Hasil SBMPTN 2019 Diumumkan Hari Ini! Yuk Ketahui Jumlah Pendaftarnya

Shabrina Alfari

Jul 9, 2019 • 3 min read

sbmptn Siap kuliah


hasil sbmptn 2019

Artikel ini memberikan data jumlah pendaftar SBMPTN 2019 serta rincian pilihan peserta dan juga tanggal pengumuman SBMPTN 2019

--

Kamu pejuang SBMPTN? Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan diumumkan hari ini! Pendaftaran sendiri telah ditutup sejak 24 Juni 2019 pukul 22.00 WIB. Keterangan resmi dari pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menginformasikan bahwa hingga batas akhir penutupan pendaftaran SBMPTN 2019 tercatat ada total jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 714.652 orang.

Dari jumlah tersebut, Ravid Karsidi yang merupakan ketua LTMPT melakukan pengumuman resmi yang merinci pilihan peserta sebagai berikut:

  • Peserta yang memilih kelompok program studi Saintek: 360.329 orang atau sebesar 50.42%

  • Peserta yang memilih kelompok program studi Soshum: 345.896 orang atau sebesar 48.40%

  • Peserta yang memilih kelompok campuran (Saintek/Soshum): 8.427 orang atau sebesar 1.18%

  • Peserta yang memilih program reguler: 541.339 orang

  • Peserta pengusul beasiswa Bidikmisi: 173.313 orang

  • Di antara peserta tersebut juga ada sebanyak 24.108 orang yang merupakan pelamar program studi kelompok Olahraga dan Kesenian yang telah mengunggah portofolio sebagai pengganti ujian keterampilan

Ravid Karsidi pun mengingatkan, pengumuman hasil SBMPTN 2019 akan dilaksanakan secara serentak oleh semua PTN pada 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.

Dikutip dari kompas.com, Ravik Karsidi memberikan pesan kepada seluruh peserta SBMPTN 2019 agar sebaiknya mengakses jalur mandiri di masing-masing PTN, karena tidak semua pendaftar akan diterima di jalur SBMPTN.

Ravik juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan para peserta yang telah ikut berperan dalam pelaksanaan pendaftaran SBMPTN 2019.

Pendaftar SBMPTN 2019 menurun

Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan seperti yang dikutip dari tirto.id, jumlah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 menurun dibandingkan tahun 2018. Jika pada tahun ini jumlah pendaftar hanya mencapai 714.652 orang, tahun lalu pendaftar SBMPTN mencapai 860.001 orang. Menurut Mohamad Nasir, penurunan ini terjadi karena adanya perubahan pola tes.

hasil sbmptn 2019Peserta UTBK (Sumber: bias-pare.com)

Di tahun sebelumnya sistem tes SBMPTN, calon mahasiswa melakukan pendaftaran di perguruan tinggi terlebih dahulu baru melaksanakan tes. Jadi diterima atau tidak, calon mahasiswa tidak tahu. Berbeda dengan tahun ini yang memungkinkan calon mahasiswa terlebih dahulu mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang nilai hasil tesnya diperuntukkan untuk mendaftar ke perguruan tinggi.

Mohamad Nasir juga mengatakan, setelah mendaftar calon mahasiswa bisa melihat masuk atau tidaknya ia dalam ranking. Kalau tidak masuk ranking, maka dia otomatis akan mencari PTS.

Penerapan sistem tes sebelum SBMPTN ini diakui oleh Mohamad Nasir dapat meningkatkan kualitas. Seperti yang dikutip dari tirto.id, Mohamad Nasir pun menjelaskan bahwa dengan sistem baru ini diharapkan intake (asupan) mahasiswa baru menjadi semakin jelas, lulusannya semakin berkualitas dan pembelajaran lebih baik.

Menurut Mohamad Nasir, penerapan sistem UTBK baru ini dinilai lebih efisien dibandingkan sistem tes sebelumnya. Ia menilai, tidak ada lagi kesemrawutan pendaftaran tes yang terjadi di masing-masing universitas karena UTBK dilaksanakan sebanyak 22 kali.

Semoga hasil SBMPTN 2019 yang kamu dapatkan adalah yang terbaik ya Squad. Jika belum beruntung untuk lolos di jalur SBMPTN 2019, jangan galau terlalu lama karena kamu masih punya kesempatan lewat jalur mandiri. Yuk, terus siapkan diri menghadapi ujian bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts