Hindari Panik dan Nge-blank Saat Mengerjakan Ujian dengan Cara Ini

Ruangguru Jun 1, 2016 • 4 min read


“Waktunya 10 menit lagi ya.”

Siapa yang tidak panik mendengar kalimat horor di atas? Secara otomatis, kamu akan merasa tegang, panik, lalu nge-blank. Semua ingatan bisa tiba-tiba hilang. Padahal, awalnya kamu sudah punya gambaran mengenai jawaban dari soal-soal di hadapanmu. Kenapa bisa begitu ya?

Jika dilihat dari depan, manusia mempunyai tiga bagian otak, yaitu otak reptil, mamalia, dan berpikir (neokorteks). 

mengerjakan ujian(Sumber: vr-gaming.co.uk)
 

Ketika merasa tertekan, sistem otak yang aktif adalah otak reptil. Bagian ini memiliki fungsi untuk mengontrol pernapasan, denyut jantung, dan reaksi insting dalam keadaan bahaya atau terancam. Sedangkan, kalau kamu belajar, menghapal, dan memahami, semua informasi yang diserap ada di neokorteks. Nah, di bagian inilah yang dipakai sebagai pusat untuk kegiatan berpikir. Jelas saja semua materi yang sudah kamu ingat ada di neokorteks tidak bisa keluar karena yang aktif saat tegang adalah reptil.

Nge-blank ini mungkin banget terjadi pada siapa pun. Bahkan, terkadang tidak kenal waktu lho. Bisa jadi, di tengah-tengah mengerjakan soal, kamu bingung karena pikiranmu seakan-akan melayang. Sayang banget 'kan, kalau sudah belajar dengan tekun tapi saat hari H malah nge-blank? Bagaimana cara mengatasinya?

mengerjakan ujian

Kalau otak kamu kurang asupan oksigen sesaat secara mendadak, maka bisa ngeblank nih ketika ujian. Penyebab dari otak kurang oksigen adalah kurang tidur. Sehari sebelum ujian, usahakan tidur lebih cepat ya, setidaknya 7-8 jam. Sebelum tidur, mandi air hangat, minum air hangat, dan jauhkan diri dari gadget. Dengan melakukan hal-hal sederhana ini akan membuat tidurmu lebih berkualitas.

mengerjakan ujian

Saat mulai mengerjakan soal, sangat mungkin sekali muncul rasa panik. Nah, kepanikan ini juga membuat otak jadi blank. Bagaimana menyiasati agar tidak panik? Pejamkan mata sejenak, dan tarik nafas secara perlahan. Kemudian, duduklah dengan posisi yang paling membuatmu nyaman. Coba senderkan tubuh pada kursi dengan posisi tegak. Posisi duduk yang benar juga berpengaruh untuk menenangkan kamu.

mengerjakan ujian

mengerjakan ujian(Sumber: canstophoto.com)
 

Sudah jelas, kalau panik, otak akan turut nge-blank. Coba pijat lembut bagian tanganmu deh. Bagian yang perlu dipijat antara ibu jari dan telunjuk. Dengan memijat titik-titik ini, pikiranmu akan jauh lebih rileks.

mengerjakan ujian

Saat nge-blank, coba kamu tulis kalimat-kalimat yang ada hubungannya dengan soal. Contohnya, gambar bagan bunga, rumus trigonometri, rumus past tense, kata kunci yang berhubungan dengan apa pun yang ada pada soal. Pada setiap yang kamu tulis, kembangkan menjadi hal-hal yang terkait dengan itu. Misalnya bagan bunga, ada putik, kelopak, dan lainnya. Cara ini akan membuat otak terpancing dan nggak ada tuh ceritanya otak kamu nge-blank.

mengerjakan ujian

Ketika sudah menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan soal, ada cara lain yang juga jitu. Pejamkan mata, berkonsentrasilah dan bayangkan semua materi yang sudah kamu pelajari. Dimulai dari cover buku pelajaran  tersebut, lembar demi lembar, gambar apa saja yang ada, dan seterusnya. Otak kamu akan me-recall apa yang telah kamu pelajari.

mengerjakan ujian

Kalau tiba-tiba nge-blank, coba deh fokus pada salah satu teman. Perhatikan gerak-geriknya saat mengerjakan tes. Ini membuat kamu terbawa dalam suasana tes sehingga otak ikut beradaptasi. Jika sudah demikian, perlahan-lahan otak tidak akan nge-blank lagi.

Agar lebih mantap, persiapkan semua yang diperlukan untuk ujian dengan baik sehari sebelumnya. Baik dari segi materi, maupun perlengkapan. Kemudian, berangkat lebih awal ke tempat ujian agar kamu tidak tergesa-gesa, bahkan terlambat. Dua hal ini berpengaruh besar pada daya konsentrasimu. Jangan lupa berdoa agar semuanya dilancarkan.

Selamat mencoba cara-cara di atas dan jangan lupa juga matangkan persiapan ujianmu dengan belajar di ruangles ya! Ada paket  khusus persiapan ujian seperti UN dan SBMPTN lho dengan harga terjangkau. 

ruangles

Beri Komentar