Rusdi bisa berteman dan mulai bersikap setia kawan satu sama lain. Regu Pramuka Baron dan kawan-kawan pun berlanjut mewakili sekolah mereka di tingkat nasional. Hebat ya, Squad!

Gimana, Squad? Setelah menonton film-film ini, Squad bisa mulai menerapkan kesetiakawanan dalam pertemanan kalian. Sebab, sikap ini penting untuk memupuk persatuan dan kerja sama demi mencapai sebuah tujuan atau keberhasilan.

Squad bisa juga memulai pertemanan baru dengan teman-teman di Ruangguru digital bootcamp (RGDB) lho! Selain mendapat teman baru, kalian juga bisa belajar bersama dan didampingi tutor berpengalaman. Yuk, ikut belajar bareng!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar

Recent Posts