Hubungan Energi Kinetik dengan Kecepatan Gerak Partikel | Fisika Kelas 11

RG Squad, tahukah kalian bahwa partikel pada suatu zat dapat bergerak? Yup, partikel memang bisa bergerak, tapi pergerakannya tidak seperti manusia yang bisa berjalan atau berlari. Partikel dapat bergerak salah satunya dengan cara bervibrasi. Apakah yang dimaksud dengan bervibrasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, vibrasi adalah bergetar. Partikel suatu zat dapat bergetar karena adanya proses pemanasan. Jadi, suhu adalah salah satu faktor penyebab partikel bergerak dalam suatu zat sehingga partikel dikatakan memiliki energi kinetik partikel. Jika zat berupa gas, besarnya energi kinetik partikel gas dapat dihitung menggunakan rumus:

kecepatan gerak partikel

 

 

 

 

gas diatomik

Nah, jika benda yang terlihat oleh mata memiliki energi kinetik, RG Squad bisa mengetahui seberapa cepat pergerakan si benda. Bukan cuma itu, RG Squad bisa mengetahui besar kecepatan gerak partikel gas dengan menggunakan rumus

rumus kecepatan gerak partikel

kecepatan gerak partikel

  1. Ek =3. K. T ….persamaan (1)

kecepatan gerak partikel persamaan 1

Baca juga: Penjelasan Konsep Elastisitas Zat Padat & Hukum Hooke

Kemudian, substitusi persamaan 1 ke dalam persamaan 2

2. Ek =3. K. T

kecepatan gerak partikel persamaan 2

Dengan demikian, kecepatan Vrms bergantung pada suhu, sama halnya dengan enegi kinetik partikel gas. Semakin besar suhu pada gas, maka kecepatan gerak partikel gas juga semakin besar atau meningkat. Semakin rendah suhu yang diberikan kepada gas, semakin rendah pula kecepatan gerak partikel gas. Jadi, selama gas tidak diberi perubahan suhu, perubahan kecepatan tidak akan terjadi.

Nah, RG Squad sudah tahu hubungan energi kinetik dengan kecepatan gerak partikel gas, dong? Masih mau tahu teori kinetik gas lainnya? Tonton langsung pembahasannya di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Rabia Edra