Hari Trivia: Yuk, Lihat Tradisi Unik Hari Pertama Sekolah di 6 Negara

Shabrina Alfari

Jan 4, 2019 • 4 min read

Wow ternyata


hari pertama sekolah

Squad, tidak terasa ya liburan sebentar lagi akan berakhir dan kamu pun harus kembali ke sekolah. Hari pertama sekolah tentunya menjadi momen yang istimewa. Nah, pada hari pertama masuk sekolah biasanya terdapat tradisi tersendiri seperti upacara bendera. Namun ternyata, tidak hanya di Indonesia lho, ada juga beberapa negara di dunia yang memiliki tradisi unik saat hari pertama sekolah. Seperti apa ya tradisi yang mereka lakukan?

1. Hujan hadiah untuk anak di Jepang

hari pertama sekolahRandoseru, tas kotak untuk hadiah hari pertama sekolah (Sumber: tempo.co)

Hari pertama masuk sekolah di Jepang dimulai setiap tanggal 1 April. Tanggal tersebut juga merupakan simbol dari mekarnya bunga sakura yang menandakan musim semi. Anak-anak akan diberikan bunga sakura sebagai tanda dari harapan bangsa. Kedatangan anak-anak di hari pertama ini akan disambut dengan nyugakushiki, yakni seremoni potong pita di pintu masuk sekolah. Para kerabat juga akan menghujani anak yang baru masuk sekolah dengan hadiah spesial seperti randoseru atau tas berbentuk kotak dari bahan keras, meja belajar baru, dan sebagainya.

2. Bingkisan berbentuk kerucut untuk anak di Jerman

hari pertama sekolahSchultüte atau bingkisan berbentuk kerucut (Sumber: express.de)

Tradisi unik yang dilakukan di Jerman pada hari masuk sekolah hanya dilakukan khusus untuk menyambut anak-anak kelas satu SD. Tradisi unik yang disebut dengan Einschulung ini ditandai dengan pemberian Schultüte atau bingkisan berbentuk kerucut. Schultüte berisikan perlengkapan sekolah, permen, cokelat, serta hadiah lainnya. Tiap Schultüte juga akan dihias dengan warna serta karakter kesukaan anak. Schultüte adalah pengingat untuk siswa bahwa sekolah merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan.

3. Tradisi lonceng pertama di Rusia

hari pertama sekolahTradisi membunyikan lonceng (Sumber: beritasatu.com)

Apabila di Indonesia setiap anak yang baru masuk sekolah harus mengenakan seragam, lain dengan di Rusia. Pada hari pertama sekolah di Rusia setiap anak akan memakai baju terbagus yang mereka punya dan membawa bunga untuk diserahkan pada guru mereka. Untuk murid kelas satu SD juga ada tradisi unik bernama lonceng pertama. Salah satu dari anak kelas satu SD akan naik ke pundak kakak kelasnya dan mengelilingi halaman sekolah sambil membunyikan lonceng diiringi tepuk tangan dari para orang tua yang datang.

4. Pawai sekolah di India

hari pertama sekolahPawai sekolah (Sumber: brcmannarkkad.blogspot.com)

Praveshanolsavam adalah sebutan untuk upacara penyambutan siswa baru di India. Ada berbagai macam cara untuk menyelenggarakannya. Ada yang membuat pawai sekolah untuk mengajak semua siswa baru berkeliling lingkungan sekolah dengan diiringi musik dan balon. Ada juga yang membuat chendamelan atau pertunjukan musik perkusi drum yang dilakukan oleh para kakak kelas laki-laki. Selain itu, sekolah juga akan dihias dan setiap murid baru akan mendapatkan hadiah permen.

5. Sujud kepada orang tua dan guru di Tiongkok

hari pertama sekolahHari pertama sekolah di Tingkok (Sumber: keranews.org)

Mirip dengan Indonesia, anak sekolah di Tiongkok juga akan berkumpul di lapangan untuk mendengarkan pidato sambutan selamat datang dari kepala sekolah untuk seluruh siswa baru. Pidato kepala sekolah ini kemudian dilanjutkan dengan salah satu siswa yang akan menyebutkan janji siswa. Di kota Nanjing, Tiongkok, kepala sekolah juga akan mengajak para murid baru ke kuil. Di kuil tersebut, para murid baru akan diberikan titik merah di bagian dahinya yang mempunyai arti kebijaksanaan. Selain itu, ada pula tradisi upacara Qi Meng (pencerahan) yang sudah dilakukan sejak lama. Pada upacara ini, murid baru akan melakukan sujud (kowtow) kepada para orang tua dan guru mereka yang ada di sekolah.

6. Tarian di Selandia Baru

hari pertama sekolahUpacara Powhiri untuk menyambut siswa baru (Sumber: tkw.ac.nz)

Hari pertama sekolah di Selandia Baru biasanya disambut dengan upacara Powhiri. Upacara penyambutan ini berasal dari salah satu adat suku aslinya yaitu suku Maori. Guru akan meneriakan panggilan semangat selamat datang yang dilanjutkan dengan tarian penuh semangat dari para kakak kelas. Tarian ini disertai dengan tepuk tangan, hentakan kaki dan gerakan yang penuh semangat. Tarian ini dimaksudkan agar semua murid yang melihat ikut terbawa semangat untuk menghadapi tahun ajaran baru yang dimulai pada Februari.

Seru dan unik-unik banget ya Squad? Tentunya setiap tradisi yang dilakukan bertujuan untuk mengobarkan semangat demi menyambut hari pertama masuk sekolah. Apakah kamu semangat menghadapi semester baru mendatang? Yuk, sambut semester baru dengan semangat belajar yang baru bersama dengan guru privat terbaik di ruangles.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts