Hubungan Dua Sudut dan Antarsudut

Matematika_7

Squad, ternyata sudut-sudut itu punya hubungan lho. Iya benar hubungan. Hubungannya bukan sudut A ternyata adiknya dari sudut B. Bukan juga sudut C itu merupakan ayah dari sudut D. Nah, kalau itu bukan hubungan dalam sudut, tapi hubungan keluarga yang digambarkan dengan perumpamaan sudut-sudut.

Lalu, seperti apa hubungan-hubungan dalam sudut itu? Simak terus ya pembahasannya di artikel ini.

Begini Squad, hubungan dalam sudut itu ada dua. Pertama hubungan dua sudut dan yang kedua hubungan antarsudut. Sekarang kita bahas satu per satu ya.

A. Hubungan Dua Sudut

Kamu jangan membayangkan hubungan dua sudut itu seperti hubungan seperti Dilan dan Milea ya. Hubungan dua sudut dalam matematika ini mudah dan nggak berat kok seperti yang dikatakan Dilan

Hubungan dua sudut itu mudahKamu pasti bisa (1)

Kalau rindu itu memang berat, biarkan saja Dilan yang merasakan. Tapi, kata Dilan tadi hubungan dua sudut itu mudah kok. Jadi, nggak perlu ngebayangin kalau hubungan dua sudut itu bakalan sulit.

Kembali ke hubungan dua sudut ya Squad. Ada 3 macam sudut yang masuk ke dalam pembahasan hubungan dua sudut.

 

1. Sudut yang saling berpelurus (Bersuplemen)

Nah, sudut ini berpelurus ini atau yang disebut dengan sudut yang saling bersuplemen ini bukan sudut yang memiliki vitamin ya. Jangan mentang-mentang ada kata “suplemen” lalu kamu kaitin sama vitamin. Ini nggak ada kaitannya sama sekali ya.

hubungan dua sudut

(sumber: giphy.com)

Sudut berpelurus itu sudut yang seperti gambar berikut ya Squad

 

sudut berpelurus - hubungan dua sudut

 (sumber: Master Teacher Ruangguru)

Namanya garis lurus itu besar sudutnya ialah 180°, jadi garis lurus dari titik A ke titik B dengan membentuk ∠AOB besarnya ialah 180°. Sekarang perhatikan garis AB. Di titik O dibuat garis melalui C, dan terbentuk ∠AOC dan ∠BOC.

∠AOC ini merupakan sudut berpelurus dari ∠BOC. Jumlah dari ∠AOC + ∠BOC = 180° dengan kata lain, dua sudut dikatakan berpelurus jika jumlah sudutnya 180°.

 

2. Sudut yang saling berpenyiku (Berkomplemen)

sudut berpenyiku - hubungan dua sudut

Sudut berpenyiku ini jika dijumlahkan ialah 90°. Coba kamu perhatikan titik A ke titik B. Ada titik O yang membentuk ∠AOB besarnya ialah 90°. Di titik O dibuat garis melalui C, dan terbentuk ∠AOC dan ∠BOC.

Kalau sudut berpelurus jika dijumlahkan sudut-sudutnya akan berjumlah 180°, maka untuk sudut berpenyiku jika ∠AOC + ∠BOC = 90° dengan kata lain, dua sudut dikatakan berpenyiku jika jumlah sudutnya 90°

 

3. Sudut yang saling bertolak belakang

Kalau kamu penggemar sepak bola pasti tidak asing dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bukan. Coba perhatikan tendangan Cristiano Ronaldo berikut.

freekick cristiano ronaldo

(sumber: giphy.com)

Lalu, kalau kamu penggemar Lionel Messi, pasti tidak asing dengan gol-gol Messi yang seperti ini.

freekick lionel messi

(sumber: giphy.com)

Sekarang coba temukan hal yang bertolak belakang dari kedua tendangan pemain sepakbola tersebut?

Yap. Bener banget. Kaki yang digunakan Cristiano Ronaldo dan Messi berbeda. Ronaldo menggunakan kaki kanan untuk mencetak gol, Messi menggunakan kaki kiri.

Sangat bertolak belakang bukan kaki yang digunakan untuk mencetak gol?

Adakah hubungannya dengan sudut yang kita pelajari?

Oh tentu tidak. Itu tadi hanya perumpamaan saja kok. Sudut yang bertolak belakang itu sudut yang arah hadapnya berlawanan. Kalau kamu sulit membayangkan, gambarannya itu seperti kamu kalau lagi berdebat dengan orangtua kamu. Ayah kamu punya pendapat A, tapi kamu punya pendapat B.

ayah dan anak - hubungan dua sudut

 Kamu pasti sering berbeda pendapat dengan ayahmu (sumber: nusasearch.net)

Perlu kamu ingat nih Squad, besarnya sudut yang bertolak belakang ini sama lho ya.

                                                     (sumber: Master Teacher Ruangguru)

Garis AB dan CD itu garis lurus yang berpotongan di titik O, sehingga terbentuk pasangan

∠AOC dan ∠BOD atau ∠BOC dan ∠AOD. Nah, pasangan sudut-sudut tersebut itulah yang disebut dengan sudut yang bertolak belakang.

rumus sudut bertolak belakang

Berdasarkan i dan ii, ∠AOC = ∠BOD, maka dapat disimpulkan bahwa sudut yang saling bertolak belakang itu sama besar. Mudahnya, itu dapat dipahami seperti ini Squad.

1. ∠AOC dan ∠BOD saling bertolaj belakang sehingga ∠AOC = ∠BOD

2. ∠BOC dan ∠AOD saling bertolak belakang sehingga ∠BOC = ∠AOD

Baca Juga: Cara Menghitung Keliling dan Luas Segitiga

Nah, setelah mengetahui hubungan dua sudut, sekarang kita lanjut yuk membahas tentang hubungan antarsudut.

“Hmmm...kayaknya bakalan lebih sulit ya?”

Enggak kok. Asal kamu benar-benar mencermati tulisan di artikel ini. Stay focus ya, Squad.

 

B. Hubungan Antarsudut

Hubungan antarsudut itu nggak seperti hubungan antarnegara yang saling bekerja sama ya Squad.

hubungan kerja sama antarnegara

Hubungan antarnegara itu menyatukan visi misi dalam bekerja sama (sumber: hidupsimpel.com)

Kalau hubungan antarnegara itu dipersatukan oleh kesamaan visi dan misi, kalau hubungan antarsudut itu dipisahkan atau dipotong oleh garis lain.

Yups, dipotong oleh garis lain. Perhatikan gambar berikut.

hubungan antarsudut(sumber: Master Teacher Ruangguru)

Garis k // l dipotong oleh garis m dititik A dan B, maka akan terjadi sudut-sudut berikut:

 

A. Sudut-Sudut sehadap

Coba Squad perhatikan ∠A4 dan ∠B4 menghadap ke arah yang sama kan? Menghadap ke arah kiri bawah. Sudut seperti ∠A4 dan ∠B4 disebut sudut-sudut sehadap.

Ada pun pasangan sudut-sudut sehadap yang lain adalah ∠A1 dan ∠B1 , ∠A2 dan ∠B2 dan ∠A3 dan ∠B3

 

B. Sudut-Sudut Dalam Berseberangan

Sudut dalam bersebrangan itu ialah ∠A3 dan ∠B1 terletak berseberangan yang dibatasi garis m dan berada di bagian dalam antara garis k dan l. Sudut-sudut seperti ∠A3 dan ∠B1 disebut sudut-sudut dalam berseberangan. Sudut dalam berseberangan yang lain adalah ∠A2 dan ∠B4.

 

C. Sudut-Sudut Luar Berseberangan

Selain sudut dalam bersebrangan, ada juga sudut luar bersebrangan nih. ∠A1 dan ∠B3 terletak berseberangan yang dibatasi garis m dan berada di bagian luar garis k dan l. Sudut-sudut seperti ∠A1 dan ∠B3 disebut sudut-sudut luar berseberangan. Sudut luar berseberangan yang lain adalah ∠A4 dan ∠B2.

 

D. Sudut-Sudut Dalam Sepihak

∠A3 dan ∠B4 terletak pada pihak yang sama yaitu bagian bawah garis m dan berada di bagian dalam antara garis k dan l. Sudut-sudut seperti ∠A1 dan ∠B3 disebut sudut-sudut dalam sepihak. Sudut dalam sepihak yang lain adalah ∠A2 dan ∠B1 karena terletak pada pihak yang sama (di atas).

 

E. Sudut-Sudut Luar Sepihak

∠A4 dan ∠B3 terletak pada pihak yang sama yaitu bagian bawah garis m dan berada di bagian luar garis k dan l. Sudut-sudut seperti ∠A4 dan ∠B3 disebut sudut-sudut luar. Sudut luar sepihak yang lain adalah ∠A1 dan ∠B2 karena terletak pada pihak yang sama (di atas).

rangkuman hubungan dua sudut

Kamu masih merasa bingung dengan penjelasan tentang hubungan dua sudut dan antarsudut tadi? Jangan khawatir. Coba gabung di ruangbelajar yuk. Ada video belajar dengan animasi yang keren banget lho. Soal latihan dan rangkumannya juga banyak, dijamin bikin belajar kamu jadi lebih mudah.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts