Hari Pangan Sedunia, Yuk Kenalan dengan Salah satu Jurusan yang Berkaitan!

Olivia Yunita Okt 16, 2020 • 4 min read


Header_-_Pojok_Kampus_-_Hari_Pangan_Sedunia-01

Artikel ini akan memberikan informasi kepada calon mahasiswa baru tentang salah satu jurusan yang berkaitan dengan Hari Pangan Sedunia, yaitu Jurusan Teknologi Pangan.

--

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day setiap tahunnya diperingati pada tanggal 16 Oktober. Dimana tanggal tersebut bertepatan dengan didirikannya Food and Agriculture Organization (FAO) oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ide peringatan Hari Pangan Sedunia ini, diusulkan pada konferensi umum FAO ke-20 oleh Menteri Pertanian dan Pangan, Dr. Pal Romany yang saat itu ditunjuk sebagai delegasi Hongaria. 

Baca juga: Jurusan Agroteknologi dan Peran Pentingnya dalam Ancaman Krisis Pangan

Tema Hari Pangan Sedunia selalu berbeda-beda setiap tahun. Dilansir dari laman FAO, pada tahun 2020 ini mengusung tema “Grow, Nourish, Sustain. Together. Our actions are our future”. Tema ini dikaitkan dengan negara-negara yang sedang menghadapi efek dari pandemi Covid-19 agar lebih tangguh dalam membangun sistem pangan negaranya.

Hari Pangan Sedunia, Yuk Kenalan dengan Salah satu Jurusan yang Berkaitan! (2)

Peringatan Hari Pangan Sedunia dan Ulang Tahun ke-75 FAO (Sumber: fao.org)

Nggak jauh berbeda dengan negara lain, Indonesia juga ikut berpartisipasi memperingati Hari Pangan Sedunia, lho. Pada tahun 2020 ini, Indonesia akan melaksanakan peringatan tersebut di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. Tahun sebelumnya, peringatan serupa digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara dengan tema Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 atau Our action are our future, healthy diets #zerohungerworld.

Ngomongin Hari Pangan Sedunia, sebenarnya peringatan ini diadakan dengan tujuan agar meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah pangan seperti kelaparan serta kebutuhan akan nutrisi dan makanan sehat. Bagi kamu yang tertarik mendalami seluk beluk permasalahan pangan dan seperti apa cara pengolahan makanan agar memenuhi standar nutrisi, kamu bisa masuk Jurusan Teknologi Pangan, lho. Sebab di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana proses produksi makanan sehingga aman dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Tak hanya itu, di jurusan ini kamu akan dibekali beberapa teknik pengolahan pangan seperti pengawetan, pemrosesan, pengemasan, pendistribusian, hingga penyimpanan produk makanan.

Hari Pangan Sedunia, Yuk Kenalan dengan Salah satu Jurusan yang Berkaitan! (1)

Jurusan Teknologi Pangan (Sumber: ynotfoods.com)

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

Dilihat dari apa yang dipelajari di jurusan ini, di semester awal, kamu akan bertemu dengan mata kuliah dasar umum seperti Kimia, Fisika, dan Biologi. Sebab mata kuliah tersebut menjadi dasar kamu dalam mengetahui komponen kimiawi dan biologis dari suatu makanan. Baru di semester berikutnya, kamu akan mendapatkan mata kuliah yang lebih spesifik dan beberapa praktikum seperti Praktikum Kimia dan Biokimia Pangan dan Praktikum Analisis Pangan.

PK_-_Terserah_-__Hari_Pangan_Sedunia,_Yuk_Kenalan_dengan_Salah_satu_Jurusan_yang_Berkaitan!-20

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pangan

Belakangan ini, masyarakat mulai memiliki kesadaran terhadap kesehatan dan makanan yang mereka konsumsi. Nah, untuk memastikan mutu dari suatu makanan, mereka akan membutuhkan bantuan dari seorang lulusan Jurusan Teknologi Pangan, lho. Maka dari itu, kamu bisa bekerja sebagai Researcher, Quality Control, Quality Assurance, Food Technologist, dan Product Development di industri makanan seperti Indofood dan Nutrifood. Selain di industri makanan, kamu juga bisa bekerja di pemerintahan sebagai Food Consultant di Kemenkes dan BPOM.

Hari Pangan Sedunia, Yuk Kenalan dengan Salah satu Jurusan yang Berkaitan! (1)

Seorang Quality Control di Industri Makanan (Sumber: immigration.ca)

Gimana lumayan banyak ‘kan prospek kerja dari lulusan Jurusan Teknologi Pangan? Nah, karena prospek kerjanya banyak dan beragam, kamu nggak perlu khawatir. Di Indonesia telah banyak universitas yang memiliki jurusan ini seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Apabila kamu tertarik masuk Jurusan Teknologi Pangan, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Kamu bisa mulai dengan mengakses video belajar beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar. Yuk buruan daftar!

ruangbelajar

Referensi:

‘World Food Day’, [Daring]. Tautan: http://www.fao.org/world-food-day/home/en (Diakses: 5 Oktober  2020)

Parigi Moutong Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia 2020’, [Daring]. Tautan: http://www.parigimoutongkab.go.id/11-berita/1003-parigi-moutong-tuan-rumah-hari-pangan-sedunia-2020.html (Diakses: 5 Oktober  2020)

‘Kurikulum S1 Teknologi Pangan’, [Daring]. Tautan: http://fst.ipb.ac.id/cms/id/page/kurikulum-s1 (Diakses: 5 Oktober 2020)

Sumber foto:

Foto Peringatan Hari Pangan Sedunia dan Ulang Tahun ke-75 FAO [Daring]. Tautan: http://www.fao.org/world-food-day/home/en (Diakses: 8 Oktober 2020)

Foto Jurusan Teknologi Pangan  [Daring]. Tautan: http://www.ynotfoods.com/IQF-Co-Packing-Food-Supplier/R-and-D-Flavor-Profile-Recipes-IQF-Sauce-Chips (Diakses: 8 Oktober  2020)

Foto Seorang Quality Control di Industri Makanan [Daring]. Tautan: https://www.immigration.ca/canada-to-offer-permanent-residence-under-new-immigration-pilot-program-aimed-at-agriculture-and-food-industry (Diakses: 8 Oktober  2020)

Beri Komentar