Hari Perawat: Apa Saja yang Harus Dipelajari di Jurusan Keperawatan agar Bisa Jadi Perawat yang Baik?

Shabrina Alfari

Mar 17, 2019 • 4 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan keperawatan

Artikel ini membahas tentang jurusan keperawatan, mulai dari prospek kerja hingga materi kuliah, serta apa saja yang harus dipelajari agar bisa menjadi perawat yang baik

--

Squad, apakah kamu senang membantu orang lain dan ingin berkarier di dunia kesehatan? Selain menjadi dokter, kamu juga bisa lho menjadi seorang perawat. Jurusan Ilmu Keperawatan merupakan salah satu jurusan di bidang kesehatan yang cukup diminati. Selain prospek kerjanya yang sangat menjanjikan, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar ilmu sains saja, tetapi juga ilmu sosial. Kamu akan belajar bagaimana caranya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada pasien. Wah, sungguh menarik dan mulia sekali ya profesi ini Squad? Sebelum kamu masuk ke jurusan Ilmu Keperawatan sebaiknya ketahui dahulu apa saja yang harus kamu pelajari agar nantinya bisa menjadi perawat yang baik berikut ini.

1. Harus bisa menyeimbangkan antara empati dan pengetahuan

jurusan keperawatanPerawat harus bisa menyeimbangkan antara empati dan pengetahuan (Sumber: verywellhealth.com)

Sebelum memilih jurusan ini, coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu siap menjadi perawat? Tidak semua orang sanggup untuk menjadi perawat Squad, karena profesi ini lebih mengutamakan pengabdian dibandingkan orientasi profit. Menjadi seorang perawat berarti kamu akan mendedikasikan hidup dan keahlianmu untuk merawat dan mendampingi orang sakit. Selain soft skill ini, kamu juga harus mempunyai kemampuan hard skill atau pengetahuan yang baik untuk bisa menjadi seorang perawat yang diandalkan.

Selain membekali diri dengan ilmu-ilmu medis, seperti hafalan anatomi hingga alat-alat kesehatan, perawat juga harus memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap pasien. Rasa empati dan pengetahuan ini tidak bisa kamu pisahkan Squad, karena keduanya sama-sama penting agar kamu bisa menangani pasien hingga pulih.

2. Mempunyai mental yang kuat

jurusan keperawatanPerawat harus punya mental yang kuat (Sumber: nrsng.com)

Squad, menjadi seorang perawat bukanlah sesuatu yang mudah. Sebagai seorang calon perawat, para mahasiswa jurusan Keperawatan harus siap mempelajari semua materi kuliah yang hampir mirip dengan jurusan Ilmu Kedokteran. Kamu pun akan melalui praktik lapangan yang mengharuskan kamu begadang saat shift malam atau kerja lembur. Kamu juga harus menyusun laporan Askep (Asuhan Keperawatan). Semua ini tentunya penting untuk dilakukan mahasiswa keperawatan demi menggapai cita-cita menjadi seorang perawat yang baik.

3. Belajar komunikasi baik dan efektif

jurusan keperawatanKamu harus belajar komunikasi yang baik (Sumber: mejoresfotos.eu)

Masih banyak yang beranggapan bahwa mengambil jurusan keperawatan itu nanggung, kenapa nggak langsung aja jadi dokter. Padahal, konsep pendidikan dan pelayanan antara dokter dan perawat itu beda, lho. Di jurusan Ilmu Keperawatan, kamu akan belajar mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia. So, kamu nggak hanya belajar sains, tetapi juga kehidupan sosial. Misalnya, bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif dengan pasien, bagaimana cara memberikan pelayanan kesehatan yang menunjang untuk kesembuhan, dan sebagainya.

4. Sering belajar kelompok

jurusan keperawatanMahasiswa Keperawatan identik dengan belajar kelompok (Sumber: onlinestudyaustralia.com)

Mahasiswa Keperawatan identik dengan kegiatan belajar kelompoknya. Kenapa? Hal ini dikarenakan materi kuliah anak keperawatan yang cukup banyak. Banyaknya materi ini membuat para mahasiswanya kerap membagi-bagi bahan ajar ke porsi yang lebih kecil untuk dipelajari satu per satu secara berkelompok agar waktu belajar lebih efektif.

5. Mengutamakan personal hygiene atau kebersihan diri

jurusan keperawatanUtamakan kebersihan diri (Sumber: umc.edu)

Bagaimana kamu bisa merawat orang lain jika kamu saja tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri sendiri? Mahasiswa keperawatan harus selalu mengutamakan personal hygiene atau kebersihan diri. Apalagi saat kamu sudah praktik di lapangan dan menangani pasien dengan kondisi dan beragam penyakit yang diderita. Untuk lolos sertifikasi menjadi perawat kamu juga harus menjaga kebersihan dalam lingkungan kerja agar tetap steril.

Materi kuliah jurusan keperawatan

Beberapa materi kuliah yang akan kamu pelajari antara lain:

  • Sains Kesehatan
  • Ilmu Dasar Keperawatan
  • Ilmu Biomedik
  • Antropologi Kesehatan
  • Keperawatan Sistem Pencernaan
  • Keperawatan Sistem Respirasi
  • Keperawatan Sistem Persepsi Sensori
  • Keperawatan Sistem Neurobehaviour
  • Komputer Kesehatan

Prospek kerja jurusan keperawatan

Di industri kesehatan, tenaga perawat sangat dibutuhkan Squad. Apalagi jika kamu menjadi perawat yang punya spesialisasi di suatu bidang. Misalnya saja keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan gawat darurat, menajemen keperawatan, keperawatan pediatrik, dan lainnya.

Keren banget ya Squad? Pasti senang ‘kan bisa bekerja sekaligus membantu orang lain? Nah seorang perawat tentunya tidak boleh melakukan kesalahan, walaupun kecil sekalipun. Maka, kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya jika ingin masuk ke jurusan Keperawatan. Yuk, terus tingkatkan prestasimu bersama guru privat yang sesuai dengan kriteriamu di ruangles.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts