Hubungan Energi Kinetik dengan Kecepatan Gerak Partikel

Rabia Edra

Nov 3, 2017 • 3 min read

Konsep Pelajaran SMA Kelas XI Fisika XI


Fisika_Header (1)-1.jpg

RG Squad, tahukah kalian bahwa partikel pada suatu zat dapat bergerak? Yup, partikel memang bisa bergerak, tapi pergerakannya tidak seperti manusia yang bisa berjalan atau berlari. Partikel dapat bergerak salah satunya dengan cara bervibrasi. Apakah yang dimaksud dengan bervibrasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, vibrasi adalah bergetar. Partikel suatu zat dapat bergetar karena adanya proses pemanasan. Jadi, suhu adalah salah satu faktor penyebab partikel bergerak dalam suatu zat sehingga partikel dikatakan memiliki energi kinetik partikel. Jika zat berupa gas, besarnya energi kinetik partikel gas dapat dihitung menggunakan rumus:

kecepatan gerak partikel

 

 

 

 

Note.jpg

Nah, jika benda yang terlihat oleh mata memiliki energi kinetik, RG Squad bisa mengetahui seberapa cepat pergerakan si benda. Bukan cuma itu, RG Squad bisa mengetahui besar kecepatan gerak partikel gas dengan menggunakan rumus

kecepatan gerak partikel

kecepatan gerak partikel

  1. Ek =3. K. T ….persamaan (1)

kecepatan gerak partikel

Kemudian, substitusi persamaan 1 ke dalam persamaan 2

2. Ek =3. K. T

kecepatan gerak partikel

Dengan demikian, kecepatan Vrms bergantung pada suhu, sama halnya dengan enegi kinetik partikel gas. Semakin besar suhu pada gas, maka kecepatan gerak partikel gas juga semakin besar atau meningkat. Semakin rendah suhu yang diberikan kepada gas, semakin rendah pula kecepatan gerak partikel gas. Jadi, selama gas tidak diberi perubahan suhu, perubahan kecepatan tidak akan terjadi.

Nah, RG Squad sudah tahu hubungan energi kinetik dengan kecepaatan gerak partikel gas, dong. Masih mau tahu teori kinetik gas lainnya? Tanya saja yuk ke tutor yang berpengalaman melalui Ruangguru Digitalbootcamp.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts