Hobi Traveling, Inspirasi Dita Mengemas Materi Lebih Asyik dan Kekinian

Shabrina Alfari Jul 2, 2020 • 3 min read


hobi traveling

Artikel ini menceritakan tentang Master Teacher Geografi yang terinspirasi dari hobi travelingnya

--

Belajar Geografi, sudah pasti belajar tentang alam ‘kan? Tak hanya dari buku atau internet, kita juga bisa belajar Geografi dengan melihat langsung keindahan alam di sekitar kita. Master Teacher Geografi, Dita, yang punya hobi traveling ini pun mengaku punya banyak pengalaman menarik selama traveling yang menjadi inspirasinya saat mengajar Geografi. Bagaimana sih keseruan Dita mengimplementasikan pengalaman dan hobi pribadi menjadi materi ajar yang menyenangkan dan mudah dicerna oleh siswa? Simak keseruannya.

Terbiasa mengajarkan anak-anak yang usianya lebih rendah sejak kecil, membuat Dita dewasa akhirnya ingin menjadi guru. “Salah satu cara supaya ilmu yang kita punya nggak hilang ya dengan disampaikan kembali, menjadi guru buat aku adalah tugas yang mulia sekaligus menyenangkan,” ungkapnya.

Namun diakuinya, jika mengajar di Ruangguru punya tantangan tersendiri dibandingkan dengan mengajar langsung secara tatap muka. “Perbedaannya sangat terasa sih, saat tatap muka aku bisa mengajar dari hati ke hati, kalau di Ruangguru kita nggak tahu user kita itu seperti apa,” jelas wanita yang pernah mendapatkan beasiswa saat kuliah S1 dan S2 ini.

hobi travelingDita bersama Master Teacher Ruangguru lainnya (Sumber: dok. pribadi)

Tantangan mengajar ini pun berhasil ia atasi dari hobi traveling. Dita yang sering naik gunung atau tracking ini sering mendapatkan inspirasi mengajar dari keindahan alam yang ditemuinya. Tak hanya itu, menyaksikan langsung fenomena alam dari yang ia pelajari sehari-hari memberikan kepuasan tersendiri baginya. “Aku lagi menjelaskan tentang ASEAN, terus aku buat konsepnya seperti jalan-jalan dari satu negara ke negara lain menggunakan pesawat, bis, dan sebagainya. Aku ingin membawa siswa yang melihat video belajar ini mengenal negara-negara ASEAN melalui konsep traveling.”

Dita pun pernah mencoba trik role playing untuk menambah minat belajar anak-anak di era digital yang lebih suka melihat visual yang menarik. “Materinya tentang manajemen bencana. Jadi kita bikin suasanya seperti lagi gempa beneran. Ada yang jadi wartawan, korban, relawan, sampai ada yang jadi Pak Kades juga,” tuturnya. Konsep ini pun menjadi pengalaman baru yang menyenangkan untuknya karena selain mengajar dan mempersiapkan bahan ajar, Dita pun harus mempersiapkan script, makeup, hingga kostum.

hobi travelingDita saat naik gunung (Sumber: dok.pribadi)

Untuk satu topik pembelajaran Geografi di Ruangguru, Master Teacher bisa membuat hingga ratusan video, lho. Setiap materi disampaikan secara detail, dari proses awalnya. “Saat menyampaikan materi, anggap murid itu 0. Kita selalu jelasin dari konsep awalnya. Geografi kalau hanya dihafal susah karena lebih banyak belajar tentang proses. Dengan memberikan materi secara detail mulai dari yang paling basic, siswa pun jadi paham konsep dan nggak gampang lupa,” ucap Dita.

“Aku juga punya tips belajar nih, gimana caranya kita bisa memahami pelajaran dengan lebih baik, khususnya untuk pelajaran Geografi ya. Sebaiknya perbanyak mencatat dan memahami materi yang disampaikan, sedikit-sedikit membaca dan memahami akan lebih efektif dibandingkan baca SKS saat mau ujian. Jangan lupa juga buat terus ulang materinya. Rangkuman Geografi di ruangbelajar juga sudah lengkap banget, bisa digunain buat lengkapi catatanmu,” tambahnya.

Materi belajar di Ruangguru dibuat dan dikemas dengan inovasi baru yang lebih menyenangkan dan seru sesuai dengan kebutuhan siswa. Semuanya dibuat berdasarkan pada riset yang sudah dilakukan Master Teacher. Tak hanya dari berbagai buku referensi, liat-liat video, tetapi juga dari menggali banyak informasi tambahan. “Bekerja di Ruangguru nggak hanya mengajarkan materi kepada siswa saja, aku pun merasa terus belajar banyak hal baru. Nyatanya semakin banyak kita belajar, semakin kita merasa nggak tahu apa-apa,” tutup Dita.

Mau membuat materi belajar jadi lebih menyenangkan dan kekinian seperti Dita? Ayo, jadi bagian Ruangguru dengan menjadi Master Teacher di Ruanggru. Ini saatnya untuk menginspirasi 15 juta siswa pengguna Ruangguru di seluruh Indonesia!

lowongan guru

Beri Komentar