Berikut 5 Tips Donor Darah yang Perlu Anda Ketahui

Ruangguru writer Jun 14, 2017 • 5 min read


Hai, Squad! Donor Darah sangat baik untuk kesehatan, tanggal 14 Juni ditetapkan sebagai Hari Donor Darah Dunia oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Peringatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya darah bagi kehidupan seseorang sebelumnya simak tips donor darah berikut. Apakah kamu sudah pernah mendonorkan darah, Squad?

Ruangguru baru-baru ini melakukan polling Twitter mengenai keikutsertaan Squad dalam kegiatan donor darah. Sebanyak 54% peserta polling mengatakan belum pernah namun ingin berpartisipasi menjadi pendonor. Nah, apakah kamu juga pendonor darah pemula? Yuk, simak 5 tips yang dapat kamu terapkan supaya donor darah pertama kamu lancar. Check them out!

 

1. Siapkan kesehatan diri

Pengambilan darah merupakan salah satu tindakan medis yang hanya boleh dilakukan oleh tenaga medik. Sebelum kamu mendaftarkan diri sebagai pendonor, pastikan kamu memenuhi kriteria berikut ini ya.

  • sehat jasmani dan rohani
  • usia 17-65 tahun
  • minimal berat badan 45 kg
  • tekanan darah sistolik 100-150 mmHg, tekanan darah diastolik 70-100 mmHg
  • kadar hemoglobin 12 gr/dL

 

donor darah - Tidur cukup sebelum donor darah Tidur cukup sebelum donor darah. (Sumber: momjunction.com)

Untuk memenuhi syarat di atas, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan juga lho. Apa saja itu?

  • tidur cukup, minimal 4 jam sebelum donor darah
  • makan cukup, jeda makan terakhir tidak lebih dari 4 jam
  • minum cukup, pastikan kebutuhan cairan tubuh 2L/hari terpenuhi
  • catat jenis obat yang dikonsumsi beberapa hari sebelum donor. Kamu tidak diperkenankan donor setelah mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu

Yuk, jadikan pengalaman pertamamu menyenangkan dengan persiapan yang matang ya.

 

2. Ajak teman yang sudah pernah donor darah

Kepanikan saat donor darah biasanya timbul karena muncul berbagai ketakutan di dalam pikiran. Makanya, mencari sistem pendukung ketika mencoba sesuatu yang baru itu wajib hukumnya. Squad bisa cari teman yang sudah pernah donor darah sebelumnya, karena empati timbul saat seseorang pernah melakukan hal yang sama. 

donor darah - Ajak teman pendukung Ajak teman pendukung. (Sumber: internetcafedevotions.com)

 

3. Bawa barang selingan

Di beberapa tempat, hanya pendonor yang diperkenankan memasuki area pengambilan darah. Bisa saja sih, kamu membuka obrolan dengan petugas donor darah. Namun, kadang petugas itu tak hanya menangani satu pendonor. Setelah pemasangan jarum donor ke lenganmu, mungkin saja ia harus segera melakukan prosedur sama pada pendonor lain. Oleh karenanya, penting membawa barang yang dapat menjadi pengalih perhatianmu.  

donor darah - Bawa gadget untuk pengalih perhatian Bawa gadget untuk pengalih perhatian. (Sumber: gadgethacks.com)

Membaca buku favorit selama proses pengambilan darah tidak dilarang kok. Kamu ingin membawa gadget (gawai) juga diperbolehkan lho. Mau bermain game, browsing segala macam info, mendengarkan lagu, hingga melihat berbagai video juga boleh kamu lakukan. 

 

4. Pilih tangan yang lebih aktif digunakan

Biasanya proses pengambilan darah, dari pemasangan hingga pelepasan jarum, menghabiskan waktu selama 10-15 menit. Lebar pembuluh dan tekanan dalam darah dapat menjadi faktor penyebab durasi pengambilan darah pada tiap pendonor berbeda. Dari beberapa pengalaman, penusukan jarum pada lengan yang lebih sering dipakai membuat proses pengambilan darah menjadi lebih cepat. Bila kamu kidal, coba pertama kali mendonor darah dengan menggunakan lengan kiri. 

donor darah - Pilih tangan yang paling sering digunakan Pilih tangan yang paling sering digunakan. (Sumber: healthtap.com)

 

5. Selesaikan dengan santai

Begitu jarum donor selesai diambil dan plester ditempelkan pada lenganmu, jangan buru-buru bangkit meninggalkan area ya. Tenangkan diri dulu beberapa saat. Ceritakan pada petugas keluhan-keluhan pasca donor yang kamu rasakan. Setelahnya, jangan langsung melakukan aktivitas fisik yang berat yah. Tunggu 1-2 hari hingga tubuh benar-benar pulih. 

donor darah - Selesaikan dengan santai Selesaikan dengan santai. (Sumber: bloodcenters.org)
 

Nah, siap memulai jadi pendonor darah? Setiap warga yang telah mendonorkan darah 100 kali atau lebih akan mendapat hadiah menarik dari pemerintah lho. Tahun 2016 kemarin, cincin emas diberikan pada warga yang telah 100 kali mendonorkan darah oleh Presiden Jokowi. Kamukah selanjutnya? Yuk dimulai! (NM/DR)

Beri Komentar