Hujan Bikin Internet Lemot? Begini Penjelasannya

Tedy Heryansyah

Apr 30, 2019 • 3 min read

Wow ternyata


hujan internet lemot - header

Artikel ini akan menjelaskan alasan dibalik lemotnya koneksi internet saat hujan. Apakah benar hujan itu bisa bikin internet jadi lemot? Simak dalam ulasan artikel berikut ini.

---

Hujan memang menyimpan sebuah rasa yang kadang sulit untuk diungkapkan. Kadang, kalau kamu lagi dalam perjalanan di dalam bus/mobil terus tiba-tiba ngambil HP dan…..cekrek..

Kamu memfoto titik-titik hujan yang membasahi jendela. Hayoo ngaku siapa yang pernah ngelakuin hal tersebut? Nggak bisa dipungkiri kalau hujan itu salah satu kondisi favorit kan? Hujan, rindu, dan kopi bagi beberapa orang, termasuk penulis juga sih, selalu ada perasaan gimanaaaa gitu kalo pas turun hujan.

Sayangnya, ketika hujan turun itu juga membatasi aktivitas kita. Bener nggak? Udah siap-siap berangkat ke tempat bimbel, eh turun hujan.

hujan internet lemot - meme

Tempat bimbel?

Masih aja kaku kayak kanebo kering. Ini zaman udah serba digital, nggak ada alasan males buat les pas hujan turun kalau kamu pake ruangbelajar for desktop dari ruangguru. Tinggal download aplikasinya dan install di laptop kamu, tonton video belajarnya dan tetap bisa les meski hujan turun dengan deras di luar sana.

Tapi, kadang-kadang pas lagi nonton video belajar gitu, internet tiba-tiba jadi lemot. Kesel nggak sih? Nyalahin operator lah, nyalahin kuota yang nggak diisi ayah lah, sampe nyalahin hujan.

“Gara-gara hujan nih, internet aku jadi lemot!”

hujan internet lemot - awan

Siapa yang sering nyalahin hujan pas koneksi internet kamu lemot hayoooo??

Kenapa hampir setiap hujan turun, bahkan kalau hujan deras disertai angin itu, koneksi di HP kamu jadi nggak stabil? Sebelum tahu apakah ada hubungannya antara koneksi internet di HP kamu dengan turunnya hujan, baiknya kamu harus tahu dulu mekanisme kenapa di HP kamu kok ada sinyal.

Jadi gini Squad…

Baca Juga: Banyak Kerikil di Rel Kereta, Apa Fungsinya?

Sinyal di HP kita itu berkaitan erat dengan BTS (bukan boyband dari Korea).

BTS ini singkatan dari Base Transceiver Station, gampangnya sih menara pemancar sinyal. Fungsi dari menara ini ya pastinya mengirimkan sinyal ke HP kamu, bukan mengirim chat atas ketidakpastian hubungan di antara kita.

hujan internet lemot - BTS

Nah, setelah proses registrasi dinyatakan selesai dan datanya valid, maka akan muncul tanda kekuatan sinyal (biasanya berbentuk bar) yang akan muncul atau full di layar HP kamu.

Permasalahannya baru timbul ketika, sinyal di HP kamu full nih dan saat itu turun hujan yang amat deraslah. Terkejut, aku terheran-heran sebab aku kesal dengan kejadian yang berulang terus saat terjadinya hujan. 

Keadaan cuaca yang tidak bagus ini memang berdampak pada kecepatan pengiriman data koneksi seluler.

Kok bisa?

hujan internet lemot

Adanya butiran air hujan yang menyebabkan gelombang sinyal berganti arah, otomatis panjang gelombang berkurang dan frekuensinya melemah.Sebenarnya, nggak cuma butiran air hujan aja yang mengganggu distribusi gelombang sinyal, uap air bahkan bisa menyerap energi sinyal yang dipancarkan. Itu baru dari satu penyebab yakni air hujan lho. Biasanya, hujan itu disertai angin.

Nah, kalau udah hujan ditambah angin kencang, masalah koneksi internet makin kompleks. Ketika angin berhembus kencang, bisa saja terjadi pergeseran antena atau kabelnya yang ada di BTS. Nah, dengan kondisi yang tidak tetap pada posisinya itu memungkinkan terhambatnya pancaran gelombang sinyal itu sendiri.

Sekarang, kamu sudah tahu kan kenapa sih pas hujan itu internet jadi tiba-tiba lemot? Ada cara sederhana nih ketika internet kamu lemot ketika hujan. Kamu bisa coba aktifkan mode pesawat, lalu beberapa detik kemudian nonaktifkan lagi mode pesawat-nya. Ini berfungsi untuk me-refresh koneksi internet kamu.

“Kalo nggak berhasil kak?”

Yaaa namanya udah nasib, mau gimana lagi. Tunggu aja sampai hujannya reda.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts