Hindari Kesalahan-kesalahan Ini Dalam Persiapan SBMPTN

Ruangguru

Apr 18, 2016 • 3 min read

sbmptn


Pendaftaran SBMPTN 2016 sudah dibuka. Kemungkinan besar peserta tes seleksi tersebut sedang berbondong-bondong mengikuti bimbel, try out, dan belajar intensif demi memastikan tempat mereka di kursi perguruan tinggi incaran. Dari tahun ke tahun, selalu ada siswa yang kurang siap atau melakukan kesalahan tertentu sehingga mengalami kegagalan. Berikut ini merupakan sejumlah kesalahan umum yang biasa dilakukan peserta SBMPTN.

Menyamakan SBMPTN dengan UN

 

persiapan sbmptn Foto: streetsmartbrazil.com 


Tentunya cara belajar untuk SBMPTN dan UN tidak dapat dibilang sama, sebab kedua ujian ini diadakan untuk tujuan yang berbeda. SBMPTN merupakan tes untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di universitas. Sementara itu, UN merupakan bentuk evaluasi terhadap hasil belajar siswa selama tiga tahun bersekolah di SMA. Saat UN, kamu tidak berkompetisi dengan siswa lainnya, berbeda dengan SBMPTN. Tes SBMPTN juga mengukur pola berpikir kamu dan bagaimana kamu menganalisa masalah. Maka dari itu, usaha belajar kamu harus lebih besar dan pola materi yang kamu kuasai haruslah sesuai dengan materi SBMPTN.

Salah menggunakan strategi belajar

 

persiapan sbmptn Foto: tria.co.ke

 

Ya, strategi belajar merupakan hal yang krusial apabila kamu ingin menjadi mahasiswa di PTN favoritmu. Kesalahan yang biasa dilakukan beragam, mulai dari tidak mengerti dengan baik aturan SBMPTN atau kelompok ujian yang harus tempuh, hingga tidak membuat jadwal belajar yang jelas. Ada pula siswa yang hanya mengandalkan seluruh soal-soal SBMPTN yang lalu dan melahapnya tanpa benar-benar mempelajari materi pelajarannya.

Kurang cermat memilih jurusan dan kampus

 

persiapan sbmptn Foto: businessschools.com

 Tentunya, semua siswa berharap agar tidak salah memilih program studi. Namun, tidak jarang alasan memilih prodi tersebut kurang rasional atau jelas. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa siswa memilih prodi dengan beragam alasan yang berbeda. Apapun alasannya, pastikan bahwa kamu memahami dengan jelas program studi yang kamu pilih tersebut. Banyak-banyaklah mencari informasi tentang prodi incaran. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang memahami program studi yang menjadi minatmu.

Pilihan prodi kedua dan ketiga juga harus disertai alasan yang matang. Anggap saja keduanya sebagai kesempatan ekstra kamu untuk masuk PTN. Tidak menutup kemungkinan kamu diterima di program studi alternatif tersebut, asalkan kamu memperhitungkan peluang tersebut dengan baik dan rasional.

Tidak memperhitungkan passing grade

 

persiapan sbmptn Foto: csnews.com 

Kalau kamu tidak mengetahui jumlah peminat dan passing grade tiap-tiap program studi pilihanmu, kamu tidak bisa memperkirakan peluangmu diterima di PTN yang diinginkan. Informasi tentang program studi yang kamu inginkan sebenarnya bisa diakses melalui situs resmi SBMPTN. Dengan begitu, semisal kamu mengikuti tryout atau mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu, kamu bisa mengestimasikan seberapa besar kesempatan kamu untuk diterima di PTN incaran.

Salah mengisi lembar identitas diri

 

persiapan sbmptn Foto: pixabay.com 

Ya, hal sederhana seperti mengisi identitas diri masih menjadi salah satu penyebab siswa tidak lulus SBMPTN. Pastikan kamu mengisi identitas diri yang benar sejak kamu mendaftar. Identitas formulir pendaftaran juga harus sama persis dengan identitas di lembar tes ujian. Jangan lupa juga untuk memeriksanya kembali sebelum meninggalkan ruangan.

Beri Komentar

Recent Posts