Hari Penerbangan: Mau Jadi Pilot? Ini yang Harus Kamu Persiapkan

Shabrina Alfari Des 7, 2018 • 4 min read


Squad, apakah kamu punya cita-cita untuk menjadi pilot? Pilot memang masih menjadi salah satu profesi yang populer di Indonesia. Selain bergengsi, profesi ini juga dinilai memiliki banyak kelebihan, seperti gaji yang tinggi hingga kesempatan untuk keliling dunia gratis. Untuk menjadi pilot, kamu harus lulus dari sekolah pilot terlebih dahulu. Namun, untuk masuk ke sekolah pilot sendiri tidak mudah Squad. Kamu harus melalui banyak tes, seperti tes kesehatan dan tes akademik. Hmm, lalu apa saja ya sebenarnya yang harus kamu persiapkan jika ingin menjadi pilot? Simak ya!

1. Kesehatan yang prima

jadi pilotPunya kesehatan yang prima (Sumber: aviationvoice.com)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika untuk masuk ke sekolah pilot kamu harus berhasil melalui tes kesehatan dan tes akademik. So, kamu harus mempersiapkan kesehatan jasmani dan rohani. Tes kesehatan yang harus kamu ikuti meliputi tes tinggi badan, tes telinga, mata, urin, darah, pendengaran, jantung, gigi, dan sebagainya. Wah, lengkap banget ‘kan Squad? Jika ada salah satunya yang bermasalah, bisa saja membuat kamu gagal. Jadi jagalah kesehatanmu mulai dari sekarang jika ingin diterima di sekolah penerbangan. Kamu bisa mulai dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup, olahraga, tidak merokok, dan menghindari obat-obatan.

2. Biaya pendidikan

jadi pilotBiaya pendidikan sekolah penerbangan (Sumber: flyaxiom.com)

Sekolah penerbangan yang harus kamu jalani selama satu tahun sebelum akhirnya menjadi pilot profesional terbagi menjadi dua, yaitu negeri dan swasta. Perbedaan keduanya terletak pada biaya sekolah yang harus kamu keluarkan. Untuk masuk ke sekolah penerbangan negeri kamu harus menyiapkan biaya pendidikan sekitar Rp50 juta hingga Rp100 juta. Sedangkan untuk sekolah penerbangan swasta, biaya yang harus kamu siapkan sekitar Rp580 juta. Biaya yang disebutkan ini merupakan total biaya hingga lulus dan bisa dicicil. So, nggak heran ‘kan sekarang kenapa gaji pilot juga besar?

3. Kemampuan akademik

jadi pilotPunya kemampuan akademik yang baik (Sumber: infokampus.news)

Selain kesehatan, kamu juga harus memiliki kemampuan akademik yang baik. Maka, sangat penting untuk kamu mempersiapkan kemampuan akademik khususnya bahasa Inggris agar dapat diterima di sekolah pilot. Bahasa Inggris sangat penting karena semua buku panduan dan instruktur di sekolah penerbangan menggunakan bahasa Inggris. Setelah menjadi pilot, bahasa Inggris juga akan selalu kamu gunakan karena informasi yang didapatkan dari pihak ATC menggunakan bahasa Inggris.

4. Mengetahui seluk beluk pesawat

jadi pilotMempunyai pengetahuan tentang pesawat (Sumber: wired.com)

Hal yang satu ini tentu saja wajib untuk kamu yang ingin menjadi pilot ya, Squad. Sudah menjadi makanan sehari-hari calon pilot untuk mempelajari teori penerbangan. Kamu harus tahu setiap detail teori yang akan mendukung aktivitas pilot selama penerbangan. Selain itu, kamu juga harus menguasai sistem pesawat dan navigasi. Kamu harus memahami konsep fisika pada sistem pesawat untuk mengetahui kinerja mesin pesawat. Gimana, sudah siap?

5. Siap mengikuti seluruh prosesnya

jadi pilotIkuti semua prosesnya dengan baik dan sabar (Sumber: thenational.ae)

Jika kamu sudah lulus dari sekolah penerbangan, kamu nggak akan langsung diizinkan untuk menerbangkan pesawat, Squad. Kamu masih harus mengikuti kelas terbang selama tiga sampai lima bulan. Setelah itu, kamu juga akan mengikuti simulator dan beberapa pengecekan, seperti membelokkan pesawat, take off, landing, dan sebagainya. Selanjutnya, kamu akan masuk dan ikut terbang di dalam pesawat sebagai observer. Baru setelah itu kamu akan jadi seorang co-pilot. Selama menjadi co-pilot kamu juga masih akan dipantau sebelum akhirnya diizinkan untuk menerbangkan pesawat sendiri.

6. Menjaga citra diri

jadi pilotBisa menjaga citra diri (Sumber: melanomanewstoday.com)

Tentu kamu selalu melihat pilot dengan penampilan yang rapi 'kan Squad? Yap, menjaga citra diri sebagai seorang pilot dari sebuah maskapai memang sangat penting. Hal ini juga sudah ditanamkan dalam diri setiap calon pilot bahkan saat masih duduk di sekolah penerbangan. So, nggak heran jika semua pilot selalu berpenampilan rapi, jarang berbicara, dan bertubuh tegap. Hal ini mereka lakukan untuk menjaga citra dari maskapai yang menaunginya Squad. Jika ada penumpang yang melihat pilot dari suatu maskapai dengan tampilan yang kurang meyakinkan, bisa saja penumpang tersebut tidak akan terbang menggunakan maskapai itu lagi.

Nggak mudah ya Squad menjadi seorang pilot? Wajar saja, pilot mempunyai tanggung jawab yang besar lho untuk menjaga keselamatan seluruh penumpang yang berjumlah ratusan orang. So, kamu nggak bisa melakukan persiapan yang biasa-biasa aja. Ayo, raih nilai terbaik dengan belajar menggunakan video beranimasi di ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar