Hari Musik Nasional 2019: Sejarah dan Apresiasi untuk Musisi Indonesia

Tedy Heryansyah

Mar 9, 2019 • 3 min read

Wow ternyata


hari musik nasional 2019 - header

Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional tahun 2019, artikel kali ini akan membahas tentang sejarah penetapan hari musik nasional dan perkembangannya di masa kini. Penasaran seperti apa? Simak artikel berikut.

---

Rasanya hampir nggak mungkin deh si HP kamu itu nggak ada musik yang biasa kamu dengerin. Paling nggak ada aplikasi pemutar lagu secara daring deh yang sudah ter-install. Bener nggak? Meskipun bukan menjadi kebutuhan primer, tapi bagi sebagian orang, musik sudah menjadi mata pencaharian lho Squad.

Apakah kamu pernah berpikir untuk membuat sebuah grup band bersama teman-teman kamu? Atau bahkan kamu pernah terlintas untuk menciptakan sebuah lagu? Wah, biasanya sih kalau menciptakan lagu itu, liriknya berasal dari dalam hati lho. Kalau kamu lagi senang, sedih, gelisah, galau, dan merana, bisa tuh menulis sebuah lirik lagu. Setelah itu tinggal tentuin nada dan aransemennya deh.

Terlepas kamu bisa menciptakan lagu atau nggak, yang jelas musik itu punya manfaat lho Squad. Kamu sendiri nih, saat mendengarkan musik termasuk tipe orang yang gimana? Kepala manggut-manggut? Kaki bergerak-gerak? Atau diam saja sama seperti dia yang nggak peka dengan perasaanmu?

hari musik nasional 2019 - meme ruangguru

Penelitian di Kanada tahun 2011 yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menyatakan kalau seseorang mendengarkan musik favoritnya, dapat menurunkan suasana hati yang buruk. Yaps, memperbaiki mood gitulah. Kan, sekarang banyak tuh saat belajar gitu nggak mood karena suasananya nggak oke banget deh. Yaa kalau kamu belajarnya pake ruangbelajar sih pasti mood-nya bakalan bagus. Kenapa? Ya jelas dong kan materinya dijelasin dengan animasi-animasi yang keren. Pastinya nggak bakal bikin boring.

Berbicara tentang musik, hari ini tanggal 9 Maret itu bertepatan dengan Hari Musik Nasional. Kenapa Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret? Kok nggak 10 atau 8 Maret gitu?

Baca Juga: Benarkah Toilet Jongkok Lebih Sehat Dibanding Toilet Duduk?

Begini Squad, penetapan di tanggal 9 Maret itu berkaitan dengan pencipta lagu Indonesia. Yap, Wage Rudolf Supratman. Di dalam biografinya, WR Supratman lahir pada 9 Maret 1903 di Purworejo, Jawa Tengah. Beliau dianugrahkan gelar pahlawan nasional atas jasanya yang menciptakan lagu Indonesia Raya yang dijadikan lagu kebangsaan Republik Indonesia.

hari musik nasional 2019 - tahukah kamu

Terlepas dari perdebatan tanggal lahir WR Supratman yang jelas sebagai generasi muda kita harus berterima kasih kepada musisi sekelas beliau. Dengan kejeniusan beliau dalam menciptakan lagu, kita bisa merasakan atmosfer semangat persatuan dalam lantunan lirik dan nada dalam Indonesia Raya.

Berbicara siapa pencetus adanya Hari Musik Nasional ini nggak lepas dari para musisi dan orang-orang yang terjun dalam dunia permusikan Indonesia. Pada masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri, Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), mengusulkan penetapan hari musik nasional. Sayangnya, baru di era Susilo Bambang Yudhoyono, tahun 2013, rancangan penetapan Hari Musik Nasional tersebut diresmikan.

hari musik nasional 2019 - penetapan hari musik

Dalam Keppres tersebut dijelaskan bahwa musik merupakan sebuah ekspresi yang sifatnya universal dan multidimensional. Musik menghadirkan nilai-nilai kemanusiaan dan memiliki fungsi strategis dalam proses pembangunan nasional.

Mantul kan?

playlist untuk fokus belajarSebuah playlist buat belajar~

 

Adanya Hari Musik Nasional ini diharapkan masyarakat bisa ikut membantu untuk mengapresiasi karya musisi tanah air. Apakah kamu termasuk orang yang suka membeli mengunduh video musik terus menjualnya ke teman-teman kamu yang lain? Nah itu namanya pembajakan. Selain tidak mencerminkan penghargaan terhadap musisi, pembajakan juga bisa berdampak buruk bagi industri musik.

hari musik nasional 2019 - infografik

Sekarang, kamu sudah tahu kan sejarah penetapan Hari Musik Nasional? Kalau kamu sebagai penikmat musik Indonesia, bisa kali sharing pendapat kamu tentang perkembangan industri musik di Indonesia ke depannya nanti. Paling penting, jangan membeli atau bahkan melakukan pembajakan terhadap karya-karya musisi tanah air ya!

 ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts